Harga Datsun Go Spesifikasi Dan Review Bulan Maret 2018


Advertisement
Setelah puluhan tahun menghilang dari dunia otomotif Indonesia, pada tahun 2012 lalu PT. Nissan Motor Indonesia kembali memproduksi Datsun. Merek Datsun mengingatkan kembali pada awal mula pembangunan mobil di Jepang. Saat ini Datsun terus memberikan inovasi dengan meluncurkan produk-produk terbarunya untuk melengkapi kebutuhan pasar Indonesia terhadap kendaraan empat roda ini. Datsun menawarkan pada pasaran harga lebih terjangkau dibanding para pesaingnya. Kini Datsun memperkenalkan dua produk terbarunya yaitu mobil jenis hatchback Datsun Go dan jenis mini MPV Datsun Go+. Kedua mobil tersebut hadir dengan berbagai fitur handal dan teknologi canggih yang menarik hati para penggemar otomotif. Pada artikel kali ini akan dibahas secara khusus mengenai varian hatchbacknya yaitu Datsun Go.

Review Datsun Go


 Datsun hadir di pasaran Indonesia dengan menawarkan desain stylish dan harga terjangkau. Mobil ini merupakan jenis hatchback dengan dua baris kursi sehingga bisa menampung 5 orang. Selain itu telah didukung dengan teknologi mesin terkini, suspensi handal, serta sistem pengereman cakram. Ada juga berbagai fitur keamanan yang akan membuat anda merasa aman dan nyaman saat berkendara. Ada empat macam tipe tang tersedia yaitu, Go T, T-Option, T-Active, dan tipe terbarunya adalah T-Ultimate. Anda juga dimanjakan dengan pilihan warna yang beragam. Untuk lebih jelasnya, kita akan bahas satu persatu detailnya.

Interior Datsun Go


Jika membicarakan bagian interior, karakter khas dari mobil ini adalah rapi dan praktis. Kualitas tercermin dari detail menyeluruh. Kabin yang luas membuat semua penumpang nyaman. Desain tempat duduk baris pertama memiliki ruang kaki dan sandaran kepala luas. Sehingga menambah kenyamanan bagi pengemudi. Tempat duduk baris kedua terkesan mewah serasa anda sedang menaiki mobil mewah berkat tambahan knee-room yang luas. Tuas persneling pada panel instrumen semakin menarik dengan warna senada dengan kabin mobil. Selain itu mudah dijangkau oleh si pengemudi.

Bagi anda yang hobi mendengarkan musik saat berkendara, Datsun memanjakan anda dengan interior senyap. Dibuat dari konstruksi solid serta insulasi mampu meredam suara bising. Sehingga kenyamanan anda saat berkendara tidak perlu diragukan lagi. Kantong pintu sengaja didesain luas supaya anda bisa menyimpan botol minum anda disana. Ditambah desain pegangan pintu bagian dalam mobil sangat modern melengkapi mewahnya bagian interior.

Lain dari mobil pada umumnya, keluaran Nissan yang satu ini memiliki keunikan pada bagian kursi depan yang dibuat menyatu. Desain tersebut memungkinkan anda untuk berpindah bahkan keluar dari kedua pintu tanpa hambatan. Selain itu, bagian tengah kursi dapat dimanfaatkan untuk menempatkan tas anda saat pergi ke kantor. Dasbor semakin elegan dengan adanya sentuhan garis yang terinspirasi oleh sayap burung. Apalagi tekstur dari dasbor nampak seperti kulit sehingga menambah sensasi mewah dan berkelas mobil ini. Ruang bagasi cukup luas dengan kapasitas 265 liter menjadikan anda lebih mudah saat harus membawa banyak barang bawaan.

Eksterior Datsun Go

Desain interior berkesan mewah dan berkelas diimbangi dengan desain eksterior mengagumkan. Bodi kokoh, garis yang kuat serta lengkung roda memukau. Dilengkapi dengan pilihan warna-warna menarik yaitu putih, silver, hitam, jade, abu-abu, dan merah. Sehingga anda bisa leluasa memlih warna sesuai kepribadian anda. Bagian depan terdapat headlamp berbentuk heksagonal sehingga menambah kesan stylish dan premium. Di tengah terdapat logo Datsun yang dikelilingi oleh lapisan krom. Lengkungan fender bagian depan menimbulkan kesan maskulin. Bagian belakang menarik perhatian dengan bodi lebar dan bahu melengkung. Sehingga menciptakan karakter gagah dan kokoh.

