Harga Suzuki Ciaz Spesifikasi & Review Maret 2018


Advertisement
 Eksistensi kendaraan roda empat kini memang sudah menjadi sebuah kewajaran di kalangan masyarakat Indonesia, sebab semakin bergulirnya waktu kebutuhan akan kendaraan roda empat memang semakin meningkat. Hal ini juga turut menjadi alasan mengapa penjualan sektor kendaraan roda empat mengalami kenaikan. Walaupun kebanyakan lalu lintas ibu kota padat bahkan mengalami kemacetan, tetapi hal tersebut tidak menjadi penghalang bagi para vendor otomotif untuk meluncurkan produk-produk barunya. Sebab mereka percaya bila daya konsumtif masyarakat akan semakin naik selaras dengan selera masyarakat akan selalu berubah seiring berjalannya waktu. Bahkan Suzuki dengan berani memasarkan produknya yang mengusung kategori sedan, padahal seperti yang kita tahu sedan sudah banyak ditinggalkan oleh orang-orang karena beralih pada mobil LCGC atau MPV. Tetapi karena spesifikasinya banyak juga masyarakat yang terpikat dan jatuh hati pada sedan tipe Ciaz ini. Nah bagi anda yang penasaran berikut akan diulas mengenai Suzuki Ciaz secara mendetail.

Review Suzuki Ciaz


Seperti yang sobat otomotif ketahui di beberapa tahun silam, mobil kategori sedan memang sempat menjadi raja pada pangsa pasar kendaraan roda empat. Tetapi seiring waktu tren tersebut luntur dan berganti, mobil kategori MPV dan SUV menjadi pengganti sekaligus saingan berat bagi si sedan. Hingga saat ini kedua kategori mobil tersebut masih eksis dan bertahan di tengah-tengah masyarakat ditambah lagi dengan tipe LCGC atau Low Cost Green Car yang saat ini sedang begitu naik daun. Sehingga beberapa tahun belakangan sedan seolah hilang dari peredaran, tetapi kini Suzuki kembali mendobrak pasaran otomotif roda empat dengan menghadirkan kembali primadona yang sempat turun tahta dialah Suzuki Ciaz.

Seperti menghadirkan angin segar, Suzuki menghadirkan line-up terbaru dengan mengeluarkan Ciaz sebagai produk berstandar global. Dirilisnya Ciaz menjadi sebuah pertanda bahwa Suzuki ingin kembali merasakan kejayaan yang didapatkannya seperti yang pernah didapatkan oleh varian Esteem serta Baleno. Ditilik dari segi bodi, mobil satu ini memang tidak diragukan lagi bila dirujuk sebagai mobil berstandar global. Pada desain eksterior, mobil ini sangat menonjolkan kesan sporty, modern juga berkelas dengan detail bodi berbentuk aerodinamis. Secara keseluruhan tampilan sedan ini tidak jauh berbeda dengan sedan kebanyakan, tetapi sekali lagi pada mobil ini kesan sporty memang begitu ditonjolkan. Nah untuk lebih rincinya, simaklah ulasan berikut ini mengenai desain, spesifikasi, fitur, kelebihan & kelemahan dan lainnya.

Interior Suzuki Ciaz


Sebagai review pembuka tidak ada salahnya untuk memulainya terlebih dahulu dari sektor dalam mobil, sebab interior dalam mobil akan menunjukkan tentang seberapa jauh service yang dapat diberikan oleh sebuah kendaraan. Ketika menilik bagian dalam mobil, kesan pertama yang akan langsung didapatkan adalah mewah dan berkelas. Walaupun tergolong sebagai sedan kompak tetapi bila melihat bagian interior anda akan merasakan atmosfir yang berbeda. Sebab interior mobil ini terlihat lapang dengan desain sederhana dan berkesan minimalis. Ditambah lagi dengan penataan panel dashboard yang ditata sedemikian rupa sehingga menampakkan kerapian dan mendukung kesan minimalis yang coba dibangun. Selain itu kenyamanan juga menjadi perhatian utama Suzuki sebab material jok begitu premium sehingga akan menghadirkan pengalaman berkendara memuaskan. Di samping itu, kapasitas bagasi tersedia juga tergolong lapang yang mana akan semakin memudahkan anda ketika akan berpergian dengan membawa barang-barang disamping membawa maksimal 5 orang penumpang.

