Harga Daihatsu Xenia Spesifikasi & Review Februari 2018


Advertisement
 Kedatangan Mitsubishi Expander sudah diantisipasi oleh Daihatsu dengan mobil buatannya yang bernama Daihatsu Xenia. Bahkan, di pasaran Indonesia Xenia lebih laku dibanding dengan Expander. Faktanya, Xenia menjadi pesaing terberat dan terbesar Toyota Avanza, yang menguasai pasar mobil di Indonesia. Dengan tampilan yang mirip, Xenia dan Avanza memang masih terus memimpin di barisan terdepan sebagai mobil paling favorit di Indonesia. Untuk itu, sangat menarik jika kita mengulas lebih dalam tentang mobil Xenia terbaru yang pastinya dirancang dengan berbagai keunggulan. Untuk mengetahui desain, spesifikasi, fitur dan harganya, mari kita simak ulasan review berikut ini.

Interior Daihatsu Xenia

Interior Daihatsu Xenia

Saatnya kita melihat desain interior Daihatsu Xenia yang terkenal dengan tampilannya yang elegan. Di bagian kabin, Xenia memiliki interior dengan nuansa 2-tone warna yang baru. Dengan kombinasi 2 warna ini, Xenia terlihat lebih fresh dan menambah keceriaan serta kehangatan di dalamnya. Selain itu, dashboard di bagian kemudi juga datang dengan desain dan tampilan yang lebih modern dengan 2 aksen warna berbeda, yakni cokelat gelap di bagian atas serta cokelat terang di bagian bawah.

Bukan hanya itu saja, bagian tengah dashboard juga sangat menarik dengan panel layar Multi Information Display yang menggunakan layar LCD. Di bawahnya ada tombol audio serta AC. Kemudian, di bagian ruang kendali kalian bisa menemukan panel speedometer dengan 3 lingkaran. Panel informasi pada Xenia ini juga dilengkapi dengan indikator lampu utama & sein, indicator bahan bakar, serta indicator lampu ECO. Mobil MPV dengan kapasitas 7 penumpang ini juga memiliki jok yang empuk dengan kulit berkualitas tinggi. Terakhir, Xenia juga menawarkan kursi yang dapat disesuaikan keinginan penumpang. Intinya, interior yang dibawakan sangat sempurna dilihat dari tampilan, kenyamanan, dan fitur-fiturnya.

Eksterior Daihatsu Xenia


Eksterior Daihatsu Xenia

Beralih ke bagian eksteriornya, mobil MPV buatan Daihatsu ini sangat mirip dengan Toyota Avanza, bahkan banyak yang menyebut bahwa Xenia dan Avanza adalah produk kembar yang berasal dari brand yang berbeda. Dengan tampilan fascia, Xenia terlihat lebih stylish dan juga mewah. Sama seperti Avanza, mobil ini juga dilengkapi headlamp bentuk trapezium yang ujungnya runcing. Grill depan juga dibuat melengkung dengan warna chrome, persis seperti Avanza.

Perbedaan antara Xenia dan Avanza bisa dilihat dari beberapa hal. Warna chrome sedikit lebih berani jika dibanding dengan Avanza. Kemudian, bentuk pullar black out di bagian depan bawah juga berbeda di mana mengusung warna hitam dove yang sangat matching dengan fog lamp. Di bagian samping, desain jendela dengan aksen chrome membuatnya terlihat lebih mewah dan elegan. Ditambah lagi kaki-kaki yang didesain dengan velg lebih sporty. Di bagian buritan, juga sama persis dengan Avanza. Hanya saja memiliki aksen pillar black out yang sama dengan bagian depan. Dengan tampilan yang mirip dengan Avanza, mobil ini berhasil menarik hati para pembeli.

Fitur-fitur Daihatsu Xenia

Beberapa fitur sudah kita bahas di atas pada bagian interior. Namun, masih banyak lagi fitur menarik yang bisa kalian temukan dalam mobil MPV ini. Fitur yang canggih ini buka hanya meliputi kenyamanan saja namun juga keamanan dan bahkan hiburan. Salah satu fitur terbaik yang dimiliki produk ini adalah Window Jam Protection. Fitur ini terpasang di jendela depan. Selain itu, ada lagi teknologi Side Impact Beam yang berfungsi melindungi pengemudi dan juga penumpang jika terjadi benturan dari samping. Kemudian, mobil ini juga dibekali dengan Dual Airbag di bagian kabin depan yang meningkatkan standar keselamatan penumpangnya.


