PENYEMPUNAAN KESEIMBANGAN PUTARAN RODA/BAN

Advertisement
Roda/Ban merupakan komponen kendaraan yang sangat penting sekali karena merupakan kaki-kaki sebagai daya luncur sebuah kendaraan di permukaan jalan dengan demikian maka ban akan  langsung bergesekan dengan permukaan jalan. Pemakaian/usia ban secara normal sekitar 2 – 3 tahun (bergantung pada pemakaian kendaraan) ban perlu diganti karena sudah tipis. Jika ban sudah aus/gundul akan lebih baik diganti dengan ban baru, jika memungkinkan untuk mengganti velg sekalian velg juga iktu diganti. Dengan mengganti ban dengan yang baru, maka penampilan mobil pun akan semakin menarik untuk dilhat , tentunya selain memperdulikan faktor keselamatan berkendara, karena peranan ban dan velg pada laju kencang cukup penting. Setelah menggantikan dengan velg serta ban baru, maka sudah pasti yang harus lakukan adalah Balancing dan Spooring.

1. Fungsi ban di Balancing adalah :agar putaran ban mendapat hasil yang pas sehingga tidak menimbulkan getaran pada saat berkendara (gejala yang paling dapat dirasa adalah stir mobil kamu berasa bergetar).

2. Fungsi kendaraan di spooring adalah agar  posisi kendaraan pada saat melaju lurus tidak serong ke kiri atau ke kanan.

Setelah dilakukan Balancing dan Spooring, tidak semua kendaraan mendapat hasil akhir yang mulus. Setelah dicoba pada  laju dengan kecepatan tinggi (setidaknya minimal 120km/jam) maka kita mulai merasakan stir bergetar, semakin laju kendaraan ditambah maka semakin bertambah juga getaran pada stir. Bila hal seperti ini dapat/dirasakan i, maka jangan panik, karena kamu harus melakukan setting sekali lagi yang terakhir untuk mendapatkan hasil putaran ban  yang pas. Yaitu dengan melakukan Finish Balance. Tidak semua bengkel memiliki alat ini, pada umumnya bagi bengkel besar dengan spesialis khusus ban dan velg baru akan memiliki alat ini.

 

Apa perbedaan Balancing biasa dengan Finish Balance?

Pada Balancing biasa adalah ban-ban dan velg kendaraan dilepas dari kendaraan lalu dilakukan putaran dengan alat khusus, dengan bantuan pemasangan  timah-timah kecil sesuai ukuran yang dikehendaki, maka putaran ban akan mendapatkan hasil yang pas. Lalu pada Finish Balance adalah ban dan velg tetap terpasang pada kendaraan, lalu pada kondisi terpasang,  dilakukan penyetingan agar putaran ban mendapatkan hasil yang pas juga.

Alat Finish Balance dapat mendeteksi putaran ban yang melekat pada body kendaraan , sebab sumber getaran pada saat melaju kencang bukan berasal dari ban saja, melainkan terkadang paduan antara ban dan velg tertentu yang tidak akur dengan body kendaraan

Finish Balance adalah langkah terakhir untuk men-setting penyempurnaan putaran ban. Bila sudah dilakukan Finish Balance lalu masih dirasakan getaran yang hebat pada stir,khususnya pada kecepatan tinggi, maka bisa dipastikan ban atau velg baru tersebut tidak memenuhi standarisasi atau cacat, sebaiknya ganti dengan yang baru. Sebagai patokan bila kendaraan kamu hanya melaju antara 0 – 110 km/jam maka dengan balancing biasa sudah terpenuhi, akan tetapi bila kendaraan kamu sering melalui pada jalan di atas 120 Km/jam maka bila menemukan getaran pada steer solusinya adalah finish balance.


Demikian ulasan tentang finish balance yang dpat saya jelaskan, semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca.
Advertisement
PENYEMPUNAAN KESEIMBANGAN PUTARAN RODA/BAN | Rohidin Thea | 5

0 komentar:

Post a Comment