Eksterior Suzuki Ciaz


Beralih pada sisi luar mobil, dilihat secara kasat mata sudah terlihat bila Suzuki tipe Ciaz memang berusaha menghadirkan nuansa mewah dan sporty secara bersamaan. Terbukti dengan headlamp dibuat meruncing seakan-akan sedang membuktikan kegaharan dari mobil ini. Pada headlamp juga telah disematkan teknologi Halogen Head Lamp Projector yang tentunya akan memberikan fokus cahaya maksimal serta jangkauan lebih meluas. Masih berkisar bagian depan, mobil ini dibekali foglamp berbentuk bulat seakan melengkapi tampilan depan mobil. Ditambah pula dengan kehadiran Chrome Front Grill yang gagah mempesona dengan aksen yang begitu stylish.

Tampilan belakang mobil didukung oleh teknologi Rear Comb Lamp yang mampu menghadirkan pencahayaan lebih ciamik, tentunya disertai dengan desain mendukung dengan penampakan stylish. Tidak berhenti sampai disitu, penampakan stylish masih akan ditiban dengan tampilan modern serta berkelas berkat adanya Rear Sporty Bumper Ornament and Reflector dengan kemampuan memantulkan cahaya agar dapat lebih mudah dilihat oleh pengendara di belakang. Pada sisi samping juga selaras, karena memberikan efek kemewahan sebab turut pula disematkan bodyline yang tegas. Terakhir yaitu kehadiran spion elektrik yang semakin mendukung penampilan sedan ini terlihat aerodinamis.

Suzuki memang menghadirkan sedan satu ini sebagai salah satu produk dalam segmen mid-size sedan sehingga tidak mengherankan bila bodi mobil ini tergolong kompak. Memiliki ukuran panjang 4.490 mm, lebar 1.790 mm serta tingginya berkisar 1.745 mm dan ground clearance sedang yaitu 160 mm menjadikan mobil ini begitu proporsional. Ditambah lagi dengan ukuran velg R16 berbalut ban ukuran 195/55 tentu tampilannya akan lebih ideal. Sektor pengereman, mobil ini menggunakan sistem ABS dan EBD yang dapat menghindarkan pengendara dari kemungkinan selip saat dilakukan pengereman. Suspensi mobil juga tak kalah gahar sebab menggunakan teknologi MacPherson Strut serta Torsion Beam yang tak perlu diragukan lagi kemampuannya.

Feature Suzuki Ciaz

Pembahasan selanjutnya berupa fitur-fitur yang disematkan pada mobil mid-size sedan ini, diawali dengan sektor dapur pacu. Menggunakan mesin empat silinder 1,3 Liter Multi Point Injection dengan kode K14B. Mesin tersebut memiliki kapasitas 1.373 cc disertai 16 katup dan 4 silinder. Dengan kapasitas tersebut, mesin dapat menghasilkan daya maksimum sebesar 92 Bhp pada putaran 4.000 rpm, kemampuan torsi maksimum sebesar 130 Nm pada semburan mesin 4.000 rpm. Didukung pula dengan adanya teknologi Multi Point Injection membuat pengeluaran bahan bakar menjadi lebih efisien. Mobil ini diklaim hanya membutuhkan konsumsi daya 1 liter untuk 20,7 kilometer. Untuk menghadirkan performa maksimal, anda perlu memberikan bahan bakar beroktan tinggi layaknya Pertamax sebab sedan ini memiliki perbandingan kompresi 11.0.

Selain itu guna melengkapi fungsionalitas dari mobil ini, turut pula disematkan sistem penggerak 2WD, Rack and Pinion juga disematkan sebagai jenis kemudi mid-size sedan ini. Kemudian selanjutnya beralih pada fitur keselamatan dari mobil ini, dimana menggunakan sistem dengan standar global. Beberapa diantaranya seperti Dual SRS Airbag pada baris depan kursi kemudi dan penumpang. Side Impact Beam pada sisi-sisi pintu, seatbelt dilengkapi fungsi ELR serta jok yang adjustable. Tak kalah gaharnya, pada mobil ini Suzuki menyematkan fitur parkir dengan sensor dan dilengkapi dengan kamera sebagai tambahan keamanan. Belum lagi bodi yang yang berstruktur baja juga menjadi fitur lebih guna menghalau benturan yang mungkin terjadi. Tak berhenti sampai disitu fitur lain sebagai penunjang mobil ini antara lain ada Keyless Entry, Push Button System, automatic AC, Switch Audio, Bluetooth Connection, Audio System with CD Player, MP3, USB Connection, Aux In serta speaker. Dengan fitur-fitur tersebut tentunya fungsionalitas dari mobil sedan tersebut semakinlayak untuk diperhitungkan.