Untuk fitur kenyamanan & hiburan, fitur yang diterapkan tergantung tipenya. Misalnya, tipe X diberi fitur Corner Sensor. Untuk tipe R, Xenia mengusung fitur Fresh Air Control serta indikator MID & ECO. Berbeda lagi dengan tipe D yang dilengkapi dengan Integrated Key dan juga Third Row Seat Belt. Jadi, kalian bisa membandingkan fitur dari masing-masing tipe sehingga kalian tidak salah dalam memilih yang terbaik untuk kalian. Meskipun fiturnya berbeda-beda, yang pasti semuanya memiliki standar keamanan dan kenyamanan yang tinggi serta bisa membuat perjalanan kalian semakin menyenangkan.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN DAIHATSU XENIA

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN DAIHATSU XENIA

Sebelum membeli suatu mobil, tentu saja kalian harus mengetahui kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu. Begitu juga dengan Xenia, kalian harus mengetahui kelebihan dan kekurangan dari MPV ini. Untuk itu, mari kita ulas beberapa kelebihan dan kekurangannya secara lengkap.

Kelebihan Daihatsu Xenia

Salah satu kelebihan dari Xenia adalah harganya yang cukup murah sehingga sangat laku di pasaran Indonesia yang mana mayoritas penduduknya adalah kelas menengah. Terbukti Xenia menjadi salah satu produk mobil paling banyak peminatnya di Indonesia bersama Avanza. Selain itu, Xenia juga dikenal mudah untuk dimodifikasi. Bagi kalian yang suka memodifikasi mobil, tentu saja tak akan kesulitan untuk memodifikasi mobil MPV ini. Tak jarang kita temui Xenia sudah dimodifikasi mengaspal di jalanan di Indonesia.

Kemudian, Xenia juga dikenal dengan desainnya mewah, sama seperti Avanza. Tampilan mewah ini terlihat dari eksterior maupun interiornya. Lalu, mobil ini juga memiliki kursi di baris ke-2 mudah diatur posisinya sehingga meningkatkan kenyamanan penumpangnya. Terakhir, Daihatsu Xenia juga dilengkapi dengan Backdoor Opener memudahkan penumpang untuk membuka bagasi. Dengan kelebihan-kelebihan dai atas, tak heran sangat diminati oleh masyarakat Indonesia.

Kekurangan Daihatsu Xenia

Meskipun banyak peminatnya, bukan berarti Xenia tak memiliki kekurangan. Ada beberapa kekurangan yang perlu kalian ketahui. Pertama adalah belum tersedianya AC Double Blower. Meski begitu, hal ini tak mengurangi kenyamanan dari mobil MPV ini. Selain itu, sparepart digunakan juga kualitasnya kurang begitu bagus. Tak heran jika banyak pengguna Xenia beralih dengan sparepart dari Toyota. Meskipun lebih mahal, sparepart Toyota memang dikenal lebih awet dan kualitasnya lebih bagus.

Kemudian, switch lampu dipasang di mobil juga sering mengalami kerusakan. Namun, kasus ini tak selalu terjadi pada pengguna mobil ini. Jadi kalian harus berhati-hati dalam menggunakan switch lampu agar tidak cepat rusak. Lalu, idle mobil Xenia juga sering kurang stabil. Terakhir, performa memang cukup bagus tapi kurang kuat saat digunakan untuk menghadapi tanjakan. Dengan kelebihan dan kekurangan di atas, kalian bisa memutuskan apakah produk termasuk mobil sesuai dengan kebutuhan kalian atau tidak.

Kompetitor Daihatsu Xenia

Xenia sudah sering kita lihat di jalanan. Meskipun banyak mobil dengan jenis serupa, namun terbukti tetap eksis. Lalu, apa saja kompetitor terberat dari mobil ini? Berikut beberapa rival yang berkompetisi dengan Xenia memperebutkan minat masyarakat:

1. Toyota Avanza

Tentu saja Toyota Avanza merupakan saingan terberat. Avanza harganya sedikit lebih mahal mulai dari 198,7 juta rupiah. Avanza memiliki banyak kesamaan dengan Xenia termasuk desain sangat mirip. Namun Avanza unggul pada kualitas sparepartnya.

