Harga Toyota Fortuner Spesifikasi & Review Februari 2018


Advertisement
Pertama kali, Toyota Fortuner diperkenalkan pada tahun 2005. Tak lama kemudian, mobil SUV ini menjelma menjadi salah satu kendaraan paling banyak diminati, termasuk di Indonesia. Kini, Fortuner masuk dalam salah satu high SUV bahkan bersaing dengan mobil sport seperti Pajero. Yang pasti, mobil SUV ini semakin menunjukkan kebolehannya dan menarik lebih banyak pelanggan. Untuk itu, sangat penting jika kita melihat spesifikasi dan juga review selengkapnya dari mobil ini. Tak perlu berlama-lama lagi, mari kita simak ulasannya berikut ini.

Interior Toyota Fortuner

Interior Toyota Fortuner

Mari kita bedah spesifikasi mobil SUV buatan Toyota ini dari interiornya terlebih dahulu. Untuk versi terbaru, Fortuner membuat interiornya lebih segar. Pada bagian dashboard, tampilannya jauh lebih mewah karena material dan penataan berkualitas. Sentuhan aksen kayu juga menambah kesan eksklusif pada dashboardnya. Untuk kabin, warna gelap membuatnya tampak elegan. Dipadukan dengan berbagai instrument panel, mobil SUV ini semakin terlihat modern. Di bagian setir kemudi, beberapa fitur juga disematkan seperti paddle shift, rear diff lock, eco/power mode, dan steering switch.

Selanjutnya, Toyota juga menawarkan konsol meter baru dengan ukuran 4,2 inci TFT color yang bisa menampilkan berbagai informasi melalui MID secara informative. Namun fitur ini hanya terdapat pada tipe tertentu. Pada bagian jok mobil, pengupgradean juga dilakukan dengan memberikan material kulit kualitas tinggi secara menyeluruh. Selain itu, jok model ISOFIX juga diberikan agar semakin nyaman. Ditambah lagi, sabuk pengaman juga tersedia di semua jok. Bagasi mobil ini juga cukup luas sehingga bisa membawa banyak bawang bawaan.

Eksterior Toyota Fortuner

Eksterior Toyota Fortuner

Membahas desain Toyota Fortuner tak bisa lepas dari eksterior. Dengan banyak perubahan, Fortuner tampil lebih menawan dengan konsep stylish dan percaya diri. Dengan konsep barunya, kendaraan SUV dari Toyota ini semakin tampak berkelas dan juga modern. Salah satunya dapat dilihat dari lekuk body serta grill yang baru. Ditambah lagi lampu kabut yang memiliki desain elegan, Fortuner memang semakin menarik perhatian para pembeli.

Di bagian lampu depan, teknologi Bi-Beam Hi Tech LED Projector terlihat sangat gagah. Dengan teknologi DREL & Auto Laveling, lampu depan tidak akan menyilaukan mata. Grill baru juga membuatnya lebih garang dan foglamp yang besar membuatnya semakin agresif. Di bagian samping, model kaca yang menyempit ke belakang membuatnya tampak lebih maskulin. Pada bagian belakang, LED taillight baru juga semakin bergaya. Secara keseluruhan, konsep baru diusung Fortuner memang membuatnya terlihat lebih stylish dan percaya diri.


Fitur Toyota Fortuner

Fortuner bisa dibilang selangkah lebih maju karena berbagai fitur dimilikinya, sedangkan beberapa fitur belum dimiliki para pesaingnya. Salah satu fitur menarik yang dimiliki adalah sistem audio 8 inci yang sangat menarik dan berguna. Selain itu, Mirror Cast, Navigation dan Toyota Move juga sudah ditambahkan pada mobil SUV baru milik Toyota ini. Dengan Mirror Cast, Fortuner bisa menampilkan display layar smartphone di layar head unit. Tentu saja ini merupakan fitur hiburan membuat para penumpang semakin enjoy.

Lalu, ada Auto AC yang dapat dikendalikan dengan control digital dari kursi ke-2. Fitur Air Gesture serta jok elektrik juga sudah ditambahkan. Kemudian, layar monitor tambahan di plafon untuk penumpang baris ke-2 juga sudah ditambahkan untuk tipe VRZ dan SRZ. Di kursi baris ke-2, ada juga socket bisa digunakan untuk mengisi daya smartphone kalian. Berbagai fitur keselamatan juga dipasang seperti airbags dan jok tempat bayi. Untuk sistem pengereman, ABS dan EBD sudah diberikan. Kemudian, A-TRC, EBS, Stability Control, lampu hazard otomatis, sensor parking, dan berbagai fitur penting lainnya juga sudah tersedia. Jadi, bisa dibilang kalau fitur Toyota Fortuner sangat lengkap.

