Harga Toyota Avanza Spesifikasi & Review Februari 2018


Advertisement
 Toyota Avanza dikenal sebagai mobil sejuta umat. Bagaimana tidak, mobil ini bisa kita temui ratusan kali di jalanan, khususnya di Indonesia. Avanza memang menjadi mobil unggulan dari Toyota saat ini. Toyota juga tak pernah kehilangan ide agar para pelanggannya tidak pergi. Dibandingkan denga mobil lainnya, memang Avanza terlihat mewah namun harganya terjangkau. Fiturnya pun juga lengkap dan kenyamanannya sempurna. Tak heran Avanza menjadi mobil paling digemari nomor 1 di Indonesia. Untuk itu, sangat menarik untuk mengulas lebih jauh tentang mobil sejuta umat ini. Marik kita bahas review selengkapnya di sini.

Interior Toyota Avanza

Interior Toyota Avanza

Salah satu perubahan yang bisa kita lihat dari mobil ini adalah pada ruang kabin. Selain itu, desain lingkar kemudinya juga diperbarui. Kemudian, penambahan kontrol AC juga menjadi daya tarik tersendiri. Untuk warna, mobil Avanza terbaru memiliki warna yang lebih modern dan elegan. Perubahan warna di kabin menjadi lebih menarik dengan warna black gloss yang disesuaikan dengan model terkini. Dengan perubahan ini, Avanza menjadi terlihat lebih berkelas dan tidak kalah dibanding dengan mobil-mobil lainnya yang harganya lebih mahal.

Eksterior Toyota Avanza

Eksterior Toyota Avanza

Desain Toyota Avanza berubah dari waktu ke waktu. Setidaknya hal tersebut bisa kita lihat dalam 10 tahun terakhir. Dulunya, produk Toyota tidak terlalu mementingkan desain dan lebih memprioritaskan fungsi. Namun sekarang Avanza menjadi salah satu mobil SUV yang paling stylish. Pembaruan desain bagian eksterior bisa dilihat dari beberapa bagian seperti grill yang lebih besar, velg yang lebih sporty dengan 2 warna berbeda yaitu hitam dan alumunium. Jadi, bisa dikatakan kalau Avanza selalu datang dengat tampilah yang lebih modern dan fresh dari tahun ke tahun, baik pada bagian eksterior maupun interior.

Fitur Toyota Avanza

Selain desain yang menarik, Avanza juga memiliki fitur yang lengkap, dari mulai fitur kenyamanan, keamanan hingga hiburan. Sebagai fitur kenyamanan serta hiburan, mobil ini dibekali dengan audio entertainment yang baru sehingga kalian tidak akan bosan selama berkendara menggunakan mobil SUV buatan Toyota ini. Selain itu, ada juga fitur One Touch Tumble di kursi baris ke-2. Fungsi dari fitur ini adalah agar posisi kursi bisa diatur dengan lebih mudah. Kemudian, teknologi Cabin Quitness juga menjadi salah satu fitur unggulan dari Avanza karena membuat kabin lebih senyap dan tidak terganggu dengan kebisingan dari luar mobil.

Untuk fitur keamanan, model terbaru dibekali dengan 3 points seat belt yang ada di kursi baris ke-2. Jadi, semua penumpang menjadi lebih aman dalam berkendara. Bahkan, mobil ini juga memiliki fitur Pretensioner & Force Limiter yang bisa meminimalisir cidera fatal jika terjadi benturan yang keras. Tak lupa SRS airbags sebagai salah satu fitur keamanan yang paling penting juga ditambahkan sehingga keselamatan penumpang lebih terjaga. Untuk membuat mobil semakin sempurna, Toyota juga membekali fitur immobilizer key dan ISOFIX. 2 fitur ini termasuk standar keamanan internasional dalam pemasangan child seat.

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Avanza

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Avanza

Karena banyaknya orang yang memiliki mobil Avanza ini serta lakunya yang luar biasa di pasaran, tentu kalian ingin tahu apasa saja yang menjadi kelebihan dan juga kekurangan dari mobil SUV milik Toyota ini. Berikut merupakan beberapa kelebihan dan kekurangan Avanza yang perlu kalian ketahui.

