Harga Suzuki Ertiga Spesifikasi & Review Februari 2018


Advertisement
 Ertiga merupakan salah satu unggulan produk mobil dari Suzuki. Terbukti Suzuki Ertiga menjadi penjualan paling sukses dari perusahaan Suzuki. Saat ini, kita bisa melihat banyak sekali Ertiga yang mengaspal di jalanan di seluruh kota di Indonesia. Hal tersebut menjadi bukti kalau mobil ini benar-benar diminati masyarakat. Dengan terus meningkatkan kualitasnya, Suzuki menjadikan Ertiga model terbaru semakin meluas penggunanya. Untuk itu, membahas review tentang Ertiga ini sangat penting. Kita tidak hanya akan fokus pada eksterior dan interior saja tetapi juga fitur, kelebihan & kekurangan, kompetitor, spesifikasi, dan juga harga.

Interior Suzuki Ertiga

Interior Suzuki Ertiga

Pertama, mari kita bahas desain interior Suzuki Ertiga. Karena beberapa perubahan dan penambahan, mobil MPV dari Suzuki ini terlihat lebih segar dan bergaya. Misalnya, penambahan new pattern fabric material seat serta trim door sangat jelas membuat tampilan interior mobil MPV ini lebih menarik. Selain itu, warna baru digunakan pada luggage under box, hand brake, gear shift, steering wheel, serta carpet floor membuat tampilan interior semakin istimewa. Warna baru yang diusungnya adalah dark brown. Khusus untuk tipe GL dan GX, bahkan ada desain baru pada bagian audio sehingga semakin menarik.

Tak cukup sampai di situ saja, masih banyak detail yang membuat MPV Ertiga ini menarik hati. Salah satunya adalah penambahan socket di bagian belakang console box di baris kedua (khusus tipe GL dan GX), kursi baris ketiga yang bisa di split 50:50 (khusus tipe GL dan GX), serta electric window yang membuat mobil MPV ini semakin nyaman. Secara keseluruhan, mobil MPV Ertiga ini memiliki interior yang hampir sempurna sehingga banyak sekali yang tertarik dengan mobil baru buatan Suzuki ini.

Eksterior Suzuki Ertiga

Eksterior Suzuki Ertiga

Bukan hanya interior, tampilan eksteriornya pun juga memiliki desain yang lebih segar, bergaya dan modern. Kalian bisa melihat perubahan yang signifikan dan terlihat jelas pada beberapa bagian eksterior mobil MPV ini. Salah satunya adalah alloy wheel untuk tipe GL dan GX yang terlihat lebih stylish. Selain itu, bumper baik depan maupun belakang juga diperbarui dengan tampilan yang lebih mengesankan. Kemudian Suzuki juga mengubah desain chrome front grill untuk tipe GL dan GX agar lebih menawan.

Kemudian, chrome back door garnish dengan lamp back door garnish juga diperbarui khusus untuk tipe GL dan GX. Dirancang untuk New Ertiga, bagian-bagian baru tersebut menjadi semakin menarik. Untuk tipe GX, ada penambahan fitur baru berupa electrically folding mirror. Untuk tipe GL dan GX, fitur baru juga ditambahkan yaitu berupa parking sensor. Dengan 2 fitur baru tersebut, tujuannya adalah untuk meningkatkan keamanan mobil MPV saat berkendara.

Fitur Suzuki Ertiga

Dengan segmen MPV, Ertiga dibekali dengan fitur canggih dan lengkap, termasuk keamanan dan juga kenyamanan. Salah satunya adalah rem ABS plus EBD. Ini merupakan fitur keamanan sangat penting. Selain itu, mobil MPV ini juga memiliki fitur audio double DIN untuk fitur hiburan. Kemudian, ada juga AC Double Blower di bagian penyejuk kabin sehingga kalian tidak akan merasa panas dan pengap di dalam mobil. Lalu ada juga tambahan fitur berupa New Parking Sensor untuk memudahkan parkir. Namun fitur hanya tersedia pada tipeEllegant, yaitu tipe paling tinggi.

