Harga Honda Mobilio Spesifikasi & Review Februari 2018


Advertisement
 Meskipun mobil buatan Honda kurang diminati di Indonesia, namun tidak demikian dengan Honda Mobilio. Mungkin inilah produk paling mobil buatan Honda yang paling banyak peminatnya di Indonesia. Meskipun tak setenar Avanza dan Xenia, Mobilio tetap menjadil salah satu paling favorit. Selain desainnya yang menarik, harganya pun juga terjangkau sehingga banyak orang yang mampu membelinya. Untuk itu, sangat penting untuk mengetahui lebih detail tentang mobil ini. Jadi, mari kita simak ulasan review di bawah ini.

Interior Honda Mobilio

Interior Honda Mobilio

Pertama, mari kita lihat desain mulai dari interiornya. Interiornya memang sangat atraktif dengan desain yang luas dan juga mewah. Selain itu, ada juga banyak fitur baru di ruang kabin. Salah satunya adalah pada jok depan yang mana ada kursi Semi-bucket Ergonomis. Dengan kursi ini, penumpang akan lebih nyaman dalam berkendara. Ditambah lagi dengan kualitas materialnya yang bagus, membuat kenyamanan interior Low MPV ini semakin terasa. Kemudian, mobil ini juga dibekali dengan desain kursi ramping serta One Touch Tumble di baris kedua.

Bukan hanya itu saja, jok depan mobil ini dibuat terpisah sehingga pengemudi & penumpang depan merasa lebih nyaman. Di jok baris kedua, ditambahkan bahan kualitas tinggi yang lebih tebal agar lebih nyaman juga. Di bagian dashboard, ada beberapa fitur menarik seperti audio visual dengan layar sentuh. Bahkan ada juga fitur khusus untuk tipe RS seperti Touchscreen A/V System 6.8 inci dengan 6 Premium Speaker, New Meter Cluster Design, dan New Auto AIC. Kemudian ada juga USB Connection serta Quick Charging untuk smartphone kalian.

Eksterior Honda Mobilio

Eksterior Honda Mobilio

Untuk desain eksterior Mobilio, Low MPV ini datang dengan desain yang lebih sporty dan elegan. Kalian bisa melihatnya dari kap mesin yang lebih panjang. Selain itu, lampu utama juga diubah menjadi LED Light Guide model terbaru sehingga pencahayaan lebih maksimal, khususnya saat berkendara di malam hari. Di bagian samping, spionnya bisa dilipat karena menggunakan fitur Power Retractable Door Mirror. Di bagian belakang, tampilannya semakin elok dengan Rear License Garnish. Secara keseluruhan, tampilan luarnya sangat mewah dan sporty. Tak heran mobil ini banyak disukai bukan hanya orang-orang tua tetapi juga anak-anak muda.

Fitur Honda Mobilio

Beragam fitur menarik juga ditambahkan dalam mobil Low MPV ini. fitur-fitur yang canggih meliputi fitur keselamatan, kenyamanan dan juga hiburan. Mulai dari fitur keselamatan atau keamanan, mobil ini dilengkapi dengan Dual SS Airbags. Fitur ini tersedia untuk semua tipe sehingga mengurangi resiko cidera jika terjadi benturan keras dari arah depan. Selain itu, mobil Low MPV dari Honda ini juga dibekali dengan fitur pengereman ABS +EBD. Namun fitur ini hanya tersedia untuk tipe E CVT saja. Den

Di bagian kabin, masing-masing kursi juga dilengkapi dengan seatbelt. Seatbelt yang tersedia juga memiliki fitur Pretensioner with load Limiter yang berfungsi mengurangi resiko cidera jika terjadi kecelakaan. Lalu, mobil ini juga lengkap dengan jok ISOFIX serta Tether yang berfungsi untuk kursi bayi. Untuk fitur kenyamanan, mobil Low MPV dari Honda ini dilengkapi berbagai fitur menarik untuk kebutuhan multimedia dan hiburan seperti USB port, AUX input, MP3, sistem audio single, dan lain sebagainya. Ada juga fitur menarik lainnya seperti Security Alarm, Keyless Entry, Wave Ke, Green Glass, Eco Indicator, AC Double Blower, dan lain sebagainya.

