Harga Suzuki Katana Spesifikasi Dan Review Terbaru Maret 2018


Advertisement
Suzuki Katana merupakan mobil produksi dari Suzuki dimana sejak pada tahun 1987 mulai diresmikan. Meskipun bisa dibilang bahwa Katana ini adalah mobil yang melegenda, namun sampai saat ini masih memiliki cukup banyak peminat. Mobil jenis jeep ini memiliki kemampuan cukup lincah, sehingga disukai oleh kalangan anak muda. Namun seiring perkembangan jaman serta banyaknya kemunculan mobil-mobil jenis terbaru, Katana memang mengalami penurunan dan mulai langka ditemukan di pasaran. Apalagi peminatnya pun juga berkurang. Meskipun tetap masih banyak penyuka mobil legenda tersebut. Bagi anda yang ingin mengetahui lebih jelas mengenai jenis mobil jeep melegenda ini, maka berikut ini adalah spesifikasi sekaligus harganya secara jelas.

Interior Suzuki Katana 


Dengan ukuran desainnya yang kecil atau mungil ini, membuat mobil tersebut hanya bisa menampung jumlah penumpang sedikit. Penumpang yang bisa ditampung hanya sekitar 4 sampai 5 orang saja. Mengingat bahwa kabin dalam mobil ini memiliki ruang tidak begitu luas. Jadi tidak bisa menampung jumlah penumpang banyak. Jenis jeep ini memang didesain minimalis yang mana agar cocok digunakan sebagai mobil pribadi keluarga. Hal ini karena mobil tersebut hanya dapat menampung jumlah penumpang yang terbatas atau lebih sedikit jika dibandingkan dengan jenis kendaraan roda empat yang lain. Bisa dibilang seperti jumlah keluarga kecil.

Kendaraan ini memiliki kursi dengan desain berbeda disesuaikan dengan tahun peresmiannya. Bisa dilihat pada Katana keluaran di tahun pertama, pada interiornya didesain dengan tiga baris tempat duduk. Tiga baris atau tiga seat ini terdiri dari dua untuk bagian depan. Kemudian terdapat empat tempat duduk untuk bagian yang paling belakang. Sedangkan tipe terbaru dari kendaraan jenis jeep ini hanya memiliki dua seat saja. Dua seat kursi tersebut hanya mampu menampung sebanyak lima orang penumpang saja. Selain itu untuk dua baris tempat duduknya juga semuanya menghadap ke depan. Jadi untuk setiap produk keluaran tahun berbeda maka akan memiliki desain interior berbeda juga.

Eksterior Suzuki Katana


Untuk jenis jeep ini memiliki desain mungil dan juga sederhana. Hal ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan serta sangat cocok untuk digunakan oleh kalangan masyarakat dengan berbagai usia. Mulai dari kalangan anak muda hingga orang dewasa. Terlebih lagi sangat pas digunakan keluarga kecil yang hanya memiliki beberapa anggota. Dengan konsep desain minimalisdan mungil tersebut, mobil keluaran dari Suzuki memiliki cukup banyak peminat. Namun lebih banyak dari kalangan anak muda. Daya tariknya bukan hanya terletak pada desainnya yang cukup menarik, namun juga kemampuan lincahnya membuat sebagian besar orang menyukainya dan menggunakannya.

Desain dari bodi Katana ini adalah bodi kaleng yang mana memiliki ukuran panjang 3.430 mm kemudian dengan lebar 1.460 mm dan juga memiliki tinggi 1.825 mm. Sedangkan jarak untuk sumbu dari rodanya adalah 2.030 mm dengan radius 4.9 m untuk radius beloknya. Bukan hanya itu saja desain yang diusungnya, namun juga dilengkapi dengan tiga pintu yang mana terdiri dari satu pintu untuk bagian belakang mobil dan juga dua pintu untuk bagian kabin depan. Dengan melihat desain ini, anda tentu sudah bisa membayangkan bagaimana minimalisnya Katana dari Suzuki ini.

Fitur Suzuki Katana

Kendaraan roda empat jenis jeep ini memiliki berbagai macam fitur untuk melengkapi kesempurnaan dari mobil ini. Selain itu juga untuk memberikan kenyamanan kepada pengendaranya. Fitur-fitur yang diusungnya terbilang sudah cukup baik, apalagi untuk tipe mobil yang sederhana seperti Katana. Fitur yang melengkapinya diantaranya adalah seperti fasilitas AC. AC tersebut akan membuat anda merasa nyaman ketika berkendara. Bahkan di cuaca yang panas sekalipun, anda bisa menggunakan AC pada kendaraan ini untuk tetap membuat ruangan dalam terasa dingin dan sejuk. Selain itu terdapat fitur power steering juga sebagai kelengkapan fiturnya.

