GANGGUAN-GANGGUAN PADA SISTEM PENDINGIN MESIN MOBIL

Advertisement
Begitu pentingnya peranan system pendingin pada kendaraan sehingga perlu dijaga kestabilan suhu kerja mesin, dapat kita bayangkan bagaimana kalau system pendingin ini mengalami kerusakan atau gangguan. Selama mesin hidup, mesin akan terus menghasilkan panas yang lama kelamaan panas semakin tinggi sehingga akan mengakibatkan kerusakan pada komponen meisn.

Pada uraian materi kali ini saya akan membahas hal-hal yang menjadi gangguan pada system pendingin.

1.   Penyebab Oli Mesin Bercampur Air Radiator Pada Mobil

Pada waktu kita mengecek air radiator ternyata kita mendapati airnya berwarna putih kecoklatan, kalau ini terjadi maka hal ini air bercampur dengan oli mesin, untuk  mengetahui apa penyebab oli mesin bercampur air pada mobil atau kenapa oli mesin nyampur air sehingga oli mesin kelihatan berwarna keputihan seperti warna susu coklat.

Sudah barang tentu dan pada banyak kasus jika oli mesin bercampur dengan air itu adalah merupakan efek mesin overheat atau efek dari temperatur mesin naik tidak wajar tetapi mesin dipaksakan tetap jalan sampai mesin mati akibat suhu mesin terlalu panas, sehingga selinder head atau kop mesin menjadi bengkok atau pack kop (gasket cylinder head) mengalami kerusakan.

Di bawah ini akan saya jelaskan bagaimana cara memperbaiki jika oli mesin bercampur air pada mesin.

Untuk perbaikan oli mesin yang sudah bercampur dengan air tergantung dari bagian mana yang mengalami kerusakan, jika hanya gasket cylinder head yang rusak hanya perlu mengganti gasket cylinder head.

Tetapi jika yang mengalami kerusakan adalah cylinder head seperti misalnya bengkok, masih bisa dilakukan dengan cara meratakan permukaan cylinder head itu pun terbatas pada ukuran tertentu.

Karena jika bagian cylinder head yang dipangkas tersebut terlalu banyak seperti halnya mesin-mesin dengan timing chain (mesin menggunakan rantai kamrat) biasanya timbul masalah baru diantaranya kamrat bunyi atau cover timing chain akan lebih tinggi permukaannya dengan bagian atas cylinder head.

Hal lain penyebab oli bercampur air radiator pada mobil adalah akibat temperatur tinggi mesin menyebabkan cylinder head retak sehingga terjadi kebocoran antara saluran air (water jacket) dengan saluran oli dan hal ini perlu mengganti cylinder block baik yang baru maupun cylinder head ex singapore yang bisa dijadikan alternatif.

Untuk cara mencegah agar tidak sampai oli mesin bercampur dengan air radiator adalah selalu perhatikan indikator temperatur mesin saat kita sedang membawa mobil yang terdapat dipanel spidometer.

 

2.    Penyebab Air Radiator Mobil Selalu Berkurang

 

Penyebab berkurangnya air radiator ada beberapa hal yang menyebabkan air radiator selalu berkurang dan hal yang perlu diperiksa ketika menemui coolant atau air radiator mobil selalu kurang atau bila air radiator berkurang.

1. Cek tutup radiator, biasanya tekanan tutup radiator sudah melemah karena kerusakan pada karet pada tutup radiator sehingga air radiator akan lebih cepat habis karena air radiator cepat mengalir ke tabung air cadangan sebelum tekanan buka klep atau dengan kata lain pressure valve terbuka sebelum tekanan pressure valve pada tutup radiator tercapai.

2.  Terdapat tetesan air radiator dari slang-slang radiator atau saluran air pendingin mesin, tetesan air ini biasanya sedikit demi sedikit keluar saat mesin dihidupkan yang menandakan terdapat kebocoran pada air radiator.

3.  Putaran kipas radiator lemah, untuk kipas radiator elektrik biasanya terjadi kerusakan pada motor listrik atau motor cooling fan.
 
 Diantara penyebab putaran kipas radiator lemah adalah :
a.    Carbon brush sudah mau habis atau komutator habis terkikis
b.    Gulungan kawat email pada motor mulai telihat hangus
c.    Magnet pada motor cooling fan lepas atau bergeser.
d.  Jika motor kipas adiator mengunakan relay tambahan (bukan relay bawaan), biasanya skun di kaki relay kurang baik sambungannya atau kabel yang dipakai terlalu kecil dengan indikasi kabel terasa panas.
e.  Jika kipas radiator menggunakan visco fan radiator, kita ambil contoh saja seperti ISUZU Panther Pick Up diesel, kemungkinan adalah cairan didalam kopling kipas radiator terbuang keluar atau visco fan rusak seperti terlihat gambar dibawah ini, putaran kipas radiator bisa ditahan menggunakan kayu atau tangan meskipun mesin dalam kondisi berputar.

