Harga Chevrolet Aveo Spesifikasi Dan Review Bulan Maret 2018


Advertisement
Chevrolet merupakan brand mobil asal Amerika yang pasti sudah tak asing lagi bagi penggemar otomotif. Perusahaan ini merupakan bagian dari General Motors dan sudah berdiri sejak tahun 1911 di Detroit Amerika Serikat. Dengan pengalaman puluhan tahun tersebut kualitas mobil buatan Chevrolet dapat disetarakan dengan buatan pabrikan Eropa dan juga Asia. Pihaknya juga menekankan teknologi canggih untuk setiap produknya agar konsumen dapat merasakan momen berkendara yang aman, mudah, dan lebih baik. Ada banyak jenis mobil dikenal di Indonesia. Diantaranya jenis SUV, MPV, hatchback, dan city car. Chevrolet turut memenuhi kebutuhan pasar akan berbagai jenis tersebut. salah satunya adalah jenis hatchback dengan nama Chevrolet Aveo.

Review Chevrolet Aveo


Pertengahan tahun 2002 adalah saat pertama kalinya Chevrolet Aveo diproduksi.Mobil dengan desain hatchback ini hampir sama dengan mobil jenis city car. Perbedaannya terletak pada dimensi yang sedikit lebih besar. Namun kedua jenis mobil tersebut sama-sama cocok digunakan untuk menempuh jalanan perkotaan yang sempitkarena desain yang mungil dan elegan. Sama seperti mobil jenis hatchback lainnya, mobil dari Chevrolet ini memiliki tempat duduk yang muat untuk 4-5 penumpang. Ada dua tipe yang ditawarkan yaitu tipe MT dan AT. Kendaraan ini juga dilengkapi oleh berbagai fitur dan teknologi yang menarik lainnya. Berikut akan dibahas lebih lanjut mengenai mobil keluaran yang satu ini.

Interior Chevrolet Aveo


Bagian interior Chevrolet Aveo cukup luas dan lebar sehingga pas untuk digunakan jalan-jalan bersama keluarga anda. Jumlah tempat duduk dapat diisi 4 sampai 5 orang. Pada bagian kemudi, pedal gas dan juga rem lapang sehingga nyaman bagi pengemudi. Sistem kemudi sudah dilengkapi tilt steering, jadi pengemudi dapat menyesuaikan posisi lingkar kemudi ternyaman. AC dioperasikan secara manual menggunakan filter polusi udara sehingga udara dalam mobil terjaga kebersihannya. Lubang AC didesain membulat seolah menyatu dengan dashboard. Indikator mobil adalah perpaduan dari indikator rpm manual dan indikator kecepatan digital yang serasa anda sedang mengendarai mobil sport.

Eksterior Chevrolet Aveo


Dari sisi eksterior, tampilan depan Chevrolet Aveo terdapat lambang Chevrolet di bagian tengah. Bumper didesain seakan-akan menyatu dengan bodi mobil. Dengan headlamp di sisi kiri dan kanan yang terlihat sangat tajam dan memberikan efek 3 Dimensi layaknya mata kucing. Headlamp menggunakan halogen yang akan menyala sangat terang saat anda berkendara di malam hari. Di bawah headlamp terdapat pula foglamp yang berbentuk bulat serta ada tambahan lubang angin yang menjadikan kendaraan ini memiliki kesan sporty yang kuat. Bagian depan dibuat aerodinamis dengan desain rendah yang berguna untuk mengurangi gesekan dengan udara saat mobil melaju pada kecepatan tinggi. Desain unik pada kaca spion yang menyipit juga menjadi salah satu upaya meminimalisasi hambatan udara saat melaju. Tampilan depan ini nampaknya menjadi salah satu ciri khas kendaraan tersebut.

Chevrolet Aveo disertai dengan velg alloy, aluminium 18 inci atau 17 inci. Dengan ban yang berukuran 195/65 R untuk tipe MT dan ukuran 205/55 untuk tipe AT. Jenis velg ini sudah didesain untuk meminimalisir getaran roda. Sehingga bisa tetap stabil saat melaju dengan kecepatan tinggi dan lebih kokoh. Gagang pintu dan bodi mobil sewarna serta dibuat menyipit senada dengan desain spion. Dengan dimensi 4040 x 1735 x 1518 mm yang terkesan kecil, tak pelak mobil ini mempunyai desain yang cukup ramping. Lekuk bodi yang dirancang sangat pas memberikan kesan mewah dan kokoh pada kendaraan ini. Sehingga tak salah jika kebanyakan peminatnya adalah para anak muda yang ingin tampil gaya.