Kelebihan Dan Kekurangan Honda Mobilio

Kelebihan Dan Kekurangan Honda Mobilio

Setiap mobil pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Begitu juga dengan Honda Mobilio, juga memiliki beberapa kelebihan sekaligus kekurangan. Kalian harus mengetahuinya agar bisa menentukan apakah mobil MPV ini cocok untuk kalian atau tidak.

Kelebihan Honda Mobilio

Dibanding dengan kompetitornya, mobil MPV ini tingginya paling rendah. Namun begitu, justru Mobilio memiliki kabin yang paling lega tanpa harus memiliki kesan besar. Selain itu, mobil MPV Honda ini juga memiliki pengendalian yang sangat baik meski menggunakan ESP yang biasanya mengurangi feeling dalam mengemudi. Kemudian, performa mesinnya juga sangat memuaskan. Untuk masalah mesin, akan kita bahas lebih detail nanti di bawah. Lalu, Mobilio juga mempunyai bagasi paling luas di kelasnya dibanding dengan yang lainnya. Terakhir, tentu saja eksteriornya yang sporty membuat mobil ini sangat menarik.

Kekurangan Honda Mobilio

Untuk kekurangannya, pertama terletak pada kualitas pengerjaan yang masih kurang, termasuk material yang digunakan. Selain itu, transisi dari mobil ini juga terasa agak lambat sehingga harus ditingkatkan lagi kualitasnya. Selanjutnya adalah suspensi yang kurang nyaman terutama saat melewati polisi tidur. Namun handling yang bagus bisa menutupi kekurangan ini. Lalu kekedepan kabin juga dirasa masih kurang, khususnya jika kendaraan melaju lebih dari 80 km per jam. Terakhir adalah berhubungan dangan interiornya. Meskipun desainnya lumayan bagus, namun sepertinya masih perlu ditingkatkan lagi, termasuk kualitas material yang digunakan.

Kompetitor Honda Mobilio

Sebagai salah satu MPV paling rekomended, Mobilio tidak sendirian memimpin di pasaran. Ada banyak kompetitor yang siap menyainginya. Untuk itu, sangat penting mengetahui beberapa kompetitor dari mobil Low MPV ini:

Toyota Avanza

Pertama ada Toyota Avanza. Tidak diragukan lagi, Toyota Avanza sudah memimpin pasaran mobil di Indonesia sejak lebih dari 10 tahun lalu. Mulai dari desain, mesin, peforma, semuanya mengesankan. Harganya mulai dari 184,2 juta rupiah.

Daihatsu Xenia

Daihatsu Xenia memiliki platform 90% sama dengan Toyota Avanza. Tak heran mobil ini juga menjadi salah satu paling laris di pasaran Indonesia. Harga ditawarkan mulai dari Rp
155.650.000.

Nissan Grand Livina

Ketiga adalah Nissan Grand Livina. Dengan desain lebih mewah, tentu saja mobil ini memiliki daya tarik lebih. Namun harganya juga lebih mahal. Untuk membeli mobil ini, tipe terendah dibanderol mulai dari 236,3 juta rupiah.

Suzuki Ertiga

Penjualan Suzuki Ertiga juga sangat pesat hingga saat ini. Itulah kenapa Ertiga menjadi salah satu pesaing terberat dari Mobilio. Untuk harga, tipe paling rendah dibanderol mulai dari senilai 184 juta rupiah.

Chevrolet Spin

Ada lagi Chevrolet Spin harganya lebih murah. Model paling dasar dari Chevrolet Spin dibanderol mulai dari 148 juta rupiah saja.

Datsun Go+

Terakhir adalah Datsun Go+. Mobil ini mengingatkan kita pada Grand Livina. Namun ini adalah versi murahnya. Dari beberapa tipe tersedia, harga yang ditawarkan mulai dari Rp 104.800.000.