Kelebihan Toyota Avanza

Mulai dari kelebihannya, produk andalan toypta terkenal memiliki desain yang elegan dan stylish. Maka tak heran mobil ini sangat bergaya untuk digunakan semua kalangan. Selain desainnya yang menarik, juga dikenal irit. Mesinnya yang bertenaga dipadukan dengan keiritan bahan bakar menjadi faktor penting dibalik banyaknya pengguna Avanza. Kemudian, juga memiliki harga jual yang stabil. Karena peminatnya yang terus bertambah, kalian tak akan kesulitan jika suatu saat ingin menjualnya kembali. Harganya pun tak akan anjlok. Terakhir, sparepart mobil ini juga bisa didapat dengan mudah. Bahkan harganya juga sangat terjangkau dan tidak membuat kantong kosong.

Kekurangan Toyota Avanza

Meskipun memiliki banyak kelebihan, Avanza bukanlah mobil sempurna karena tetap memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya adalah bila dalam kecepatan tinggi maka akan limbung. Jadi, sebaiknya kalian mengendarai mobil ini dengan kecepatan standar saja. Selain masalah kestabilan, aki digunakan dalam mobil ini juga sering terjadi masalah. Namun, kasus serupa sudah sangat jarang dialami oleh pengguna Avanza mobel terbaru. Mungkin karena Toyota telah memperbaiki kualitas aki yang digunakan. Satu lagi, mobil SUV ini memiliki sirip ventilasi yang mudah pudar. Namun, kalian bisa menggunakan semir sepatu hitam agar warnanya kembali seperti baru lagi.

Kompetitor Toyota Avanza

Kenapa kalian harus memilih Avanza sedangkan ada banyak kompetitor juga tak kalah hebatnya? Itulah kenapa kalian harus mengetahui spesifikasi Avanza secara lebih detail. Ada beberapa mobil keren yang menjadi saingan Avanza, baik dari brand lain maupun dari produk Toyota. Ini adalah 2 pesaing terberat Avanza yang ada di pasaran saat ini:

Honda Mobilio

Honda Mobilio menjadi salah satu kompetitor paling hebat dari Toyota Avanza. DIlihat dari desainnya, mobil ini juga terlihat modern dan stylish. Namun hargnaya sedikit lebih mahal dari Avanza. Honda Mobilio dibanderol mulai dari 189,5 juta hingga 245,5 juta rupiah, tergantung model dipilih.

Toyota Calya

Datang dari perusahaan sama, Toyota Calya menjadi pesaing Avanza sebagai mobil SUV di pasaran saat ini. Meskipun tak selaku Avanza, Toyota Calya tetap menjadi pesaing berat yang sangat menarik dalam banyak hal. Selain desainnya terlihat agresif dan kuat, Toyota Calya juga lebih murah karena harga ditawarkan dimulai dari 135,1 juta hingga paling tinggi hanya 152,65 juta rupiah. Namun, sepertinya harga lebih murah tetap belum mampu membuatnya menggusur eksistensi Avanza.

Nissan Grand Livina

ketiga adalah Nissan Grand Livina. Dengan desain lebih mewah, tentu saja mobil ini memiliki daya tarik lebih. Namun harganya juga lebih mahal. Untuk membeli mobil ini, tipe terenda dibanderol mulai dari 236,3 juta rupiah.

Suzuki Ertiga

Penjualan Suzuki Ertiga juga sangat pesat hingga saat ini. Itulah kenapa Ertiga menjadi salah satu pesaing terberat dari avanza. Untuk harga, tipe paling rendah dibanderol mulai dari senilai
184 juta rupiah.

Chevrolet Spin

Ada lagi Chevrolet Spin yang harganya lebih murah. Model paling dasar dari Chevrolet Spin dibanderol mulai dari 148 juta rupiah saja. Untuk specs atas harganya hampir sama dengan avanza dan menjadi saingan berat.

SPESIFIKASI TOYOTA AVANZA

SPESIFIKASI TOYOTA AVANZA

Kini, saatnya kita membahas hal yang paling penting dari pembahasan ini yaitu spesifikasi lengkap dari Avanza, meliputi mesin Toyota Avanza, dimensi, dan sasis. Untuk spesifikasi lengkapnya, kalian bisa lihat berikut ini:
  • Mesin
    Tipe Mesin : Dual VVT-I, DOHC, 16 Valve, 4 Silinder, IL
    Isi Silinder : 1.329 cc
    Daya Maksimal : 95,5 PS pada 6.000 rpm
    Torsi Maksimal : 12,3 pada 4.200 rpm
    Sistem Bahan Bakar : EFI
    Bahan Bakar : Bensin
    Kapasitas Tangki : 45 liter
  • Dimensi
    P x L x T : 4.190mm x 1.660mm x 1.695mm
    Jarak Pijak Depan : 1.425 mm
    Jarak Pijak Belakang : 1.435 mm
    Jarak Poros Roda : 2.655 mm
    Jarak Terendah : 200 mm
  • Sasis
    Transmisi : 4-speed transmisi otomatis (transmisi manual tersedia untuk tipe G/E)
    Suspense Depan : Macpheron Strut with Coil Spring
    Suspensi Belakang : 4-Link Lateral Rod with Coil Spring
    Rem Depan : Disc
    Rem Belakang : Drum
    Steering Gear : Electronic Power Steering & Tilt Steering, Rock & Pinion
    Ukuran Ban : 185/70 R14