Di bagian kabin pengemudi, mobil dibekali dengan fitur Auto Up Window. Versi terbaru dari Ertiga ini juga sudah memiliki Dual Airbags melindungi pengendara dan penumpang di kabin depan saat terjadi benturan atau tabrakan. Airbags tersebut ada di steering wheel dan juga dashboard. Agar lebih canggih, Ertiga juga dibekali dengan Side Impact Beam yang juga merupakan standar keselamatan mobil yang mana membuat pintu secara otomatis tidak terkunci jika terjadi kecelakaan. Sabuk pengaman juga tak lupa dibawakan di seluruh kursi penumpang. Di pintu belakang, Ertiga dilegkapi fitur Child Proof Rear Door Locks. Satu lagi, mobil MPV ini juga mengusung sistem Immobilizer serta Keyless Entry yang mana mobil ini hanya bisa dinyalakan dengan kunci aslinya saja sehingga mencegah pencurian.

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Ertiga

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Ertiga

Untuk menentukan apakah Ertiga merupakan mobil MPV kalian cari atau bukan, kalian perlu mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan dari mobil ini. Untuk itu, mari kita simak ulasan berikut:

Kelebihan Suzuki Ertiga

Salah satu kelebihan dari mobil ini adalah desain sangat elegan baik dari sisi eksterior maupun interior. Selain itu, mesin yang digunakan oleh mobil MPV ini juga sangat bertenaga sehingga bisa memenuhi kebutuhan kalian. Dari sisi konsumsi bahan bakar, mobil ini termasuk irit bahan bakar. Ini merupakan salah satu alasan kenapa banyak orang membeli mobil ini. Selain itu, bagasinya yang luas juga sangat bermanfaat untuk menyimpan banyak barang. Untuk fitur yang dibawakannya, mobil ini termasuk salah satu mobil dengan fitur terlengkap. Terakhir, Suzuki Ertiga juga memiliki rasio transmisi cukup panjang. Kelebihan-kelebihan tersebut bisa dirasakan untuk semua tipe.

Kekurangan Suzuki Ertiga

Meskipun banyak kelebihan, namun mobil ini juga memiliki beberapa kekurangan. Pertama, saat digunakan dalam kecepatan tinggi, maka akan tercium bau sagit. Namun setelah beberapa bulan penggunaan, bau sangit ini akan menghilang. Selain itu, cat bodi mobil juga cepat luntur. Untuk itu sebaiknya menggunakan pelapis cat agar lebih tahan lama. Kemudian ban mobil yang digunakan juga kualitasnya kurang bagus sehingga banyak pengguna yang sudah mengganti bannya. Lalu, produk ini juga sangat disayangkan karena joknya tidak bisa dilipat. Terakhir, jika kabin penuh, biasanya agak sulit untuk digunakan dalam jalan yang menanjak.

Kompetitor Suzuki Ertiga

Setelah mengetahui review Suzuki Ertiga di atas, kita juga perlu membandingkan mobil MPV ini dengan para kompetitornya. Ada banyak kompetitor yang siap bersaing dengan mobil ini. Ini adalah beberapa kompetitor terbesarnya:

Toyota Avanza

Kompetitor terbesar adalah Avanza. Produk dari Toyota ini sudah menguasai pasar mobil di Indonesia selama lebih dari satu decade terakhir. Dengan desain dan performa yang bagus, Avanza berhasil memimpin. Harga Avanza mulai dari Rp 198.700.000.

Daihatsu Xenia

Xenia sekilas sangat mirip dengan Avanza. MPV pabrikan Daihatsu ini bahkan disebut sebagai kembaran Avanza. Bersaing dengan MPV lainnya, Xenia dibanderol mulai dari Rp 155.650.000 dan menjadi salah satu mobil terlaris di Indonesia.

Honda Mobilio

Honda Mobilio juga layak diperhitungkan. Dengan banderol mulai dari Rp 189.500.000, MPV dari Honda ini memiliki desain yang stylish, mesin yang powerful, serta banyak kelebihan yang lainnya.

Nissan Grand Livina

Grand Livina memang lebih mahal dari mobil ini. Namun Livina menawarkan sesuatu yang lebih dibanding Ertiga, seperti dalam hal desain, performa, dan fiturnya. Jadi, kalian bisa memilih sesuai kebutuhan dan budget yang ada.

