Review dan Harga lengkap Daihatsu Ceria Maret 2018


Advertisement
Nama Daihatsu Ceria tentunya sudah tidak asing lagi bagi para pecinta otomotif. Mobil keluaran tahun 2001 ini memiliki desain yang imut dan sederhana. Itu sebabnya banyak yang menggunakan mobil ini adalah kaum perempuan. Walaupun keluaran tahun 2001 dan tergolong mobil lama, Daihatsu Ceria ini masih cukup diminati oleh peminatnya. Mobil ini adalah mobil dengan konsep city car yang memiliki desain yang imut dan mungil. Kebanyakan orang bahkan memanggilnya dengan nama "mobil kutu". Target pasar yang memang dituju oleh Daihatsu sejak awal mengeluarkan mobil jenis ini adalah untuk digunakan secara pribadi atau keluarga kecil.

Mobil ini memiliki mesin kecil dan diklaim irit BBM. Karena desainnya yang mungil, Ceria juga bisa menembus kemacetan. Ceria pertama kali diperkenalkan di Indonesia tahun 2001 pada acara Gaikindo Auto Expo di Jakarta. Dan langsung dihadirkan 4 trim mesin dengan kapasitas yang sama. Tipenya adalah KL, KL Plus, KX dan KX-R. Kemudian pada tahun 2006, produksi Daihatsu Ceria ini dihentikan dan oleh Daihatsu sebagai pabrikannya menggantinya dengan Daihatsu Ayla.

Jika anda memang menyukai mobil dengan tipe city car dan memfavoritkan Daihatsu Ceria, simak ulasan kami berikut ini.

Interior dari Daihatsu Ceria


Jika anda menyukai desain interior mobil lama seperti layaknya tahun 80-an, anda mungkin akan menyukai mobil ini. Pada kabin bagian dalam, Daihatsu Ceria menggunakan interior yang sangat sederhana, bahkan terkesan seperti mobil tahun 80-an. Ketika kita mengendarai mobil ini, kita bahkan bisa merasakan seperti mengendarai mobil Mr. Bean yang mungil.

Pada bagian dasboardnya, pengaturan ACnya masih menggunakan tuas geser. Setiap masing-masing tipe memilikI interiornya masing-masing. Pada mobil tipe KL tidak ada fitur AC dan head unit. Tetapi kedua tipe itu ada pada ceria tipe KL Plus.

Untuk Ceria tipe KX, ada penambahan fitur berupa central lock dan power window. Dan untuk tipe KX-R, tidak terlalu berbeda dengan tipe KX. Perbedaannya terdapat pada tulisan KX-R pada bagian headrest row di depan.

Eksterior dari Daihatsu Ceria


Jika tadi kita sudah membahas mengenai interior khas dari mobil Ceria ini. Sekarang kita akan membahas eksterior dari mobil ini. Pada tampilan luar, Daihatsu Ceria memang memiliki desain yang lebih mungil dibandingkan dengan city car lainnya. Bahkan ketika pertama kali diperkenalkan ke publik, tepatnya tipe KL, mobil ini tidak memiliki fitur apapun. Baru pada tipe KL Plus memiliki tambahan fitur AC. Varian KL Plus juga memiliki ciri khas dalam hal warnanya. Warnanya two tone atau pada bagian bumper dan bodi tidak memiliki warna yang sama.

Pada tipe selanjutnya yaitu tipe KX, pihak Daihatsu akhirnya menambahkan fitur kelistrikan. Untuk warnanya, bumper dan bodinya dibuat warna yang sama. Pada tipe KX-R, Daihatsu juga menambahkan facelift. Untuk fiturnya sendiri juga sebenarnya sama dengan tipe KX, perbedaannya hanya terdapat pada bagian eksterior dengan menambahkan bodykit.

Untuk bagian lampunya, Daihatsu Ceria menggunakan lampu berbentuk trapesium dan membulat pada bagian ujungnya dengan warna abu-abu, itu ada pada tipe KL dan KL Plus. Sedangkan untuk tipe KX dan KX-R, mempunyai kelir warna krom. Semua varian ceria ini memiliki foglamp yang letaknya berada di bawah bumper.

Untuk bagian sampingnya, eksterior Daihatsu Ceria terlihat bentuknya seperti kotak. Kalau dilihat sekilas memang mengingatkan kita pada Karimun. Namun tinggi Karimun lebih rendah daripada Ceria. Pada bagian belakangnya, mobil ini memiliki desain yang sangat sederhana dan simpel. Tidak ada emblem seperti layaknya mobil sekarang. Nama ceria hanya terdapat pada bagian kanan sedangkan nama tipenya berada pada bagian kiri. Inipun sering dilepas oleh pemilik karena memang gampang lepas dengan sendirinya.