Feature Chevrolet Aveo

Banyak fitur menarik dan handal dari kendaraan jenis hatchback satu ini yang tentu saja akan menunjang kebutuhan semua konsumen. Hal tersebut juga sebagai langkah strategis dalam menghadapi persaingan ketat dunia otomotif di Indonesia. Pada sisi keamanan, fitur SRS Airbag telah tersedia. Fitur tersebut berfungsi menjaga keselamatan anda dengan cara meminimalisir benturan jika seandainya terjadi kecelakaan. Ada pula Driver Seat High Adjuster dan Imobilizer yang membuat pengendara tetap merasa aman meski harus meninggalkan mobilnya. Anda juga akan merasa semakin aman dan nyaman saat berkendara karena dilengkapi dengan sistem pengereman handal ABS (Anti lock Braking system) dengan jenis rem disc pada bagian depan dan rem drum pada bagian belakang.

KELEBIHAN & KEKURANGAN CHEVROLET AVEO


Kelebihan

Keunggulan mobil jenis hatchback satu ini diantaranya telah dilengkapi dengan teknologi transmisi dengan 6 percepatan automatic. Ditambah kapasitas tangki yang cukup luas yaitu 46 Liter sehingga tergolong awet saat anda gunakan berkendara. Mesin yang dipakai adalah mesin 1.4L, DOHC 4 Silinder 16 valve seri terbaru. Dilengkapi dengan system multi point injection. Suspensi tipe McPherson Strut with Coil Spring untuk suspensi depan dan V Beam untuk suspensi belakang membuat pengendara semakin nyaman berakselerasi tanpa melupakan sisi keamanan. Selain itu desain eksterior yang stylish juga menjadi salah satu kelebihan dari mobil ini.

Kekurangan

Ditutupnya pabrik Chevrolet di Indonesia karena kalah saing dengan pabrik otomotif kenamaan asal Jepang berdampak pada harga mobil satu ini. Harga untuk kendaraan tersebut dibandrol dengan harga yang melambung tinggi disebabkan mobil ini merupakan mobil import. Sehingga pajaknya pun tinggi karena termasuk dalam pajak barang mewah. Dengan keadaan demikian otomatis berpengaruh pada harga dan ketersediaan sparepart. Sehingga saat terjadi kerusakan anda akan cukup kesulitan untuk menemukan sparepart pengganti. Selain itu untuk melakukan perawatan maksimal terhadap mobil ini juga agak susah karena bengkel resmi cukup sulit dijumpai dan belum tentu ada di semua daerah.

Kompetitor Chevrolet Aveo

Selain jenis mobil MPV yang cocok untuk keluarga, mobil hatchback menjadi yang paling umum diminati konsumen di negara kita. Jenis mobil hatchback di Indonesia sudah banyak di pasaran dan banyak pula kita jumpai di jalanan. Beberapa pabrikan otomotif bahkan mengeluarkan lebih dari satu varian. Ketatnya persaingan membuat mereka terus melakukan inovasi teknologi pada mobil keluarannya. Berikut ini beberapa kompetitor dari Chevrolet Aveo di pasaran Indonesia.

Honda Jazz

Honda Jazz menjadi salah satu mobil jenis hatchback terlaris di Indonesia. Mobil keluaran pabrikan ternama asal Jepang ini sudah banyak bersliweran di jalan. Desain yang dibawanya adalah stylish dan sporty. Interiornya pun telah dilengkapi berbagai fitur canggih yang memanjakan pengemudi maupun penumpang. Dengan pilihan warna yang juga banyak. Mobil ini dibandrol dengan harga 200-270 jutaan.

Suzuki Swift

Suzuki resmi merilis mobil ini pada tahun 2005 yang kemudian menjadi andalannya. Suzuki swift punya tampilan elegan dan sporty khas kawula muda. Ada 3 tipe ditawarkan yaitu Suzuki Swift GX, GS, dan sport serta dua pilihan sistem transmisi yaitu manual dan automatic. Harga untuk mobil ini adalah 200-300 jutaan.

Toyota Yaris

Toyota yaris merupakan rival berat dari honda jazz. Desain eksterior keduanya pun hampir mirip, terutama bagi orang awam. Jenis hatchback ini memiliki konsumsi bahan bakar yang baik. dibandrol dengan harga 200 jutaan.

