Harga Toyota 86 Spesifikasi & Review Februari 2018


Advertisement
 Jika kalian ingin memiliki mobil sport, ada banyak sekali pilihan. Mobil sport terkenal dengan harganya yang selangit. Namun tak semua harganya lebih dari 1 Milyar. Jika kalian ingin membeli mobil ini dengan harga kurang dari 1 Milyar, Toyota 86 adalah pilihan terbaiknya. Mobil ini disebut-sebut sebagai salah satu mobil sport paling murah yang ada di Indonesia. Sebenarnya ada beberapa yang harganya di bawah 1 Milyar. Namun mereka masih kalah kelas jika dibanding dengan mobil buatan Toyota ini. Agar tahu lebih detail tentang mobil ini, sebaiknya mari kita simak review dan spesifikasi lengkapnya berikut.

Interior Toyota 86

Interior Toyota 86

Mulai dari interior, mobil sport ini mempunyai jok yang sangat nyaman, bisa dikatakan terbaik kualitasnya sehingga pengemudi dan penumpang bisa dengan nyaman duduk saat berkendara, termasuk saat jalan menikung sekalipun. Yang membuat interior mobil ini mengesankan adalah perlengkapan ditempatkan dengan ergonomis di atas dashboard sehingga kalian bisa mengakses semua tombol pemindah gigi sangat canggih dan berkualitas. Selain itu, Toyota 86 terbaru juga dilengkapi dengan display layar sentuh serta mendukung input USB, radio satelit dan Aux.

Kemudian, meskipun roda kemudi tidak mempunyai control audio dan desainnya sangat standard dan mendasar, namun sudut pemasangan terhadap posisi pengemudi membuatnya terlihat bagus. Mobil ini memiliki kursi belakang yang tidak terlalu nyaman. Biasanya orang-orang lebih memilih menggunakannya untuk menaruh barang-barang kecil khususnya jika bagasi sudah penuh. Secara keseluruhan, interiorya cukup bagus dan tak kalah sporty dengan sisi eksteriornya.

Eksterior Toyota 86

Eksterior Toyota 86

Pada bagian luar, body dari mobil Toyota ini sangat terlihat sporty dengan ukuran ideal. Mobil ini didesain agar bisa bermanuver dengan sempurna sehingga pengemudi dan penumpang merasa nyaman kapan saja. Selain itu, mobil ini juga dibekali dengan sasis khusus didesain agar kenyamanan lebih maksimal dan juga menjamin kestabilan handling terutama saat dibawa melaju dengan kecepatan tinggi. Sekedar informasi, mobil ini memiliki sistem transmisi dengan enam percepatan otomatis dan manual. Yang jelas, mobil ini terlihat sporty dari depan, samping, hingga belakang.

Fitur Toyota 86

Sebagai mobil, Toyota pasti sudah mempersiapkan segala dibutuhkan agar mobil ini nyaman dan aman. Untuk itu, kalian harus mengetahui fitur-fitur Toyota 86. Dengan kualitas bahan bagus, mobil ini tentu saja memiliki kenyamanan yang sudah tidak diragukan lagi. Meskipun ada beberapa fitur hiburan, namun hal tersebut tidak terlalu ditonjolkan. Mobil sport memang lebih fokus pada fitur keamanan untuk mengimbangi performanya luar biasa.

Salah satu fitur keamanan atau keselamatan bisa ditemukan dalam mobil Toyota ini adalah sistem pengereman ABS. Fitur ini tersedia di semua roda dan berfungsi untuk mengerem otomatis saat dibutuhkan. Selain pengereman ABS, fitur-fitur keamanan lain juga ditambahkan seperti Vehicle Stability Control untuk menjaga kestabilan saat berkecepatan tinggi, Traction Control untuk mengontrol traksi, Brake Assist untuk memaksimalkan pengereman, dan Electronic Brake Distribution.

Selain pada bagian pengereman, fitur keamanan juga banyak ditambahkan dalam interior mobil sport ini. Misalnya adalah airbag dipasang di bagian depan dan samping sehingga bisa melindungi pengemudi dan juga penumpang jika terjadi benturan atau tabrakan. Kemudian, sabuk pengaman berteknologi force militer limiter juga dipasangkan agar semua pengemudi dan penumpang lebih aman selama berkendara. Lalu ada lagi kursi spesial yang didesain khusus untuk anak kecil. Satu lagi, mobil ini juga dibekali remote control spesial berteknologi Immobiliser yang bisa digunakan untuk membuka pintu mobil dengan mudah.