2. Honda Mobilio

Selain Avanza, ada juga Honda Mobilio. Harganya mulai dari 189,5 juta rupiah. Meskipun minat masyarakat Indonesia pada mobil ini masih kurang, namun secara kualitas mobil ini setara dengan Xenia.

3. Suzuki Ertiga

Suzuki Ertiga juga menjadi salah satu kompetitor dari mobil MPV Xenia. Harganya mulai dari 184 juta rupiah. Sama-sama berjenis MPV, Ertiga juga menjadi salah satu mobil paling laris di Indonesia.

4. Nissan Grand Livina

Untuk mobil MPV yang lebih mewah, ada Nissan Grand Livina. Grand Livina juga sangat diminati di Indonesia meskipun harganya lebih mahal, mulai dari 236,3 juta rupiah. Ini menjadi alternatif bagi kalian yang memiliki uang lebih.

SPESIFIKASI DAIHATSU XENIA

SPESIFIKASI DAIHATSU XENIA

Setelah mengetahui beberapa kompetitor di atas, kalian harus bisa menentukan mana lebih baik bagi kalian. Untuk itu, sangat penting untuk mengetahui spesifikasi Daihatsu Xenia secara lengkap. Berikut spesifikasi legkapnya:

  • Dimensi
    P x L x T : 4.190mm x 1.660mm x 1.685mm (tipe D dan M),
    4.140mm x 1.660mm x 1.695mm (tipe X dan R)
    Tinggi dari Tanah : 190mm (tipe D dan M), 200mm (tipe X dan R)
  • Berat
    Berat Kosong : 1.060kg (D), 1.085kg (M), 1.100kg (X M/T), 1.115kg (X A/T), 1.115kg (R M/T), 1.139kg (R A/T)
    Kapasitas : 7 orang
  • Mesin
    Tipe Mesin : EJ-VE DOHC VVT-I (tipe D & M), 1NR-VE DOHC Dual VVT-I (tipe X & R),
    Kapasitas Silinder : 989cc (tipe D dan M), 1.329cc (tipe X dan R)
    Jumlah Silinder : 3 (tipe D dan M), 4 (tipe X dan R)
    Jumlah Katup : 12 (tipe D dan M), 16 (tipe X dan R)
    Diameter x Langkah : 72mm x 81mm (tipe D dan M), 72,5mm x 80,5mm (tipe X dan R)
    Tenaga Maksimum : 63 PS / 5.600 rpm (tipe D dan M), 97 PS / 6.000 rpm (tipe X dan R)
    Torsi Maksimum : 9,2 kg-m / 3.600 rpm (tipe D & M), 12,3 kg-m / 4.200 rpm (tipe X & R)
    Sistem Bahan Bakar : EFI
    Bahan Bakar : Bensin
    Kapasitas Tangki : 45 liter

HARGA DAIHATSU XENIA

HARGA DAIHATSU XENIA

Dengan spesifikasi di atas, kalian pasti ingin tahu berapa harga ditawarkan. Untuk mengetahui harganya, hal ini tergantung varian kalian pilih. Masing-masing varian memiliki harga yang berbeda-beda. Berikut adalah harga untuk OTR daerah Jakarta dan kami tidak menjamin jika di daerah lain harganya akan sama.

- D MT 1.0 STD, harga Rp 155.650.000
- M MT 1.0 STD, harga Rp 162.650.000
- M MT 1.0 DLX, harga Rp 168.850.000
- X MT 1.3 STD, harga Rp 174.650.000
- X MT 1.3 DLX, harga Rp 189.900.000
- R MT 1.3 STD, harga Rp 179.450.000
- R MT 1.3 SPORTY, harga Rp 198.800.000
- X AT 1.3 STD, harga Rp 185.550.000
- X AT 1.3 DLX, harga Rp 201.750.000
- R AT 1.3 STD, harga Rp 190.350.000
- R AT 1.3 SPORTY, harga Rp 209.800.000

Note: Harga bisa berubah sewaktu-waktu.

OVERVIEW

Berdasarkan review di atas, kita bisa simpulkan kalau Daihatsu Xenia sangat cocok untuk semua kalangan dari anak muda hingga orang tua. Harganya yang terjangkau, warnanya yang elegan, tenaganya yang cukup kuat dan kapasitas 7 orang sangat ideal untuk mobil keluarga. Kalian bisa menggunakannya untuk kendaraan sehari-hari, kendaraan kantor, atau lainnya.






0 komentar