4. Terjadi kebocoran pada kompresi mesin, biasanya hal ini bisa dilihat saat tutup radiator dibuka sambil mesin hidup terdapat gelembung yang tidak mau berhenti dan saat mesin digas air radiator terlihat menyembur keras keluar.

Kebocoran pada pack kop mesin ini tidak terlihat secara fisik, itulah sebabnya terkadang akan membuat penasaran, kenapa air radiator cepat habis padahal tidak ada bocor tetapi bisa dilihat dari gejala mesin terkadang mrebet, atau busi terlihat basah dan oli mesin terlihat bercampur dengan air.

Coolant atau air radiator tidak bersirkulasi, hal ini kemungkinan akibat thermostat tidak membuka saat temperatur kerja mesin sudah tercapai, sehingga suhu mesin sudah melewati titik didih air diatas 100 derajat celsius tetapi air radiator belum bersirkulasi, seperti contoh pada BMW 318i tahun 2003, hal ini bisa dilihat dari perbedaan suhu yang jauh yang terdapat pada radiator.

Gambar dibawah ini adalah gambar thermostat yang macet karena bengkok sehingga membuat air radiator tidak bersirkulasi.

Thermostat bengkok diatas menjadi penyebab air radiator mobil bmw 318i selalu berkurang banyak setiap hari dan air radiator keluar karena air pendingin mesin tidak bersikulasi melewati radiator karena thermostat tidak bisa membuka.

Hal lain yang berhubungan air radiator tidak bersirkulasi adalah karena radiator tersumbat kerak-kerak, biasanya hal ini karena umur kendaraan.

Untuk masalah air radiator yang selalu berkurang, kendaraan atau mobil harus segera dibawa ke bengkel kepercayaan untuk pemeriksaan sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan seperti mesin macet karena overheat dan lain sebagainya.

3.    Penyebab Temperatur Mobil Naik


Sebab mesin mobil panas, mengetahui beberapa penyebab temperatur mobil naik atau temperatur panas mesin mobil naik diatas temperatur kerja mesin.
Pembakaran campuran bahan bakar dan udara di dalam mesin menghasilkan panas, itulah sebab kenapa mesin mobil panas, panas mesin agar tidak berlebihan diperlukan suatu sistem pendingin untuk mengatur temperatur kerja mesin,


Agar tidak terjadi kerusakan fatal pada mesin akibat panas berlebihan,pada instrumen dashboard atau pada intrumen spidometer dipasang indikator temperatur mesin, untuk mengingatkan kita agar berhentikan mesin jika indikator temperatur sudah panas atau berkedip.

Beberapa Penyebab Temperatur Mesin Mobil Naik.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa menjadi penyebab temperatur mobil naik :
1. Kipas Radiator tidak berputar saat temperatur kerja sudah tercapai, termasuk putaran   kipas yang kurang kencang atau pun ekstra fan mati yang menyebabkan temperature mobil naik saat AC dinyalakan.
2. Terjadi masalah kerusakan pada tutup radiator.
3. Air radiator tidak bersirkulasi, baik disebabkan oleh water pump tidak berputar karena v-belt putus, radiator tersumbat ataupun thermostat mesin macet.
4.Terjadi kebocoran pada sistem pendingin mesin mobil, termasuk kebocoran pada radiator, slang radiator, slang bypass, slang buntu, kebocoran pada pompa air mesin atau bocor pada packing cylinder head mesin.
5.Oli mesin kurang dan berada dibawah garis lower pada indikator stik oli atau sirkulasi oli mesin tersumbat.

4.    Dampak atau akibat temperature panas mobil naik.

Diatas sudah jelaskan beberapa penyebab temperatur panas mobil naik, sekarang perlu kita tahu apa dampak atau akibat jika temperatur panas mobil naik.

Temperatur panas mobil naik diatas temperatur kerja normal mesin bisa menyebabkan hal-hal berikut ini terjadi, diantaranya.

1.    Kerusakan pada mesin, bisa jadi kop silinder bengkok, piston macet, bantalan-bantalan mesin cacat, silinder mesin cacat, hal ini akan terjadi jika mesin yang sedang overheat dipaksa untuk jalan tanpa memperhatikan indikator temperatur naik lebih dari 1/2 atau 3/4 untuk indikator temperatur analog yang tidak dilengkapi derajat panas.

2.    Untuk kendaraan yang sudah berumur biasanya akan berpengaruh terhadap ac mobil, ac mobil akan kehabisan freon akibat panas dan tekanan yang terlalu tinggi dalam sistem ac, jika saat terjadi temperatur panas mesin naik sedangkan ac mobil juga dinyalakan.


Demikianlah uraian tentang gangguan-ganguan pada sistem pendingin, semoga bermanfaat.
Advertisement
GANGGUAN-GANGGUAN PADA SISTEM PENDINGIN MESIN MOBIL | Rohidin Thea | 5

1 komentar:

  1. Tiket Pesawat Murah Online, dapatkan segera di SELL TIKET Klik disini:
    selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di agen.selltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI :
    No handphone :082276603391
    PIN : 5364257d

    ReplyDelete