JIKA ANDA BERKENDARA : “JANGAN LANGSUNG MENYALAKAN AC, BERBAHAYA"

Advertisement
Pada setiap pembelian kendaraan baru baik mobil ataupun sepeda motor biasanya diberikan buku panduan berkendara serta buku servisnya. Khusus untuk kendaraan mobil pada buku panduan disana diinformasikan cara-cara berkendara salah satunya tentang penggunaan AC.

Salah satu pemicu terjadinya kanker ternyata ada dalam mobil anda, lah ko' bisa…! Waspada dengan kanker. ni penjelasanya.


“MASUK MOBIL JANGAN LANGSUNG MENYALAKAN AC”


Sebagian kota-kota di Indonesia saat ini cuacanya sangatlah panas, seperti Jakarta, Surabaya, Lampung, dll. Apabila anda  masuk ke dalam mobil janganlah buru-buru langsung menyalakan AC, kenapa demikian..?

Udara yang dihembuskan  dari  AC bercampur dengan udara dalam mobil yang kondisi tertutup membuat ruang menjadi 'ngelekep', bisa mengakibatkan udara yang menyebabkan kanker, jika dihirup.

Bagaimana sebaiknya jika anda ingin naik mobil?

Setelah anda menghidupkan mesin, buka seluruh kaca, lalu nyalakan AC selama beberapa menit,agar udara di dalam ruangan terbebas dari bau dan  partikel-partikel yang ada diudara bercampur dengan udara dari luar sehingga udara yang terhirup menjadi lebih bersih,  baru kemudikan kendaraan, ditutup kembali kaca-kacanyai. Tidak kita sadari bahwa banyak orang meninggal dunia karena kanker.


Tentunya kita bertanya-tanya dari apa saja pemicunya?


Disini ada satu contoh yang menjelaskan insiden-insiden yang dapat menyebabkan kanker. Menurut satu penelitian, dashboard mobil, sofa, pengharum mobil menghasilkan Benzene, racun penyebab kanker (karsinogen).

coba anda luangkanlah waktu dan amatilah bau plastik dashboard yang diserang panas.

Selain menyebabkan Kanker, Benzene meracuni tulang-tulang anda, menyebabkan Anemia dan turunkan jumlah sel darah putih. Jika terhirup terus-menerus oleh tubuh kita dalam periode yang lama dapat menyebabkan Leukemia, menambah kemungkinan penyebab kanker.

Tingkat Benzene di dalam ruangan yang bisa ditolerir sebesar 50mg/ft2. Satu mobil yang terparkir di dalam ruangan dengan jendela tertutup akan mempunyai kandungan 400-800 mg Benzene.

Apabila parkir di luar ruangan dibawah sinar matahari pada temperatur 15 derajat ke atas, tingkat Benzene naik hingga 2000-4000 mg, 40x lipat dari tingkat Benzene yang bisa ditolerir.

Sebagian orang yang ketika masuk ke dalam mobil, kemudian menghidupkan mesin, lalu AC dinyalakan dan tidak membuka jendela, maka secara tidak disadari anda akan menghirup banyak racun yang dengan sangat cepat masuk ke tubuh anda. Benzene adalah racun yang dapat merusak organ tubuh anda seperti ginjal dan hati.

Dilalahnya, benzene adalah toksin-racun  yang sangat sulit bagi tubuh untuk dibasmi.

Jadi ingatlah, apabila anda berkendara, bukalah pintu dan jendela mobil sebelum masuk, berilah waktu untuk toksin-racun yang mematikan itu keluar, sebelum Anda masuk dalam mobil.

Demikian yang dapat saya informasikan tentang bahaya menyalakan AC pada saat anda masuk ke dalam mobil, semoga bermanfaat.


Advertisement
JIKA ANDA BERKENDARA : “JANGAN LANGSUNG MENYALAKAN AC, BERBAHAYA" | Rohidin Thea | 5

0 komentar:

Post a Comment