Fitur pada Daihatsu Ceria

Pada awal mula kemunculannya, Daihatsu Ceria memang tidak memiliki fitur yang mumpuni. Bahkan AC-pun baru ada pada saat dikeluarkannya tipe kedua. Pada versi facelift atau New Ceria yang dikeluarkan pada tahun 2003, akhirnya Daihatsu menambahkan beberapa fitur yang terdapat pada keempat tipenya. Salah satunya adalah perubahan dalam bentuk lampu, lampu utamanya berubah total dan kini berbentuk bulat seperti mata kucing, grill model jaring dan pada bagian foglamp berbentuk bundar pipih.

Varian untuk facelift ini tersedia dalam tiga tipe, yaitu KL, KL Plus dan KX. Pada bagian depan untuk tipe K, tidak lagi menggunakan foglamp atau lampu kabut namun slotnya ditutupi. Hal ini berarti pengguna bisa menambahkan sendiri produk OEM. Sedangkan untuk tipe KL Plus, fitur penting seperti produk OEM itu sudah tersedia semenjak dari pabrik. Untuk kedua versi tersebut, warna bumpernya hitam dan KX di cat sama dengan warna body.

Pada sentuhan terbaru ini juga tidak luput dari sesuatu yang baru. Contohnya pada bagian belakang yang terdapat lampu belakang plastik dengan model kristal dengan bentuk baru. Identitas terbaru ceria ini juga masih menggunakan emblem dengan posisi yang sama. Posisi peletakan plat nomor juga tidak luput dari pembaruan. Yaitu dipindahkan pada bagian tengah pintu belakang.

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Daihatsu Ceria


Kelebihan dari Daihatsu Ceria

Kelebihan Daihatsu Ceria yang pertama adalah konsumsi BBM yang sangat irit. Untuk melaju 14-16 km, diperlukan 1 liter bensin untuk perjalanan di dalam kota. Sedangkan untuk perjalanan di luar kota, 1 liter bensin diklaim bisa menempuh jarak 17-21 km.

- Harganya murah dibandingkan dengan city car lain. Tentunya ini yang menjadi pilihan alternatif bagi orang yang ingin memiliki mobil namun dengan budget terbatas.

- City car ini memang dibekali dengan kapasitas mesin yang terbatas, namun tarikannya sangat bagus. Jangan heran kalau mobil ini bisa lincah saat menerobos jalanan.

- Mudah diparkir. Karena ukurannya yang mungil, mobil ini tidak membutuhkan lahan parkir yang terlalu luas.

- Harga separate yang terjangkau. Jadi para pemilik mobil ini tidak perlu dipusingkan dengan harga separate yang mahal.

- Suspensi cukup nyaman. Bantingan suspensi mobil ini cukup nyaman. Jadi anda tidak perlu khawatir dengan kenyamanan berkendara. Karena kualitas suspensi yang cukup baik dari mobil ini.

- Harga sparepart mobil ini juga cukup terjangkau dan tidak sulit untuk menyervis mobil ini. Mesinnya masih karburator, jadi orang-orang bengkel bisa memperbaikinya dengan mudah.

Kekurangan dari Daihatsu Ceria

- Kabin sempit. Mobil ini dikemas dengan ukuran yang mungil, jadi jangan heran jika ukuran kabinnya juga sempit. Mobil ini hanya bisa digunakan untuk menampung 4 orang saja.

- Performa mesin kecil. Mobil ini hanya dibekali dengan kapasitas mesin 850 cc, jadi anda juga jangan berharap tenaga mesin yang akan dihasilkan besar. Tenaga maksimal yang bisa dihasilkan oleh mesin ini hanya 36 Hp pada 5.500 rpm.

- Teknologi jadul. Sejak awal dikeluarkan, mobil ini tidak dilengkapi oleh fitur dan teknologi yang mumpuni. Dibandingkan dengan city car lainnya, teknologi yang ada pada mobil ini dirasa paling jadul. Tidak heran jika harganya memang lebih murah dibandingkan dengan kompetitornya.

- Suku cadang yang terbatas. Sparepart mobil ini memang murah, namun terbatas. Jadi para pemilik jika ingin mengganti sparepart harus bersabar karena indent terlebih dahulu.