Kelebihan dan Kekurangan Toyota 86

Kelebihan dan Kekurangan Toyota 86

Ada banyak kelebihan dan juga kekurangan dari mobil sport buatan Toyota ini. namun, ada juga beberapa kelemahan yang harus kalian ketahui. Untuk kelebihan dan kelemahan selengkapnya, mari kita simak ulasannya berikut ini:

Kelebihan Toyota 86

Salah satu kelebihannya adalah performa mesin yang sangat handal. Tidak diragukan lagi, semua mobil sport pastinya dilengkapi dengan mesin hebat, termasuk buatan Toyota ini. Selain itu, desainnya juga sangat sporty, terutama desain eskteriornya. Meskipun begitu, desain interiornya juga tak kalah sporty dan juga modern. Kemudian, material digunakan juga berkualitas tinggi, terutama pada bagian interior. Jadi, bukan hanya elegant tetapi juga nyaman saat dikendarai. Lalu, fiturnya juga sangat lengkap khususnya fitur keamanan dan keselamatan karena performanya yang hebat dan cepat. Terakhir, meskipun harganya mahal, namun sebagai mobil sport Toyota telah menawarkan harga yang cukup terjangkau jika dibanding dengan kompetitornya. Bahkan dengan harga yang kurang dari 1 Milyard, mobil ini memiliki segalanya selayaknya mobil sport dengan harga di atas 1 Milyard.

Kelemahan Toyota 86

Meskipun begitu, ada beberapa kelemahan dari mobil buatan Toyota ini. Harganya yang cukup terjangkau berbanding terbalik dengan sparepart dan juga perawatan yang mahal. Toyota memang dikenal dengan memiliki sparepart mahal namun kualitasnya sudah terjamin bagus. Jadi tak ada salahnya mengeluarkan dana lebih demi perawatan maksimal. Selain itu, pajaknya juga cukup tinggi. Namun seluruh kendaraan sport juga seperti itu. Terakhir, lampu sein samping desainnya kurang bagus dan tidak tampak. Namun secara keseluruhan Toyota 86 tetap menjadi pilihan terbaik dalam dunia mobil sport harga murah.

Kompetitor Toyota 86

Tentu saja kendaraan sport buatan Toyota ini tidak sendirian. Ada banyak kompetitor yang siap bersaing di pasaran. Setidaknya ada 5 kompetitor yang harus kalian tahu. Berikut adalah kompetitor selengkapnya yang dan mari kita bandingkan satu per satu:

Honda S2000 Modulo Climax

Salah satu pesaing dari 86 berasal dari Honda yaitu S2000 Modulo Climax. Dengan model convertible, mobil sport ini tak kalah secara desain dan performa dari 86. Harganya dibanderol mulai dari sekitar 600 an juta rupiah.

Mazda MX 5

Kemudian ada juga Mazda MX 5 yang datang dengan 1.999cc. desainnya sungguh sporty dan futuristic. Performanya juga tak perlu diragukan lagi. Jika kalian tertarik, harganya mulai dari Rp 590.000.000 untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Fiat 124

Fiat juga tak mau kalah. Mereka mengeluarkan kendaraan sport dengan harga murah bahkan tak sampai 500 juta. Meskipun harganya kurang dari 400 juta rupiah, namun desain, fitur dan performanya luar biasa.

Subaru BRZ

Sekilas, desain kendaraan sport Subaru BRZ ini sangat mirip dengan 86 buatan Toyota. Namun ada beberapa perbedaan dalam spesifikasinya. Harganya adalah Rp 688.000.000 untuk tipe mesin transmisi otomatis sedangkan yang manual dibanderol seharga Rp 588.000.000.

Audi TT

Dibanding dengan para kompetitor lainnya, Audi TT memang paling mahal karena harganya yang hampir 1,5 Milyar. Namun mobil sport ini juga termasuk salah satu pesaing 86 dari Toyota. Selain cepat dan kuat, mobil ini juga cukup hemat bahan bakar.

