Harga Toyota Yaris Spesifikasi & Review Februari 2018


Advertisement
Model terbaru dari Toyota Yaris akhirnya datang. Kini, mobil dengan 5 penumpang semakin banyak pilihannya. Setelah Honda Jazz seakan berjaya sendirian di pasaran, kini Yaris menjadi penantang serius untuk kendaraan dengan 5 penumpang. Meskipun sekilas hanya mirip dengan versi lama, namun model terbaru dari Yarsis dipastikan memiliki berbagai macam pembaruan dan peningkatan kualitas. Bisa jadi, Yaris akan mengambil alih posisi Honda Jazz di masa mendatang jika Toyota terus meningkatkan kualitas produknya. Untuk itu, sangat penting membahas review dan spesifikasi secara detail dari mobil baru ini.

Interior Toyota Yaris

Interior Toyota Yaris

Toyota Yaris 2017 mengalami beberapa perubahan pada bagian-bagian tertentu. Mulai dari dashboard, warna hitam dengan material bagus masih dipertahankan namun ada tambahan aksen krom pada beberapa bagian sehingga tampilannya lebih modern. Selain itu, ada juga display LCD pada bagian dashboardnya yang sangat bermanfaat dalam hal penunjuk navigasi dan juga hiburan. Bahkan, ada juga layar display yang memiliki teknologi touchscreen, namun hanya terdapat pada tipe TDR S matic saja. Itu adalah tipe paling tinggi dari Yaris.

Di bagian speedometer, tampilan panelnya memiliki desain yang lebih sporty dengan cluster dan lampu yang lebih terang. Kemudian, ada juga berbagai tombol seperti smart stop button dan juga auto AC. Selanjutnya, desain stir juga dibuat lebih runcing agar semakin menarik dan atraktif. Pada bagian jok, kualitasnya ditingkatkan dengan material semi bucket sehingga semakin nyaman. Terakhir, penata bagasi juga dirubah agar daya tampung semakin luas. Yang pasti, interior dari model terbaru Yaris ini semakin memuaskan.

Eksterior Toyota Yaris

Eksterior Toyota Yaris

Untuk desain eksterior, model terbaru ini memiliki konsep yang lebih sporty dan aerodinamis. Misalnya, kita bisa melihatnya dari headlamp yang modelnya lebih sipit dan juga tajam sehingga terlihat lebih agresif. Headlamp itu tersambung langsung dengan grill depan dengan corak hitam doff yang lebih minimalis. Kombinasi keduanya menjadikan desain eksterior mobil ini semakin gagah dan klop. Selain itu, bumper depan Yaris juga terlihat lebih sporty dengan corak mirip grillnya. Bumper depan ini fungsinya menutup radiator.

Kemudian, foglamp yang diusung oleh versi terbaru ini masih sama dengan model sebelumnya. Lalu ada juga LED Daytime Running Light di bawah bumper. Dari samping, kalian bisa melihat lekukan yang indah dan juga jedela dengan desain lebih kecil. Agar lebih terlihat sporty, Toyota menambahkan side skirt dan tape stripe. Di bagian belakang, juga nampak sporty dengan rear roof spoiler. Ada penambahan bumper spoiler yang membuat desain semakin indah. Terakhir, spion dengan teknologi retractable mirror sangat bermanfaat. Secara keseluruhan, desain eksterior dan interior Yaris lebih memikat dari versi sebelumnya.

Fitur Toyota Yaris

Sebagai mobil hatchback modern, mobil buatan Toyota ini memiliki banyak fitur menarik dan canggih. Salah satunya adalah Energy Absorbing Body Structure serta High Strength Body Frame. Maksudnya, mobil hatchback Yaris ini dibuat dengan material yang kuat serta didesain dengan model perisai agar pengemudi dan penumpang lebih aman. Pada bagian kabin, mobil ini juga memiliki fitur dual SRS airbags yang terdapat di semua tipe. Kemudian 3 point seatbelt dengan force limiter dan potensioner sangat bermanfaat sebagai pelindung untuk pengemudi dan penumpang.