Kelebihan & Kekurangan Suzuki Ciaz


Setelah membaca pembahasan di atas mengenai semua fitur juga spesifikasi mobil sedan besutan Suzuki yaitu tipe Ciaz maka akan dapat ditarik kesimpulan bila mobil ini mempunyai kelebihan dan kelemahan. Kelebihan yang disodorkan antara lain keseluruhan desain mobil yang begitu mempesona serta menawan, efisiensi bahan bakar akibat dari teknogoi Multi Point Injection, membuktikan bila kehadiran fitur-fiturnyacukup lengkap bila dibandingkan dengan segmen di kelasnya.

Kemudian beralih pada kekurangan, mobil ini memiliki beberapa kekurangan antara lain ketinggian Groun Clearance yang tidak cukup tinggi, bisingnya suara mesin diesel, belum maksimalnya fitur peredaman dalam kabin serta ABS & EBD belum dihadirkan sebagai standardisasi untuk semua variannya.

Kompetitor Suzuki Ciaz

Didasarkan pada sektor pasar, segmen sedan tipe Ciaz ini memiliki beberapa kompetitor yang juga memiliki fitur dan harga yang bervariasi daftarnya sebagai berikut:

Toyota The All New Vios

Kompetitor pertama yang juga menjadi saingan terberat datang dari brand Toyota, The All New Vios hadir dengan spesifikasi cukup gahar dibanderol mulai sekitar 277 hingga 315 juta rupiah.

Hyundai Sonata

Berikutnya hadir saingan dari Negeri Gingseng dengan tipe Sonata, yang mana tipe ini cukup mendulang sukses sebab menghadirkan mobil sedan dengan tampilan super minimalis serta berkelas. Hadir dengan kisaran harga 490 juta rupiah,

Honda All New City

Nampaknya Honda tidak mau ketinggalan, sebab turut pula meramaikan segmen pasar sedan dengan hadirnya All New City dengan eksterior menawan. Anda perlu mengeluarkan kocek sekitar 200 hingga 300 juta rupiah bila ingin memarkir sedan ini ke garasi rumah.

Proton Persona

Mungkin rangkaian kata di atas cukup asing di telinga, sebab mobil sedan ini adalah besutan Malaysia yang dibanderol dengan kisaran harga kurang dari 200 juta rupiah.

Proton Preve

Mobil ini memiliki desain yang sangat maskulin dan sporty pada segmen sedan, harganya pun hanya berkisar 285 juta rupiah.

SPESIFIKASI SUZUKI CIAZ


  • Mesin :
    - Jenis: K14B
    - Isi Silinder: 1,373 cc
    - Jumlah katup: 16
    - Jumlah silinder: 4
    - Sistem bahan bakar: Multi Point Injection
  • Dimensi :
    - P x l x t: 4,490 x 1,730 x 1,475 mm
    - Berat: 1000 - 1475 kg
    - Tangki bahan bakar: 42 L
  • Kaki-kaki :
    - Sistem kemudi: Electric Power Steering
    - Suspensi depan: McPherson Strut with Coil Spring
    - Suspensi belakang: Torsion Beam with Coil Spring
    - Rem depan: Ventilated Disc
    - Rem belakang: Drum, Leading & Trailing
  • Fitur :
    - Adjustable Rear Seat Back
    - Spacious Luggage
    - Keyless Entry
    - Push Button System
    - Aautomatic AC
    - Switch Audio
    - Bluetooth Connection
    - Audio System with CD Player,
    - MP3, USB Connection, Aux In
  • Keamanan & Keselamatan :
    - Dual SRS Airbag
    - Safety Release Brake Pedal
    - Car Immobilizer and Security Alarm
    - Parking Camera

HARGA SUZUKI CIAS TERBARU BEKAS/SEKEN


Harga Produk Baru

- Tipe A/T : Rp. 275,000,000,-
- Tipe M/T : Rp. 265,000,000,-

Harga Produk Bekas

-
Note : harga di atas adalah harga pasaran OTR di wilayah Jakarta perbedaan harga mungkin saja terjadi berdasarkan wilayah. Harga mungkin saja akan berubah sewaktu-waktu.

KESIMPULAN

Berdasarkan ulasan mendetail yang telah membahas mengenai spesifikasi, fitur, keunggulan, kekurangan dan harga maka dapat disimpulkan bila mobil sedan Suzuki Ciaz ini sangat cocok dikendarai oleh semua orang yang memiliki cita rasa tinggi terhadap eksterior mobil. Dengan desain dinamis, sporty, berkelas juga modern mobil keluaran Suzuki ini cocok digunakan oleh kawula muda yang selalu ingin tampil trendy. Cukup mengeluarkan 200 juta anda sudah bisa merasakan kemewahan dari sebuah kendaraan, atau bagi anda yang memiliki keluarga kecil mobil ini juga cocok sebab memiliki kapasitas bagasi yang cukup lega.






0 komentar