Feature Datsun Go

Fitur handal dan teknologi canggih yang melekat pada kendaraan ini akan membuat anda semakin terpesona. Diawali dengan fitur Mobile Docking Station yang membuat anda tetap dapat terkoneksi dengan dunia digital. Fitur ini akan mempermudah akses terhadap smartphone anda. Baik untuk mendengarkan musik, penggunaan aplikasi navigasi, maupun panggilan telepon hands-free. Mobile Docking Station didesain untuk hampir semua jenis smartphone. Input auxiliary dan jack 3.5 mm menghubungkan smartphone ke Mobile Docking Station. Sehingga sistem terhubung langsung dengan speakers dan anda juga bisa mengatur volume dengan mudah melalui tombol dasbor anda. Selain itu, fitur tersebut juga mendukung anda untuk mengisi daya ponsel selama melakukan perjalanan.

Pengemudi juga dimanjakan lagi dengan tampilan speedometer yang memiliki penunjuk pergantian gigi. Dengan penunjuk tersebut, anda dapat mengetahui kecepatan ideal untuk mengoper gigi. Sehingga performa kendaraan anda lebih maksimal dan lebih menghemat bahan bakar. Anda juga tak perlu khawatir kehabisan bensin di tengah-tengah perjalanan karena anda bisa memantaunya dengan mudah melalui digital tachometer. Layar tersebut akan menunjukkan konsumsi bahan bakar yang sedang anda gunakan sekarang, rata-rata konsumsi bahan bakar, serta jarak sebelum bahan bakar habis.

Fitur headlamp heksagonal memberikan anda jarak pandang lebih jauh dan luas saat berkendara. Terdapat pula teknologi lampu follow me home yang bisa menyala selama 30 detik saat anda berjalan menuju pintu rumah. Hal tersebut bisa anda dapatkan hanya dengan menarik tuas lampu. Dengan empat kali tarikan tuas, anda bisa mendapat penerangan lanjutan selama 120 detik. Sangat mengesankan bukan.

KELEBIHAN & KEKURANGAN DATSUN GO


Kelebihan

Datsun Go memiliki banyak sekali fitur sehingga dapat memberikan kenyamanan maksimal kepada penggunanya. Mobil ini telah didukung mesin dengan teknologi terkini dan hemat bahan bakar. Fitur keamanannya pun sudah lengkap. Tersedia Airbag untuk pengemudi yang meminimalisir resiko benturan yang tidak diinginkan. Selain itu ada juga sensor parkir pada bagian belakang. Sensor itu menjadikan anda tidak perlu khawatir menabrak saat memarkir mobil. Berbagai fitur menarik tersebut tidak lantas membuat harganya dibandrol terlalu mahal.

Kekurangan

Ada beberapa kekurangan dari Datsun Go disamping kelebihan yang dimilikinya. Kekurangan tersebut antara lain terletak pada sistem transmisinya yang masih manual. Sampai saat ini, Datsun belum merilis varian automatic dari tipe ini. Dan sayangnya lagi fitur AC (Air Conditioner) masih harus diatur secara manual.

Kompetitor Datsun Go

Persaingan yang semakin ketat di pasar otomotif di tanah air menjadikan setiap vendor merilis produk unggulannya dengan menonjolkan fitur-fitur terbaru dan teknologi tercanggihnya masing-masing. Berikut beberapa kompetitornya di pasaran.

Honda Brio

Honda Brio merupakan jenis city car yang memiliki desain bodi mungil dan sporty. Sistem suplay bahan bakar PGM-Finya bekerja memaksimalkan kinerja mesin. Harga Honda Brio di pasaran berkisar 100 jutaan.

Daihatsu Ayla

Daihatsu Ayla merupakan salah satu mobil LCGC andalan Daihatsu yang hadir pada tahun 2015 lalu. Mobil memiliki performa mesin yang baik dengan kapasitas 998 cc. Saat ini sudah banyak sekali pemakainya berlalu lalang di jalan. Harga dibandrol sekitar 90 jutaan.

Toyota Agya

Terkenal di pasaran sebagai saudara kembar Daihatsu Ayla, produk keluaran Toyota ini dibandrol dengan harga 100 jutaan. Memiliki kapasitas mesin 998 cc dengan sistem bahan bakar EFI yang menjadikan konsumsi bahan bakarnya sangat baik.

Karimun Wagon R

Mobil asal Jepang ini terbilang menarik baik dari segi desain maupun performa mesinnya. Mesin menggunakan kapasitas 1197 cc dengan 3 silinder. Salah satu kelebihannya adalah memiliki kabin yang lumayan luas. Harganya berkisar pada Rp 100-150 jutaan.

