Harga Suzuki Swift Spesifikasi & Review Februari 2018


Advertisement
 Sekarang ini persaingan kendaraan roda empat memang sangatlah ketat, hal tersebut terjadi akibat selera masyarakat dari ke hari yang selalu berubah. Hal itu tentu menyebabkan industri otomotif juga berusaha untuk mengimbangi selera masyarakat dengan melakukan pengeluaran produk baru dengan inovasi terbaru juga. Tetapi ada pula produk-produk yang tetap dipertahankan sebab memiliki daya jual tinggi seperti contohnya Suzuki Swift sebagai mobil hatchback andalan Suzuki. Nah bila penasaran, mari kita tilik bagaimana spesifikasi, review dan harga dari mobil yang menjadi primadona ini.

REVIEW SUZUKI SWIFT

REVIEW SUZUKI SWIFT

Sejak kemunculan pertama mobil besutan Suzuki ini memang sudah banyak mencuri perhatian, memiliki dimensi bodi yang relatif kecil dari mobil lain yang setipe tetapi justru menjadi ciri khasnya. Bahkan disebut-sebut dengan ukuran demikian Suzuki dapat menghadirkan suasana seperti mobil balap. Kini varian All New Suzuki Swift ini datang dengan tampilan luar lebih elegan, sporty serta dinamis. Walaupun tetap mengusung ciri khas berupa dimensinya yang tergolong mungil akan tetapi pesona dari small hatchback ini tidak pernah luntur. Hadir dengan tiga varian berbeda menjadikan mobil ini ikut meramaikan pangsa pasar di sektor mobil hatchback.

Selain memiliki desain eksterior keren dan sangat sporty, mobil ini juga dibekali dengan kapasitas mesin bertenaga serta tangguh untuk menemani anda menempuh berbagai macam medan perjalanan. Dilengkapi pula suspensi-suspensi gahar yang akan menciptakan kenyamanan saat mengendarai meskipun di jalanan yang bergelombang. Pada sektor dalam mobil, Swift dibekali dengan interior berkelas serta kesan mewah. Tak berhenti sampai disitu, pihak Suzuki juga menyematkan aneka teknologi pendukung keselamatan dan keamanan yang begitu komplit. Dengan berbagai macam fitur dan teknologi tersemat dalam mobil City Car ini tentunya anda penasaran bukan dengan spesifikasi dan review detailnya? Berikut ialah ulasannya khusus untuk anda.

Interior Suzuki Swift

Hal pertama yang akan dibahas ialah mengenai interior dari mobil satu ini, ketika masuk ke dalamnya kesan simpel elegan akan langsung kita rasakan. Didominasi oleh warna hitam dengan aksen silver yang sudah barang tentu menciptakan kesan begitu mewah dan maskulin. Bagian dashboard dirancang simpel dengan kehadiran odometer, panel instrumen lengkap juga Multi Information Display. Panel Instrumen terdiri atas High-Grade Meter Cluster serta MID yang kesan sporty begitu menonjol. Pada dashboard terdapat pula MID yang sudah berupa Digital Display dengan berbagai macam fitur seperti halnya indikator jarak tempuh, konsumsi bahan bakar, suhu luar ruang kabin, panel operasional AC, AAE (Advanced Audio Equipment) dan penunjuk waktu.

Masih pada sektor interior, bagian jok mobil masih menerapkan tema simpel tetapi menghadirkan nuansa elegan yang begitu kentara. Dengan maksimal lima orang penumpang, mobil ini coba menghadirkan jok yang nyaman sebab sudah dilengkapi Seat Height Adjuster dan sabuk pengaman. Menggunakan bahan jok berkualitas tinggi, tentu akan menambah tingkat kenyamanan penggunanya ketika melewati begaimanapun medan jalan. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa mobil ini tergolong mungil sehingga wajar saja bila kapasitas bagasi tidak bisa terlalu diandalkan. Meskipun begitu tetap saja mobil ini begitu nyaman dan memberikan kesan tak terlupakan ketika berkendara.

Eksterior Suzuki Swift

Pada sisi eksterior, hatchback mungil besutan Suzuki ini memiliki ukuran tepat dan presisi untuk menciptakan kenyamanan dalam berkendara. Dengan dimensi 3,850 x 1,695 x 1,510 mm menjadikan mobil ini dinobatkan sebagai hatchback modern dengan dimensi yang begitu kompak. Walaupun begitu hal tersebut tidak mempengaruhi performanya, justru dengan bentuk mungilnya Swift dapat menghadirkan akselerasi mantap dari kesempurnaan jarak pijak. Dari segi desain jelas sekali bila Swift mengedepankan konsep sporty, didukung dengan bagian depan berupa headlamp yang berbentuk runcing pada ujung kap mesin. Sementara itu stoplamp didesain cukup stylish dan dinamis dengan garis tegas mengikuti lekuk garis bodi belakang.