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Fortuner

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Fortuner

Sebagai konsumen, sudah sepantasnya kalian semua tahu kelebihan dan kekurangan dari Fortuner. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangannya, kalian bisa mempertimbangkan dan menentukan apakah mobil SUV ini cocok untuk kalian atau tidak. Berikut ulasan selengkapnya:

Kelebihan Toyota Fortuner

Salah satu kelebihan kendaraan SUV milik Toyota ini adalah desain atau body nya yang gagah. Jadi, mobil ini sangat cocok untuk siapa saja baik kalangan muda ataupun tua. Garasi anda akan terlihat mewah dengan Fortuner terbaru ini. Selain itu, sparepart serta juga aksesoriesnya mudah didapatkan karena stok melimpah. Dibandingkan dengan sparepart SUV lain, sparepart Fortuner tergolong cukup murah. Kemudian, ada beberapa tipe yang bisa kalian pilih sehingga kalian bisa menyesuaikan dengan budget yang ada.

Kekurangan Toyota Fortuner

Meskipun punya banyak kelebihan, Fortuner tak luput dari kekurangan. Salah satu yang paling sering dibahas adalah kaki-kaki atau suspense. Termasuk kelemahan karena bantingannya agak keras. Namun, hal ini bisa diatasi dengan cara mengganti bagian per keong Fortuner dengan yang lebih kecil ketebalannya. Satu lagi, kekurangan yang perlu diperhatikan adalah AC di bagian belakang yang nampaknya kurang dingin. Hal ini berdampak pada penumpang di kursi baris ke-3 yang mungkin sedikit kegerahan jika cuaca sedang panas.

Kompetitor Toyota Fortuner

Ada setidaknya 5 kompetitor yang patut diperhitungkan oleh Toyota Fortuner. Siapa saja mereka serta apa yang mereka tawarkan? Mari kita bandingkan spesifikasi serta harganya masing-masing sehingga tahu mana yang lebih baik.

Ford Endeavour

Ini adalah salah satu penantang serius Fortuner. Dengan mesin 5 silinder serta volume 3.198cc, mobil SUV ini bisa mengeluarkan 200 tenaga kuda pada 3.000 rpm. Selain itu, torsi maksimalnya mencapai 470 Nm pada 2.500 rpm. Mesin yang powerful dipadukan dengan transmisi 6 percepatan otomatis. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 517.700.000.

Chevrolet Trailblazer

Yang kedua adalah Chevy Trailblazer. Mobil SUV ini menggunakan mesin 4 silinder dengan volume 2.776cc. Tenaga maksimalnya mencapai 200 tenaga kuda serta torsi hingga 500 Nm dengan transmisi 6 percepatan otomatis. Harganya mulai dari Rp 430.000.000.

Mitsubishi Pajero Sport

Dengan mesin 4 silinder serta volume 2.477cc, Pajero Sport yang digemari kalangan anak muda ini bisa menghasilkan hingga 178 tenaga kuda serta torsi 350 Nm untuk 2WD atau 400 Nm untuk AWD. Mesin yang digunakan digabungkan dengan transmisi 5 percepatan manual untuk 4WD serta otomatis untuk 2WD. Harganya mulai dari Rp 458.000.000.

Skoda Kodiaq

Mobil dengan volume silinder mesin 1.998cc ini bisa menghasilkan hingga 187 tenaga kuda dan juga torsi 400 Nm. Transmisi yang digunakan adalah 7 percepatan otomatis dengan sistem AWD. Harga terendahnya mulai dari Rp 495.150.000.

Volkswagen Tiguanq

Satu lagi, ada Volkswagen Tiguan yang juga merupakan salah satu pesain terberat Fortuner. Dengan mesin volume silinder 1.968cc, mobil ini bisa menghasilkan 141 tenaga kuda serta torsi 340 Nm. Dengan transmisi 7 percepatan otomatis, mobil ini mampu mengkover hingga 17,06 km per liter. Harganya mulai dari Rp 590.000.000.