SPESIFIKASI SUZUKI ERTIGA

SPESIFIKASI SUZUKI ERTIGA

Untuk mengetahui performanya, kalian harus melihat spesifikasi secara detail berikut ini, mulai dari mesin, dimensi, transmisi, rangka dan kapasitas. Berikut spesifikasi selengkapnya yang perlu kalian tahu:
  • Mesin
    Jenis Mesin : k14b (DOHC-VVT)
    Isi Silinder : 1.373cc
    Jumlah Silinder : 4 inline
    Jumlah Katup : 16
    Daya Maksimal : 95 PS / 6.000 rpm
    Torsi Maksimal : 130 Nm / 4.000 rpm
    Sistem Bahan Bakar : Multi Point Injection
  • Dimensi
    P x L x T : 4.265mm x 1.695mm x 1.685mm
    Radius Putar Minimal : 5.2 m
  • Transmisi
    Tipe Transmisi : 5 speed manual dan 4 speed auto
  • Rangka
    Sistem Kemudi : Rack & Pinion
    Suspensi Depan : MacPherson Strut with Coil Spring
    Suspensi Belakang : Torsion Beam with Coil Spring
    Rem Depan : Ventilated disc
    Rem Belakang : Leading t Training Drum
    Ukuran Ban : 185 / 65 R15
  • Kapasitas
    Tempat Duduk : 7 orang
    Kapasitas Tangki : 45 liter

HARGA SUZUKI ERTIGA

HARGA SUZUKI ERTIGA

Dengan spesifikasi dan review yang sudah dijelaskan di atas, tentunya mobil MPV dari Suzuki ini sangat tepat menjadi mobil kalian. Namun, sebelum memutuskan membeli mobil ini, kalian harus tahu harganya dulu:

• Ertiga GA M/T
Sebagai tipe dasar Ertiga, tipe ini memiliki harga paling murah. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 171.500.000.

• Ertiga GL M/T
Sedikit lebih unggul dari tipe basicnya, tipe ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp 188.000.000.

• Ertiga GL A/T
Sama seperti tipe kedua, namun yang ini memiliki transmisi otomatis. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 200.500.000.

• Ertiga GX M/T
Tipe ini di atasnya tipe GL. Untuk yang memiliki transmisi manual, Suzuki membandrol harganya mulai dari Rp 199.500.000.

• Ertiga GX A/T
Sama seperti tipe sebelumnya namun dibekali dengan transmisi otomatis. Harganya mulai dari Rp 212.000.000.

• Ertiga GX Ellegant M/T
GX Ellegant merupakan tipe paling tinggi dari mobil ini. Untuk model transmisi manual, harganya mulai dari Rp 219.000.000.

• Ertiga GX Ellegant A/T
Tipe tertinggi dari Ertiga dengan transmisi otomatis ini lebih mahal dari model transmisi manual, yaitu seharga Rp 231.000.000

• Ertiga Sporty M/T
Ada lagi tipe Sporty dengan transmisi manual yang harganya hanya Rp 199.000.000 saja.

• Ertiga Sporty A/T
Terakhir, tipe Sporty dengan transmisi otomatis dibanderol dengan harga mulai dari Rp 212.000.000.

Catatan:
- Harga-harga di atas berdasarkan OTR wilayah Jakarta
- Harga bisa berubah kapan saja
- Harga di wilayah lain mungkin berbeda

KESIMPULAN

Melihat harga yang ditawarkan di atas, harga-harga tersebut masih terjangkau oleh masyarakat Indonesia. Untuk masalah warna, ada 6 macam untuk tipe GA yaitu Graphite Grey, Radiant Red, Burgundy Red, Silky Silver, Cool Black, dan Snow White. Tipe GL dan GX memiliki pilihan warna yang sama dengan tipe tipe GA ditambah lagi dengan Lilac Grey. Mobil MPV ini juga sangat fleksible, bisa digunakan untuk berangkat ke kantor, piknik, mudik, antar jemput sekolah, dan lain-lain karena memiliki kapasitas 7 penumpang. Jadi, bisa disimpulkan kalau Suzuki Ertiga sangat ideal untuk mobil pribadi, mobil keluarga, ataupun mobil kantor, sesuai dengan kebutuhan kalian.







0 komentar