Bagian foglampnya juga senada yaitu menampilkan gaya stylish dengan peletakan berada di bawah headlamp bagian kanan dan kiri. Tetapi sedikit berbeda pada varian Sport yang memberikan aksen cover pelindung lampu pada bagian foglamp. Selain itu desain grill bagian depan terlihat sederhana dan terlihat tidak ada perbedaan versi sebelumnya. Beralih pada sisi kanan kiri mobil, kali ini kesan elegan tercipta sebab adanya kombinasi fender dan siluet tegas serta penyertaan karakter huruf U.

Mengusung suspensi kuat berupa MacPherson bagian depan sedangkan bagian belakang menggunakan Torsion Beam yang begitu tangguh dan mantap untuk touring keluar kota. Ditambah lagi dengan velg ukuran 16 inchi berbalut ban ukuran 185/55 yang menambah ketangguhan dalam menghadapi berbagai medan jalan. Sistem pengereman juga sudah didukung jenis rem Ventilated Disc pada bagian depan serta jenis Drum pada bagian belakang. Pada sektor kemudi, terdapat sedikit perbedaan pada ketiga tipe, karena pada tipe Sport mengusung sistem Rack & Pinion sedang pada tipe GS & GX menerapkan sistem kemudi Electric Power Steering. Secara keseluruhan tampilan mobil memang cukup mengesankan dengan tonjolan konsep sporty, elegan dan stylish yang begitu kentara.

Feature Suzuki Swift

Feature Suzuki Swift

Tidak kalah pentingnya untuk dipertimbangkan ialah sektor dapur pacu pada mobil Suzuki tipe Swift ini, dibekali dengan spesifikasi mesin cukup gahar menyebabkannya cukup bertenaga. Seperti yang sudah diketahui bahwa mobil ini terdapat tiga varian sehingga terdapat perbedaan spesifikasi mesin antara varian GX dan GS serta Sport. Pada varian GX dan GS menggunakan sektor dapur pacu berupa mesin jenis K14B DOHC VVT memiliki kapasitas silinder 1,372 cc. Berupa mesin 16 katup 4 silinder segaris dengan hasil tenaga maksimal sebesar 95 PS pada putaran 6000 rpm, torsi yang dihasilkan pun cukup besar yaitu 130 Nm pada putaran 4000 rpm. Beralih pda tipe Sport yang mana disematkan mesin jenis M16A berkapasitas 1,586 cc yang merupakan mesin dengan kapasitas besar di kelasnya. Dapat menyemburkan tenaga maksimal sebesar 160 PS pada 4400 rpm serta besaran torsi maksimal adalah 160 Nm pda 4400 rpm, serta sama-sama memiliki 16 katup 4 silinder segaris.

Pada Suzuki Swift juga disematkan teknologi pintar berupa Multipoint Injection berfungsi untuk penghematan konsumsi bahan bakar. Selain itu adapula fitur-fitur yang akan menunjang keamanan dari mobil hatchback ini. Fitur keamanan tersebut juga tergolong lengkap, diantaranya adalah Dual SRS Airbags, Side Impact Beam, Seatvelt berteknologi ELR juga teknologi pengereman berupa ABS dan EBD yang tentu saja akan menghalangi terjadinya antiselip ban. Fitur keamanan juga telah dilengkapi dengan Immobilizer, Keyless Push Start System juga Keyless Entry System. Untuk mengurangi benturan mobil, disematkanlah fitur body system TECT atau Total Effective Control Technology. Adapula fitur Child Proof Lock di bagian pintu belakang.

Sebagai model paling anyar dari generasi Suzuki Ignis tentunya turut disematkan pula fitur-fitur hiburan untuk menemani perjalanan. Fitur tersebut diantaranya adalah audio system modern dengan adanya USB socket yang terintegrasi dengan digital audio player sebagai sarana untuk memutar musik. Pada setir kemudi juga turut diberikan perhatian dengan adanya audio control dan telescopic steering untuk pengaturan ketinggian kabin setiran. Ditambah dengan kemudahan mengatur posisi kursi pengemudi baik ketinggian maupun posisi senderan kursi sebanyak 24 posisi berbeda. Belum cukup sampai disitu, pengguna masih akan dimanjakan dengan adanya fitur Auto Control Switch dimana fitur ini memungkinkan untuk melakukan penyesuaian suhu secara otomatis sesuai dengan besaran suhu yang diharapkan.

Kelebihan Dan Kekurangan Suzuki Swift

Kelebihan Dan Kekurangan Suzuki Swift

Didasarkan dari berbagai fitur dan spesifikasi di atas, mobil ini memiliki beberapa kelebihan diantaranya adalah kemampuan mesin tergolong cukup bertenaga, adanya fitur penghematan BBM menjadikan mobil ini lebih ekonomis, desain mantap dengan dimensi yang pas, suspensi nyaman dan harga bersahabat.

Walaupun mempunyai kelebihan tetapi bukan berarti mobil ini tidak memiliki kekurangan, berikut adalah kekurangannya yang paling menonjol. Hal pertama adalah jenis suspensi yang walaupun nyaman tetapi memberikan kesan limbung, memiliki desain tidak jauh berbeda dengan versi terdahulunya, ukuran terlalu kompak sehingga tidak ada ruang cukup untuk bagasi.