Bagi anda yang melakukan perjalanan jauh, anda tentu akan merasa bosan jika hanya berdiam diri dalam mobil. Apalagi tidak memiliki hiburan untuk bisa anda dengarkan. Oleh karena itu, fitur yang lain yang terdapat pada mobil Katana adalah fitur audio atau tape. Fitur ini akan membuat anda merasa nyaman ketika berada didalam mobil dalam waktu yang cukup lama. Anda bisa mendengarkan radio atau mendengarkan musik sehingga anda tidak akan merasa bosan sepanjang perjalanan. Fitur audio atau tape ini memang fitur umum yang bukan hanya ada pada tipe ini saja. Namun meski begitu, fitur tersebut sangat membantu menyamankan pengendara dan penumpang mobil sepanjang perjalanan.


KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SUZUKI KATANA


Mobil keluaran dari Suzuki ini memiliki desain menarik serta menawan. Desain tersebut juga menjadi daya tarik sekaligus daya jual bagi jenis kendaraan ini. Bagaimana mungkin anda tidak tertarik dengan desain sederhana serta minimalis yang ditawarkan. Namun bukan hanya itu saja, ada beberapa kelebihan yang membuatnya cukup banyak diminati di kalangan masyarakat luas. Berikut ini akan dijelaskan kelebihan serta kekurangan agar dapat dijadikan bahan pertimbangan ketika anda berniat ingin membelinya.

Kelebihan Suzuki Katana

Ketika anda akan memilih sebuah sarana transportasi pribadi, yang paling utama anda lihat pasti penggunaan bahan bakarnya. Penggunaan bahan bakar irit atau hemat merupakan keuntungan bagi para pengendaranya. Seperti halnya Katana yang memiliki kelebihan tersebut. Mesin dengan kapasitas kecil yaitu 1000cc membuatnya irit bahan bakar. Sehingga akan sangat efektif untuk digunakan pada perjalanan jauh, karena anda tidak akan boros bahan bakar tentunya. Selain itu, kelebihan selanjutnya adalah desainnya yang fleksible. Desain fleksible ini memberikan keleluasaan bagi pemiliknya agar bisa melakukan berbagai macam konsep modifikasi.

Selain mengenai bahan bakar dan juga desain fleksible dari Suzuki Katana, kelebihan lainnya adalah mobil tersebut tidak membutuhkan tempat parkir yang luas. Bagaimana tidak, dimensi dari mobil Suv Suzuki memiliki desain minimalis dan mungil. Hal ini membuat ukurannya pun tidak terlalu besar, sehingga ketika akan melakukan parkir tidak membutuhkan tempat yang luas. Dengan kata lain, jenis jeep ini tidak akan memakan banyak tempat ketika parkir. Kelebihan lainnya yang bisa anda dapatkan adalah perawatannya bisa dilakukan dengan mudah. Apalagi spare partnya mudah dicari sehingga memungkinkan anda melakukan perawatan mudah.

Kekurangan Suzuki Katana

Selain kelebihan yang sudah disebutkan diatas tadi, ada beberapa kekurangan dari jenis kendaraan ini. Kekurangan akan menjadi salah satu pertimbangan penting bagi anda yang tertarik ingin membeli dan memilikinya. Kekurangan pertama adalah terletak pada suspensinya yang keras. Suspensi dengan kualitas yang masih kurang bagus membuat suspensinya sangat keras. Namun hal ini dapat diatasi dengan melakukan modifikasi. Kekurangan lainnya adalah tidak memiliki booster rem. Jika dibandingkan dengan keluaran terbaru, tipe ini cukup tertinggal jauh. Sistem pengereman juga menjadi salah satu pertimbangan penting tentunya sebelum memutuskan untuk membeli mobil.

Selain itu, masih ada kekurangan lainnya yaitu ruang kabin sempit. Dengan dimensi atau ukuran mungil dan minimalis Katana dari Suzuki, sudah bisa dipastikan bahwa ruangan dalamnya sempit. Namun meski begitu, ukuran tingginya akan membantu anda tetap merasa nyaman selama berkendara atau melakukan perjalanan jauh. Tidak hanya ukuran ruangan yang sempit, tapi kapasitas mesin yang kecil menjadi kekurangan dari kendaraan ini. Kapasitas mesin kecil membuat powernya juga terbatas. Bukan hanya terbatas, namun overheat saat kondisi macet.