SPESIFIKASI TOYOTA FORTUNER

SPESIFIKASI TOYOTA FORTUNER

Setelah mengetahui spesifikasi dari para kompetitor, mari kita bandingkan dengan Fortuner dari Toyota ini. Dengan mengetahui spesifikasi berikut, kalian bisa lebih mudah membandingkannya. Berikut adalah spesifikasi mengenai mesin, sasis dan dimensi:
  • Mesin
    Tipe Mesin : Diesel 2.4 liter VNT (tipe G dan VRZ)
    Gasoline 2.7 liter Dual VVT-I (tipe SRZ)
    Isi Silinder : 2.393cc (tipe G dan VRZ), 2.694cc (tipe SRZ)
    Daya Maksimum : 149,6 PS (tipe G dan VRZ), 163 PS (tipe SRZ)
    Torsi Masksimum : 40,8 kg (tipe G dan VRZ), 24,7 kg (tipe SRZ)
    Bahan Bakar : Diesel (tipe G dan VRZ), Bensin tanpa timbal (tipe SRZ)
    Kapasitas Tangki : 80 liter
  • Sasis
    Transmisi : Manual 6 tingkat kecepatan (tipe 2.4 G M/T), otomatis 6 tingkat kecepatan (tipe lainnya)
    Suspensi Depan : Double Wishbone dengan Koil Spring dan Stabilizer
    Suspensi Belakang : 4 Link dengan Lateral Rod
    Rem Depan : 17” Ventilated Disc Brake
    Rem Belakang : Tromol dengan Leading Trailing
    Sistem Rem Tambahan : ABS +EBD
  • DImensi
    P x L x T : 4.795mm x 1.855 x 1.835mm
    Jarak Poros Roda : 2.745 mm
    Jarak Pijak : 1.545 mm

HARGA TOYOTA FORTUNER

HARGA TOYOTA FORTUNER

Ada 3 tipe dari Fortuner yaitu tipe G, tipe VRZ dan tipe SRZ. Tipe G dan VRZ dibagi menjadi masing-masing 3 dan 2 varian. Jadi, harga dari mobil SUV ini tergantung tipenya. Harga berikut adalah berdasarkan OTR Jakarta. Jadi, harga di wilayah lain mungkin saja berbeda.

Fortuner Tipe 2.4 G M/T
Tipe G adalah yang paling dasar yang mana belum memiliki LED headlamp dan Welcome Light & Smart Entry. Namun, tipe ini tetap dilengkapi Easy Close Back Door, Back Sensor, & Corner Sensor. Dengan transmisi manual, harga yang ditawarkan mulai dari Rp 442.000.000.

Fortuner Tipe 2.4 G A/T
Tipe ini juga sama dengan tipe pertama. Perbedaannya hanya terletak pada transmisi mesinnya, yang mana tipe ini sudah menggunakan transmisi otomatis. Tipe ini juga masuk model 4x2. Harganya mulai dari Rp 460.000.000

Fortuner Tipe 2.4 G 4x4 A/T
Untuk masalah fitur, semuanya sama dengan tipe 2.4 G A/T. Yang membedakan adalah desain atau model mobilnya, yang mana ini merupakan mobil model 4x4 SUV. Harga yang ditawarkan mulai dari 557.000.000.

Fortuner Tipe 2.4 VRZ A/T
Tipe ini sudah dilengkapi LED Projector, Auto Laveling, LED DRL, Bi-Beam, Follow me Home, dan Auto Lamp. Selain itu, fog lamp dan Welcome Light juga sudah tersedia. Ini adalah model 4x2 SUV. Harganya mulai dari Rp 494.000.000.

Fortuner Tipe 2.4 VRZ 4x4 A/T
Memiliki fitur sama dengan tipe 2.4 VRZ A/T, namun tipe ini memiliki desain / model 4x4 SUV. Sayangnya, harga yang ditawarkan belum dikonfirmasi.

Fortuner 2.7 SRZ A/T
Ini adalah tipe tertinggi. Fiturnya yang paling lengkap termasuk antena sirip hiu, Welcome Light, Rear Parking Camera, Power Back Door, dan LED illumination. Namun tipe ini hanya tersedia mesin bensin saja. Harganya mulai dari Rp 509.100.000.

KESIMPULAN

Dari review dan spesifikasi di atas, bisa kita lihat kalau harganya yang kompetitif, tenaganya yang besar, jumlah penumpang yang bisa mencapai 7 orang, dan 6 pilihan warna yang bermacam-macam membuat mobil SUV ini cocok untuk berbagai keperluan. Toyota Fortuner bisa digunakan untuk mobil keluarga, keperluan sehari-hari, maupun perjalanan jauh dengan segala macam medan jalanan.



0 komentar