HARGA TOYOTA AVANZA

HARGA TOYOTA AVANZA

Setelah mengetahui desain, fitur dan spesifikasi lengkap dari Avanza, kalian juga perlu tahu tentang harga yang ditawarkan. Sehingga, jika kalian tertarik untuk membelinya, kalian sudah tahu berapa uang yang harus dipersiapkan. Karena ada beberapa varian tersedia, maka harganya juga berbeda-beda sesuai dengan varian tersebut. Untuk lebih jelasnya, silahkan perhatikan harga-harga Avanza menurut OTR Jakarta ini. Jadi, kami tidak menjamin kalau harga di daerah lain akan sama.

Tipe E 1.3 M/T
Ini adalah tipe pertama dari produk Toyota ini. Sebagai tipe dasar, mobil ini memiliki harga paling murah yaitu mulai dari 184,2 juta rupiah. Tipe ini memiliki 7 kursi, 1.329 cc silinder mesin, dan 92 tenaga kuda.

Tipe E 1.3 A/T
Tipe kedua ini memiliki spesifikasi mirip dengan tipe pertama dalam banyak hal. Namun ada beberapa fitur yang membuatnya lebih mahal. Salah satunya adalah transmisi yang digunakan, yaitu menggunakan transmisi otomatis. Harga yang ditawarkan mulai dari 195,4 juta rupiah.

Tipe G 1.3 A/T
Berbeda lagi dengan tipe ini. Tipe G memang lebih mahal dari pada tipe E. Dibanding dengan tipe di atas, tipe ini memiliki fitur lebih lengkap. Harga ditawarkan mulai dari 213 juta rupiah.

Tipe G 1.3 M/T
Karena tipe ini menggunaka transmisi manual, maka harganya sedikit lebih murah dari tipe sebelumnya. Kalian bisa membelinya dengan harga mulai dari 202,3 juta rupiah saja di pasaran harga OTR Jakarta.

Tipe G 1.5 M/T
Ini merupakan tipe paling tinggi yang dimiliki oleh mobil ini. Dibanding dengan tipe G lainnya, tipe ini memiliki daya lebih kuat yaitu hingga 103 tenaga kuda. Tak heran jika haerganya juga paling mahal, yaitu mulai dari 214,6 juta rupiah.

Note: Harga bisa berubah sewaktu-waktu.

OVERVIEW

Jika kita melihat harga yang sudah dijelaskan di atas, harga tersebut sangat teerjangkau di Indonesia. Terbukti mobil ini menjadi mobil paling menjamur di hampir semua wilayah di Indonesia. Jadi, bisa dikatakan kalau mobil ini cocok untuk siapa saja. Itulah kenapa Avanza bahkan disebut sebagai mobil sejuta umat. Untuk pilihan warnanya, ada 8 macam yang bisa kalian pilih. Pilihan warna tersebut meliputi Beige Metallic, Dark Brown Mica Metallic, Dark Red Mica Metallic, Grey Metallic, Mebula Blue, Metallic Black, dan Silver Metallic. Banyaknya pilihan warna membuat kalian bisa dengan mudah memilih mana warna yang kalian sukai.

Dari penjelasa di atas, kita juga bisa melihat bahwa Avanza memiliki daya yang cukup bagus. Untuk besaran dayanya, dibedakan menjadi 2 macam yaitu 92 tenaga kuda dan 103 tenaga kuda. Mempertimbangkan daya dan performa lainnya, Avanza sangat cocok untuk penggunaan sehari-hari seperti berangkat kerja, antar jemput anak sekolah, ataupun berlibur. Jadi, penggunaannya sangat fleksibel. Kapasitas yang ditawarkan juga sangat ideal di mana mobil SUV ini bisa menampung hingga 7 penumpang. Para penumpang bisa dengan nyama duduk dalam mobil ini. Dengan jumlah penumpang 7 orang, Toyota Avanza sangat ideal digunakan sebagai mobil keluarga yang nyaman dan aman.



0 komentar