Di bagian jok, Toyota menambahkan Whishplash Injury Lessening agar kepala terlindung jika terjadi kecelakaan. Ada juga ABS yang merupakan fitur pokok dalam keselamatan. Security System yang dilengkapi Immobilizer Key dan alarm juga terdapat pada mobil Yaris terbaru. Untuk kenyamanan dan hiburan, Toyota memberikan Audio Video Touchscreen untuk media entertainment. Selain itu, ada juga Wi-Fi sebagai koneksi internet. Agar lebih sejuk, AC Double Blower pun ditambahkan. Dengan segala fitur lengkapnya, pengemudi dan penumpang akan merasa nyaman dan senang.


Kelebihan dan Kekurangan Toyota Yaris

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Yaris

Sebagai mobil hatchback model baru, Yaris memiliki banyak kelebihan dan juga kekurangan. Untuk itu, kalian perlu mengetahui keduanya agar bisa menentukan apakah mobil ini cocok untuk kalian atau tidak. Berikut kelebihan dan kekurangna selengkapnya :

Kelebihan Toyota Yaris

Salah satu kelebihan dari Yaris adalah sparepartnya yang mudah didapatkan dan stoknya banyak. Dengan begitu, kalian tidak perlu khawatir jika ingin mengganti sparepart asli Toyota. Selain itu, dibandingkan dengan para pesaingnya Yaris memiliki kabin yang lebih luas sehingga lebih nyaman dan muat lebih banyak. Kemudian, tarikan mesinnya juga cukup responsive. Dengan kapasitas mesin 1.500cc, performanya semakin terasa nyata. Selanjutnya, suspense dari mobil hatchback ini juga terasa empuk jadi pengemudi akan merasa nyaman selama berkendara.

Seperti yang sudah kita bahas di atas, fitur yang diusung Yaris juga sangat lengkap. Ini merupakan salah satu kelebihan dari mobil hatchback ini. Bukan hanya fitur keamanan dan kenyamanan, namun Toyota juga memberikan banyak fitur hiburan pada mobil hatchbacknya ini. dengan begitu, penumpang tidak akan bosan selama berkendara. Desainnya juga sangat modern dan futuristic. Jadi, tampilan mobil ini tidak ketinggalan zaman. Terakhir, harganya masih terjangkau untuk masyarakat Indonesia.


Kekurangan Toyota Yaris

Namun Toyota Yaris juga memiliki beberapa kekurangan. Yang pertama adalah mesin yang digunakan belum menggunakan teknologi Dual VVT-i. Namun performanya tetap mengesankan. Selain itu, kabin yang luas berimbas pada bagasi yang sedikit kurang luas sehingga kurang cocok untuk memuat banyak barang. Kemudian, ground clearancenya juga terlalu rendah. Jadi, kalian harus berhati-hati saat melintasi jalanan bergelombang. Terakhir, meskipun interiornya memiliki berbagai fitur canggih, namun desainnya masih kalah dibanding dengan para rival. Meski begitu, mobil hatchback ini tetap menjadi salah satu idola masyarakat Indonesia.


Kompetitor Toyota Yaris

Sebagai salah satu mobil favorit banyak orang, 2017 Toyota Yaris memiliki banyak kompetitor. Mereka berasal dari brand lain dengan tipe yang sama. Lalu, apa saja saingan dari mobil hatchback ini? Berikut beberapa rival terbaik Yaris yang perlu kalian ketahui:

Honda Jazz

Honda Jazz sangat diminati baik baru maupun seken. Hal ini membuktikan kalau Honda Jazz bahkan lebih unggul dari Yaris. Honda Jazz saat ini dibanderol mulai dari Rp 232.500.000.

Mazda

Selain Honda Jazz, Mazda 2 juga menjadi salah satu pesaing terberat Yaris. Dengan bekal desain, fitur, dan performa yang mengesankan, Mazda 2 dihargai mulai dari Rp 263.3000.000.

Ford Fiesta

Ford Fiesta juga termasuk pesaing dari Yaris. Untuk versi paling rendah, harganya dibanderol mulai dari Rp 200.300.000. Namun tipe tertingginya dihargai mencapai Rp 256.000.000.

KIA Rio

Selanjutnya adalah KIA Rio yang juga cukup menarik minat banyak orang. Harga OTR Jakarnya mulai dari Rp 250.000.000.

Hyundai Accent

Satu lagi, Hyundai Accent juga masuk daftar kompetitor dari Yaris. Meskipun Hyundai sudah tidak memproduksi Hyundai Accent baru, namun Hyundai Accent seken masih banyak dicari, harganya mulai dari Rp 40.000.000 hingga Rp 80.000.000.