SPESIFIKASI HONDA MOBILIO

SPESIFIKASI HONDA MOBILIO

Mengetahui banyaknya kompetitor yang ada, kalian harus lebih detail lagi melihat apa yang ditawarkan oleh mobil MPV dari Honda ini. Untuk itu, sangat penting membahas spesifikasi secara mendetail meliputi mesin, dimensi dan juga kaki-kaki.
  • Mesin
    Tipe Mesin : 1.5 liter SOHC, 4 silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW
    Diameter x Langkah : 73mm x 89mm
    Isi Silinder : 1.496cc
    Perbandingan Kompresi : 10,3 : 1
    Daya Maksimal : 118 PS / 6.600 rpm
    Suplai Bahan Bakar : PGM-FI
  • Dimensi
    P x L x T : 4.398mm x 1.683mm x 1.603mm (untuk tipe RS) dan 4.386mm x 1.683mm x 1.603mm (untuk tipe E dan S)
    Jarak Sumbu Roda : 2.650mm
    Jarak Pijak : 1.472mm (depan) dan 1.475 (belakang)
    Kapasitas Tangki : 42 liter
  • Kaki-kaki
    Rem Depan : Ventilated Disc
    Rem Belakang : Drum
    Suspensi Depan : MacPherson Strut
    Suspensi Belakang : H-Shape Torsion Beam
    Ban : 185 / 65 R15
    Roda : Alloy Wheel 15” (untuk tipe RS dan E) dan Trim Wheel 15” x 5 1/2J (untuk tipe S)

HARGA HONDA MOBILIO

HARGA HONDA MOBILIO

Dengan desain, fitur, dan spesifikasi sudah dijelaskan di atas, mungkin kalian tertarik untuk membeli mobil Low MPV dari Honda ini. Namun sebelumnya, kalian harus tahu dulu berapa harga Honda Mobilio. Mobil ini memiliki beberapa tipe dan varian. Di sini, kami hanya akan menyebutkan harganya berdasarkan OTR Jakarta. Jadi, harga di daerah lain bisa saja berbeda dengan harga yang kami paparkan berikut ini:

• Honda Mobilio S M/T dengan harga mulai dari Rp 189.500.000
• Honda Mobilio E M/T dengan harga mulai dari Rp 210.000.000
• Honda Mobilio E CVT dengan harga mulai dari Rp 221.000.000
• Honda Mobilio RS M/T dengan harga mulai dari Rp 233.000.000
• Honda Mobilio RS CVT dengan harga mulai dari Rp 245.500.000

Note: Harga bisa berubah sewaktu-waktu.

Untuk mobil bekas, MPV dari Honda ini dibanderol dengan harga bervariasi, tergantu dari tahun pembuatan dan kondisinya. Misalnya, Mobilio tahun 2014 seken dibanderol sekitar Rp 142.000.000 hingga Rp 157.000.000. Untuk tahun 2016, harga seken dari Mobilio ini berkisar antara Rp 150.000.000 hingga Rp 165.000.000. Jadi, kalian harus cek benar-benar kondisinya dengan teliti.

KESIMPULAN

Setelah melihat review meliputi interior, eksterior, fitur kelebihan & kekurangan, kompetitor, serta spesifikasi secara mendetail, kini kita bisa menyimpulkan kalau mobil MPV buatan Honda ini cukup terjangkau. Harganya ada kurang dari 200 juta dan ada yang lebih dari 20 juta tergantung tipe yang kalian pilih. Untuk pilihan warna, ada Blue Metallic, Crystal Black Pearl, Lunar Silver Metallic, Modern Steel Metallic, danjuga Passion Red Pearl. Semua warnanya sangat menarik dan cantik. Jadi kalian bisa memilih sesuai warna yang kalian suka.

Performanya pun cukup memuaskan. Kalian bisa melihat dari tenaga yang dihasilkan mencapai 118 PS / 6.600 rpm. Kemudian, kabin yang luas sangat nyaman untuk 7 orang penumpang yang dibagi menjadi 3 baris kursi. Jangan lupakan fitur-fitur yang lengkap dan canggih yang terdiri dari fitur keamanan, fitur kenyamanan dan juga fitur hiburan sehingga kalian tidak hanya akan merasa aman dan nyama dalam berkendara tetapi juga terhibur dan tidak bosan. Dengan pertimbangan di atas, Honda Mobilio sebagai mobil Low MPV sangat cocok untuk masyarakat kelas menengah. Mobil ini sangat ideal untuk mobil pribadi, mobil keluarga, atau mobil kantor. Kalian bisa menggunakannya untuk segala keperluan yang dibutuhkan.







0 komentar