SPESIFIKASI TOYOTA 86

SPESIFIKASI TOYOTA 86

Tak lengkap rasanya jika kita tak membahas tentang spesifikasi dari kendaraan sport milik Toyota ini. Spesifikasi ini akan fokus pada bagian mesin, dimensi dan rangka. Dari sini, kita akan melihat mobil ini secara detail.

  • Mesin
    Tipe Mesin : DOHC, 4 Silinder, Boxer
    Isi Silinder : 1.998cc
    Daya Maksimum : 200 PS / 7.000 rpm
    Torsi Maksimum : 20.9 kg-m / 6.000 rpm
    Transmisi : Manual / Otomatis
  • Dimensi
    P x L x T : 4.240mm x 1.775mm x 1.320mm
    Jarak Pijakan Deapn : 1.520 mm
    Jarak Pijakan Belakang : 1.540 mm
    Jarak Sumbu : 2.570 mm
  • Rangka
    Sistem Kemudi : Elektrik
    Rem Depan : Ventilated Disc
    Rem Belakang : Ventilated Discl
    Suspensi Depan : McPherson Strut
    Suspensi Belakang : Double Wishbone
    Ukuran Ban : 215 / 45 / R17
    Tipe Velg : Aluminium Wheel

HARGA TOYOTA 86


Sebagai mobil sport yang murah, 86 milik Toyota ini memiliki 3 jenis tipe yang berbeda. Yang pertama adalah tipe standard, yang kedua adalah aero, dan yang ketiga adalah TRD. Ketiganya memiliki harga dan fitur yang berbeda-beda. Untuk selengkapnya, mari kita simak ulasan singkatnya berikut ini:

Toyota 86 Tipe Standard M/T
Ini adalah tipe paling rendah. Namun, semua fitur dasar sudah lengkap seperti ABS, airbags samping & depan, Brake Assist, Traction Control, Immobiliser, Seat belts force limiter, dan Electronic Brake Distribution. Ini adalah satu-satunya tipe yang menggunakan transmisi manual. Harga dari tipe standard ini adalah mulai dari Rp 716.500.000.

Toyota 86 Tipe Aero A/T
Di level menengah, ada tipe Aero. Tipe ini juga hampir semuanya sama dengan tipe standard. Dari segi fitur dan desain semuanya sama. Yang membedakan adalah mesinnya yang menggunakan transmisi otomatis. Karena itu, harganya sedikit lebih mahal yaitu mulai dari Rp 722.900.000.

Toyota 86 Tipe TRD A/T
Ini adalah tipe tertinggi. Mirip dengan tipe Aero, tipe ini menggunakan mesin yang sama dan daya & torsi maksimalnya juga sama. Dari segi sasis juga tidak ada perbedaan antara tipe Aero dengan TRD. Begitu juga dengan eksteriornya, termasuk pilihan warna. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 756.900.000.

Note:
- Itu adalah harga-harga berdasarkan OTR Jakarta dan sekitarnya.
- Harga tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu.
- Harga tersebut tidak berlaku untuk daerah atau wilayah lain sehingga mungkin saja harganya berbeda di wilayah kalian.


KESIMPULAN

Jika dilihat dari review dan spesifikasi di atas, harga mobil sport ini memang cukup terjangkau. Dengan harga yang sudah dijelaskan di atas, 86 merupakan pilihan terbaik yang ada. Warna yang ditawarkan juga sangat bagus yaitu Cristal Black Silica, Dark Gray ME, Galaxy Blue Silica, Lighting Red, Orang ME, dan Sati White Perl. Tenaga yang dikeluarkan bisa mencapai 200 PS / 7.000 rpm dan juga toris sebesar 20.9 kg-m / 6.000 rpm. Untuk penggunaan, mobil sport sangat cocok untuk memenuhi hobi berkendara dengan kecepatan tinggi. Seperti mobil sport pada umumnya, 86 memiliki kapasitas 2 orang dan ada penambahan kursi khusus anak kecil. Dengan pertimbangan semua itu, Toyota 86 sangat cocok untuk kalian khususnya anak muda yang menyukai mobil sport dengan budget murah.





0 komentar