Kompetitor Suzuki Katana

Pada pasaran mobil, Katana bisa dibilang hampir tidak memiliki pesaing untuk kelasnya. Namun meski begitu, tetap saja terdapat kompetitor dengan spesifikasi hampir sama dengan produk dari Suzuki tersebut. Bagi anda yang ingin mengetahui lebih jelasnya, pesaing dari kendaraan roda empat dengan desain minimalis tersebut adalah Feroza keluaran pabrik ternama Daihatsu. Daihatsu Feroza memiliki kapasitas mesin 1,6 liter dengan 16 katup. Selain itu, performa mesinnya 94 Hp pada kecepatan 5.700 rpm. Sedangkan untuk torsi 127 Nm pada tenaga maksimal 4.800 rpm. Harga daihatsu feroza dibaderol dengan harga sekitar 40 sampai 50 jutaan di pasaran.

SPESIFIKASI SUZUKI KATANA


Agar memantapkan pilihan bahwa jenis mobil Katana adalah pilihan tepat. Maka anda harus melihat spesifikasi lebih jelasnya terlebih dahulu. Hal tersebut bisa menjadi pertimbangan yang perlu diperhatikan. Sehingga akan lebih yakin bahwa anda memilih pilihan yang terbaik. Spesifikasi dari kendaraan minimalis lebih jelasnya dapat anda simak pada ulasan berikut ini.
  • Mesin : F 10 A SOHC, 8 Katup, 4 Siliner segaris
  • silinder : 1.000 cc
  • Power maks : 50 ps/5.500 rpm
  • Torsi maksimum : 7,5 kgm/3.500 rpm
  • Transmisi : 5 manual
  • Dimensi : 3430 x 1460 x 1680
  • Berat : 860 kg
  • Jarak roda : 2030 mm
  • kapasitas : 5 penumpang
  • Sistem kemudi : Rack & Pinion
  • Suspensi depan : leaf spring
  • Suspensi belakang : leaf spring
  • Rem depan : disc
  • Rem belakang : disc
  • Ban : 195R15

HARGA SUZUKI KATANA


Jika anda tertarik dengan mobil Katana, anda harus mengetahui harga pasarannya. Namun sayangnya produk keluaran suzuki untuk tipe tersebut tidak hadir lagi dalam pembelian baru. Produksinya telah berhenti sejak tahun 2006. Sehingga saat ini hanya tersedia dalam pembelian bekas atau seken. Untuk standar harga bekasnya bisa anda simak dalam ulasan berikut ini.

- Tahun 2006 : Rp. 78.000.000

- Tahun 2005 : Rp. 75.000.000

- Tahun 2004 : Rp. 72.000.000.

- Tahun 2003 : Rp. 69.000.000

- Tahun 2002 : Rp. 66.000.000

- Tahun 2001 : Rp. 63.000.000

- Tahun 2000 : Rp. 60.000.000

OVERVIEW

Dengan melihat harga cukup murah atau terjangkau, mobil tersebut sangat cocok untuk siapa saja. Dengan spesifikasi dan fitur yang diusungnya, mobil ini juga bisa digunakan oleh berbagai kalangan. Baik anak muda maupun orang dewasa. Untuk variasi warnanya terdiri dari warna putih, silver, hitam dan juga biru. Namun produk ini sudah tidak hadir lagi dalam pembelian baru. Sehingga anda hanya bisa mencari dalam produk bekas atau pembelian bekas. Sesuai dengan ukuran yang minimalis dan mungil, penumpang yang bisa dimuat adalah sekitar 4 sampai 5 orang. Jadi, Katana ini lebih cocok dijadikan kendaraan keluarga kecil anda. Mungkin kurang efektif jika dijadikan sebagai transportasi piknik atau liburan yang melibatkan penumpang dalam jumlah banyak.

Itulah ulasan mengenai spesifikasi, review dan harga dari Suzuki Katana. Meski sudah tidak diproduksi lagi, mobil tersebut cukup melegenda. Bagi anda yang tertarik membeli atau memilikinya, maka bisa mendapatkannya dalam produk bekas.



0 komentar