Kompetitor Suzuki Swift

Daftar berikut adalah beberapa produk termasuk menjadi kompetitor Swift dan berada di kisaran harga 200 hingga 300 juta rupiah dengan spesifikasi bawaan cenderung mirip, yaitu sebagai berikut:

Suzuki Baleno

Mobil hatchback pertama sebagai kompetitor Swift sama-sama dari Suzuki akan tetapi berbeda model. Suzuki Baleno yang juga merupakan turning point produk City Car ini memang cukup mumpuni dengan harga kisaran sekitar 207 juta rupiah OTR wilayah Jakarta.

Suzuki Ignis

Masih dalam brand sama yaitu Suzuki dengan kategori sama juga yaitu mobil perkotaan kategori SUV, dijual dengan range harga dimulai 135 sampai 169.5 juta rupiah. Desain Ignis begitu unik dan impresif, menawarkan beragam fitur unggulan dan teknologi terbaru Suzuki.

Toyota Agya

Selanjutnya ada produk dari Toyota yang menawarkan produk City Car terjangkau dengan beragam opsi unggulan. Toyota Agya Facelift ini dipasarkan dengan rentang harga mulai dari 89 hingga 137 juta rupiah.

Honda Jazz

Varian baru Honda Jazz telah meluncur yaitu Facelift, peluncurannya disertai dengan penambahan inovasi dan berbagai macam pembaruan baik dari segi dapur pacu, teknologi maupun fitur dengan bandrolan harga sekitar 232.5 hingga 272.5 juta rupiah untuk OTR jakarta.

Daihatsu New Ayla

Produk satu ini dapat dikatakan sebagai musuh bebuyutan dari Agya, sebab keduanya diketahui saling salip menyalip dalam menggaet hati konsumen. Penyematan desain tak begitu impresif dari Daihatsu dimana desain Ayla cenderung sama dengan versi pendahulunya. Dipatok dengan harga sekitar 146 juta rupiah.

SPESIFIKASI SUZUKI SWIFT

SPESIFIKASI SUZUKI SWIFT
  • MESIN
    - Jenis: K14B, DOHC, VVT
    - Isi Silinder: 1,372 cc
    - Jumlah katup: 16
    - Jumlah silinder: 4
    - Sistem bahan bakar: multipoint injection
  • DIMENSI
    - P x l x t: 3850 x 1695 x 1510 mm
    - Berat: 1,480 - 1,500 kg
    - Tangki bahan bakar: 42 L
  • KAKI-KAKI
    - Sistem kemudi: Electric Power Steering, Rack & Pinion
    - Suspensi depan: McPherson Strut with Coil Spring
    - Suspensi belakang: Torsion Beam witah Coil Spring
    - Rem depan: Ventilated Disc
    - Rem belakang: Disc
  • FITUR
    - Audio system modern
    - Futuristic Instrument Panel
    - Adjustable Rear Seat Back
    - Audio control
    - Telescopic steering
    - Auto Control Switch
  • KEAMANAN & KESELAMATAN
    - Immobilizer
    - Keyless Push Start System & Keyless Entry System
    - TECT atau Total Effective Control Technology
    - Child Proof Lock
    - Clam Shell Bonnet
    - Dual SRS Airbag

HARGA SUZUKI SWIFT TERBARU & BEKAS/SEKEN

HARGA SUZUKI SWIFT TERBARU & BEKAS/SEKEN

  • Harga Produk Baru
    - Tipe GX 1.4 M/T : Rp. 201,000,000,-
    - Tipe GX 1.4 A/ : Rp. 210,000,000,-
    - Tipe GS M/T : Rp. 215,000,000,-
    - Tipe Sport 1.6 M/T : Rp. 323,000,000-
    - Tipe Sport 1.6 A/T  : Rp. 338,900,000,-
  • Harga Produk Bekas
    -
    -
Note: harga di atas adalah harga pasaran OTR di wilayah Jakarta yang dihimpun dari laman resmi Suzuki. Perbedaan wilayah mungkin saja akan berpengaruh terhadap harganya, biasanya akan cenderung lebih mahal tergantung pada letak daerah tersebut.

KESIMPULAN

Didasarkan pada pertimbangan yang menitikberatkan pada spesifikasi, fitur dan berbagai keunggulan mobil Suzuki Swift ini sangat cocok digunakan untuk para kawula muda. Dengan desain super stylish dan trendy menjadikan mobil ini begitu tepat digunakan oleh anda yang memiliki mobilitas tinggi dan ingin selalu tampak up to date. Dengan penggunaan paling cocok di daerah perkotaan menjadikan mobil besutan Suzuki ini merujuk pada segmentasi pasar di kota besar. Walaupun begitu untuk penggunaan di daerah tetap dimungkinkan sebab sudah dibekali dengan berbagai macam fitur unggulan seperti halnya suspensi kokoh.



0 komentar