Ford Fiesta

Sama-sama dari Amerika, mobil milik Ford ini selain mengusung desain sporty dan elegan juga terkesan mewah. Supply bahan bakarnya adalah fuel injection sehingga kinerja mesinnya lebih sempurna. Dengan segala fitur yang dimilikinya, mobil ini dijual dengan harga 250 jutaan.

Nissan March

Nissan March punya ciri khas pada tampilan sederhana. Meski begitu fitur yang melengkapi kendaraan ini tergolong lengkap baik dari sisi hiburan maupun keselamatan. Harganya pun cukup murah yaitu 150 jutaan.

SPESIFIKASI CHEVROLET AVEO


Interior mobil, eksterior, hingga kompetitor telah selesai dibahas di atas. Tak lengkap rasanya jika anda tak mengenal Chevrolet Aveo melalui rincian spesfikasinya berikut ini.
  • Mesin :
    1.4L, DOHC 4 Silinder 16 valve. Sistem injeksi multi point fuel injection (2.4).
    Isi silinder 1398 cc. Compression ratio 16.3:1 (2.0) / 10.4:1 (2.4).
    Torsi maksimum 130 nm / 3000 rpm (2.0).
    Kapasitas tangki 45 L. Transmisi 6 speed automatic.
  • Body :
    Berat1.789 kg.
    Dimensi 4040 x 1735 x 1518 mm dengan jarak sumbu roda 2,707 mm.
    Tapak depan/belakang : 1569 / 1576 mm.
    Jarak radius putar 5.75 m.
  • Suspensi :
    McPherson Strut with Coil spring (Depan), V Beam (Belakang).
    Rem depan: Disc. Rem belakang: Drum.
    Velg 18” Aluminium Alloy.
    Ukuran ban 195/65R15.

HARGA CHEVROLET AVEO TERBARU BEKAS DAN SEKEN


Dengan berbagai fitur dan teknologi canggih yang melekat pada Chevrolet Aveo, mobil tipe hatchback ini menawarkan dua macam tipe dengan harga berbeda. Harga untuk tipe 1,4L LT MT adalah Rp 194.800.000,- sedangkan harga untuk tipe 1,4L LT AT adalah Rp 209.800.000,-. Namun sayangnya mobil Chevrolet tipe satu ini tidak tersedia lagi untuk pembelian baru di Indonesia. Hal tersebut merupakan salah satu dampak hengkangnya pabrik Chevrolet dari Indonesia. Pihak General Motors selaku pemilik menjelaskan bahwa pasar hatchback untuk produknya lebih rendah dibanding dengan jenis SUV. Sehingga mereka memutuskan untuk fokus kepada pasar yang lebih prospektif dan menghentikan pemasokan Aveo untuk di Indonesia.

Harga Chevrolet Aveo Bekas / Seken

Meski tak lagi tersedia dalam kondisi baru. Bagi anda yang berminat untuk memiliki mobil ini masih bisa menemukannya di Indonesia sebagai mobil bekas. Berikut daftar harga untuk sekennya.

Tipe Mobil Tahun Harga

Chevrolet Aveo LT MT 2014 Rp 121.000.000,-
Chevrolet Aveo LT AT 2013 Rp 120.000.000,-
Chevrolet Aveo LT AT 2012 Rp 112.000.000,-

Note:
Harga diatas bisa berubah kapan saja
Pada Mobil Bekas, tergantung pada kondisi mobil dan penjual
Harga merupakan harga OTR Jakarta dan biasanya ada perbedaan untuk setiap daerah

KESIMPULAN

Harga yang dibandrol untuk sekelas hatchback tidak terlalu mahal. Desain sporty dan ramping cocok untuk para kaula muda namun tidak menutup kemungkinan untuk digunakan siapa saja. Ada beberapa pilihan warna yaitu hitam, putih, biru, silver, dan merah. Ada dua tipe yaitu MT dan AT. Mesin bertenaga 1.4L DOHC 4 Silinder 16 valve dan sistem injeksi multi point fuel injection. Kapasitas penumpang untuk mobil ini maksimal 5 orang. Dari sisi interior, meski mobil tidak terlalu tinggi kabin mobil cukup luas serta lapang. Sehingga anda tetap merasa nyaman berada di dalam mobil. Sudah dilengkapi pula oleh fitur keselamatan SRS Airbag dan sistem pengereman ABS. Pas untuk digunakan oleh anda untuk pergi ke kampus, pergi ke kantor sehari-hari, atau berpiknik dengan keluarga kecil anda.







0 komentar