KIA Picanto

KIA Picanto juga dikenal sebagai KIA Morning merupakan mobil buatan Korea Selatan. Kapasitas mesin sebesar 1000 cc. Interiornya tak kalah dengan para pesaingnya. Selain itu fitur yang melekat cukup menarik. Harga dari mobil LCGC ini dibandrol Rp 150 jutaan.

SPESIFIKASI DATSUN GO


Setelah membahas bagian-bagian mobil di atas, anda pasti penasaran terhadap spesifikasi Datsun Go. Berikut ini adalah rincian lengkapnya.
  • Mesin :
    1.2L HR12DE, DOHC, menjadikan mobil bertenaga dengan teknologi perfect circle bore machining.
    Kapasitas 1198 cc
    Torsi maksimum 104 NME
    Transmisi manual, 5 percepatan
  • Body :
    P x L x T : 3785 x 1635 x 1485 mm
    Whellbase : 2450 mm
    Jarak Roda terendah 170 mm
    Berat : 785 kg
  • Eksterior :
    Black Honeycomb Grille with Chrome Frame
    Manual (Black) Door Mirror
    Roof Spoiler with High Mount Stop Lamp
    Mud Guard
    155/70 R13 Wheel, steel with wheel cover
  • Interior :
    5 seat capacity
    FR spinal seat support
    FRBottle Holder
    Sunvisors
    Silver painted C-cluster
    Silver painted shift base
    Silver painted shift knob
  • Fitur Keamanan :
    1st row seatbelt : 3 points ELR x 2 with pretensioner (Driver only)
    2nd row seatbelt: 3-points ELR x 2
    Immobilizer
    Central door locking
    Keyless entry with alarm
    Driver airbag

HARGA DATSUN GO TERBARU BEKAS DAN SEKEN


Ada 4 tipe mobil yang bisa anda pilih. Harganya bervariasi tergantung pada tipenya. Berikut ini akan dibahas untuk setiap tipenya.

Tipe Go T
Tipe yang satu ini memiliki kelebihan pada sistem Mobile Docking Station. Dimana 3 tipe yang lain belum terdapat sistem ini. Harga yang dibandrol paling murah dibandingkan tipe yang lain yaitu Rp 114.400.000,-

Tipe Go T-Option
Jika tipe T dilengkapi Mobile Docking Station, pada tipe ini terdapat fitur 1 DIN Audio with AUX jack, USB, speakers. Harga yang dibandrol pun tidak jauh beda dengan yaitu Rp 114.900.000,-

Tipe Go T-Active
Sementara untuk Go T-Active, terdapat beberapa fitur tambahan seperti aero kit, body side molding, silver painted power window finisher, serta 1 DIN Audio with AUX jack, USB, speakers. Kemudian pada kursi bagian belakang terdapat power window yang memudahkan penumpang membuka atau menutup jendela. Harganya Rp 119.900.000,-

Tipe Go T-Ultimate
Tipe ini merupakan tipe terbaru Datsun Go yang baru saja diluncurkan Bulan Agustus 2017 lalu. Secara resmi baru tersedia di seluruh Indonesia pada Bulan September 2017. Harga yang dibandrol adalah Rp 126.400.000,-

Harga Datsun Go Bekas / Seken

Tipe Mobil Tahun Harga
Datsun Go T-Active 2016 Rp 94.000.000,-
Datsun Go T-Active 2015 Rp 98.500.000,-
Datsun Go T-Option 2014 Rp 90.000.000,-

Note:
Harga diatas bisa berubah kapan saja
Pada Mobil Bekas, tergantung pada kondisi mobil dan penjual
Harga merupakan harga OTR Jakarta dan biasanya ada perbedaan untuk setiap daerah

KESIMPULAN

Dengan harga yang relatif terjangkau, Datsun Go menawarkan berbagai fitur menarik dan teknologi canggih yang cocok digunakan bagi siapa saja. Adapun pilihan warna yang menarik yaitu putih, silver, hitam, jade, abu-abu, dan merah. Sehingga bisa menyesuaikan kepribadian si pemakainya. Ada 4 tipe yang tersedia yaitu Go T, T-Option, T-Active, dan yang terbaru adalah T-Ultimate. Mobil berkapasitas 5 penumpang. Dengan dimensi mobil yang relatif kecil efektif anda gunakan untuk melintasi jalanan perkotaan yang sempit. Teknologi mesin yang canggih juga penggunaan bahan bakar yang efisien menjadi salah satu kelebihan dari mobil ini.



0 komentar