SPESIFIKASI TOYOTA YARIS

SPESIFIKASI TOYOTA YARIS

Agar tahu lebih detail tentang mobil hatchback buatan Toyota ini, kalian harus memperhatikan spesifikasi berikut ini, yang meliputi mesin, dimensi, dan juga sarasi. Jadi, kalian bisa mengetahui Yaris dengan lebih detail termasuk performanya.
  • Mesin
    Tipe Mesin : 1 NZ - FE IL 4 Silinder, 16 katup, DOHC, VVT-i
    Kapasitas Silinder : 1497cc
    Tenaga Maksimal : 109 PS / 6.000 rpm
    Torsi Maksimal : 14.4 Nm / 4.200 rpm
  • Dimensi
    P x L x T : 4.115mm x 1.700mm x 1.475mm
    Ground Clearance : 149 mm
    Jarak Poros Roda : 2.550 mm
    Jarak Pijak : 1.470 mm
    Kapasitas Tangki : 42 liter
  • Sasis
    Sistem Kemudi : Electronic Power Steering
    Rem Depan : 14' Disc
    Rem Belakang : Drum
    Rem Tambahan : ABS + EBD
    Ban / Velg : 185 / 60 R15

HARGA TOYOTA YARIS

HARGA TOYOTA YARIS

Ada beberapa tipe yang tersedia untuk Yaris versi terbaru ini. Jadi, harga yang dibanderol juga bermacam-macam tergantung tipenya. Untuk itu, kalian perlu mengetahui harga dari masing-masing tipe yang tersedia:

Yaris Tipe E
Tipe paling dasar ini memiliki fitur Dual SRS airbags, electric outer mirror, 3 adjustable headrest, parking sensor, dan fitur basic lainnya. Dengan ransmisi manual, tipe ini dibanderol mulai dari Rp 227.800.000 sedangkan yang menggunakan transmisi otomatis. Harganya mulai dari Rp 238.600.000.

Yaris Tipe G
Tipe ini memiliki semua fitur di tipe E dan ditambah multi information display, LED high mount stop lamp, dan beberapa fitur hiburan tambahan. Untuk transmisi manual, harganya adalah Rp 236.100.000. sedangkan yang model transmisi otomatis harganya 10 juta lebih mahal. Harga resmi di Jakarta mulai dari Rp 246.100.000.

Yaris TRD S
TRD S adalah tipe tertinggi dari Yaris memiliki semua kelengkapan di tipe G ditambah beberapa fitur seperti daytime running light, smart entry, AC otomatis, stir yang terbuat dari kulit dan memiliki auto switches, dll. Untuk mesin yang menggunakan transmisi manual harganya adalah Rp 258.000.000 transmisi manual harganya mulai dari Rp 258.800.000.

Catatan:
- Harga di atas adalah berdasarkan OTR Jakarta
- Harga di kota lain kemungkinan besar berbeda-beda
- Harga bisa saja berubah sewaktu-waktu

KESIMPULAN

Jika melihat harga Yaris dibandingkan dengan para pesaingnya, harga tersebut masih tergolong kompetitif dan terjangkau untuk banyak masyarakat menengah. Untuk pilihan warna, ada banyak opsi yang bisa dipilih. Mereka adalah Super White, Silver Metallic, Red Mica Metallic, Orange Metallic, Grey Metallic, Frozen Blue Metallic, dan Black Mica. Warna-warna di atas sangat menawan. Kalian bisa memilih sesuai selera dan gaya kalian masing-masing. Untuk performa, tenaganya bisa dilihat di spesifikasi di atas, di mana mobil hatchback ini cukup bertenaga.

Yaris juga bisa digunakan untuk berbagai keperluan seperti bepergian bersama keluarga, sebagai mobil pribadi, atau untuk transportasi sehari-hari. Namun, kurang cocok untuk jalanan yang bergelombang. Mobil ini ideal untuk 4 hingga 5 orang dewasa dan tidak akan terasa sesak karena kabinnya yang didesain cukup luas. Namun, mobil ini kurang cocok untuk liburan lama atau mudik karena kapasitas bagasi yang kurang begitu besar. Jika kalian sering bepergian menggunakan mobil dengan maksimal 4 atau 5 orang, maka Toyota Yaris bisa jadi pilihan yang tepat untuk kalian. Dari review di atas, sudah sangat jelas jika mobil ini sangat bergaya baik luar maupun dalam.




0 komentar