- Harga jual kembali yang murah. Mobil ini memiliki harga yang terjangkau dan fiturnya juga minim. Jadi jangan heran kalau harga jual kembalinya juga sangat murah dan bisa menurun drastis.

Kompetitor dari Daihatsu Ceria yang ada di Pasaran

Mobil berjenis city car ini tersedia beragam jenis dari beragam merk. Setiap pabrikan juga mengeluarkan produk terbaik mereka dan menjadi competitor satu sama lain. seperti halnya Daihatsu Ceria yang memiliki competitor. Berikut ini adalah competitor Daihatsu Ceria yang ada di pasaran, yaitu:

Karimun Estilo

Karimun juga memiliki desain yang imut. Namun kapasitas mesinnya lebih besar dibandingkan dengan Daihatsu Ceria. Yaitu berkapasitas 1,100 cc. Harga yang ditawarkan kisaran 60-70an juta.

Kia Visto

Merupakan city car yang dikeluarkan oleh pabrikan asal Korea Selatan, Kia. Ukuran mobil ini juga mungil, namun memiliki mesin yang cukup bertenaga dengan kapasitas mesin 1.000 cc. Kelebihan lainnya terletak pada handling presisi. Mobil ini dibanderol dengan harga 30-50an juta.

Hyundai Atoz

Berasal dari pabrikan asal Korea Selatan. Hyundai juga memiliki kapasitas mesin yang lebih besar, tersedia 1.000 cc dan 1.100 cc. Untuk bahan bakarnya sendiri, mobil ini juga cukup hemat, bahkan bisa melaju 18-20 km dalam 1 liter bensin. Harga yang dibanderol untuk satu unit mobil ini adalah 40-70an juta.

Kijang Starlet Kapsul

Mobil ini memiliki model yang long lasting, dengan bobot dan mesin yang cukup singkron. Berbeda dengan Ceria, sparepart mobil ini juga tersedia di pasaran dan harganya murah. Untuk satu unit, mobil ini dibanderol dengan harga 35-75 jutaan.

Cherry QQ

Merupakan mobil yang berasal dari pabrikan asal China. Mengusung konsep city car, mobil ini mengandalkan sistem pembakaran yang fuel injection dengan bahan bakar bensin. Harga yang dibanderol adalah 101 jutaan.

SPESIFIKASI DAIHATSU CERIA



Tadi kita sudah mengetahui kelebihan dan kekurangan mobil ini, bahkan mobil dari kompetitornya. Sekarang kita akan mengetahui spesifikasi mobil ini secara lebih detail.
  • Mesin : ED-10 0.85 liter dengan kapasitas mesin 850 cc.
  • Power maksimum : 36 HP @5.500 RPM
  • Torsi maks : 63 NM @3.200 RPM
  • Dimensi : Panjang 3.365 mm, lebar 1.405 mm dan tinggi 1.415 mm.
  • Jarak Roda : 1.200 mm.

HARGA DAIHATSU CERIA


Saat ini ada 6 tipe mobil Ceria yang masih dipasarkan. Baik untuk edisi lama maupun facelift atau New Ceria. Harganya antara lain sebagai berikut:

- Ceria Tipe KX 2001 - 2003 (Prafacelift) : Rp. 36.000.000 - 47.000.000
- Ceria Tipe KX 2003 - 2006 (Facelift) : Rp. 38.000.000 - 55.000.000
- Ceria Tipe KL 2001 - 2003 (Prafacelift) : Rp. 30.000.000 - 35.000.000
- Ceria Tipe KL 2003 - 2006 (Facelift) : Rp. 40.000.000 - 45.000.000
- Ceria Tipe KL Plus 2001 - 2003 (Prafacelift) : Rp. 35.000.000 - 42.000.000
- Ceria Tipe KL Plus 2003 - 2006 (Facelifft) : Rp. 45.000.000 - 52.000.000

OVERVIEW

Setelah mengetahui spesifikasi, harga, kelebihan dan kekurangan dari mobil ini, bisa kita simpulkan bahwa mobil ini memang sangat cocok dianda

lkan sebagai mobil perkotaan. Ukuran tubuh mobil yang begitu mungil, membuat mobil ini melaju dengan sangat lincah dan bisa diparkir di berbagai tempat karena tidak membutuhkan area parkir yang luas. Mobil Daihatsu Ceria sangat cocok jika digunakan untuk berangkat bekerja.



0 komentar