TIPS JIKA ANDA INGIN MEMBELI SEPEDA MOTOR BEKAS

Advertisement
Banyak sepeda motor bekas dipasaran yang dijual dengan berbagai merk dan harga, tentunya salah satu yang sangat mempengauruhi terhadap sepeda motor dilihat dari tahun pembuatannya. harga sepeda motor bergantung kepada tahun pembuatan, semakin tua umur sepeda motor semakin murah harganya, namun disamping itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika anda ingin membeli sepeda motor bekas. Sebagai bahan pertimbangan bagi Anda jika ingin membeli motor bekas diantaranya :

1.   Cek harga pasaran. Sebelum anda mendatangi dealer motor bekas, cek terlebih dahulu harga sepeda motor melalui koran, media sosial, internet.

2.     Cek nomor rangka dan mesin motor. Periksalah apakah nomor rangka dan mesin motor sesuai dengan STNK dan BPKB. Pastikan nomornya tidak hasil ketokan yang kasar dan sangat berbeda dengan buatan pabrik, Karena kemeriksaan ini sangat penting sekali dilakukan.

3.   Cek kondisi fisik. Pastikan kondisi fisik, spion, baut, dan lain-lain tidak banyak goresan ataupun pecah.

4. Cek speedometer untuk memastikan sudah berapa banyak jarak tempuh. Biasanya jika kendaraan  sudah mencapai jarak tempuh lebih dari 20 ribu km banyak komponen yang harus diganti.

5.  Tidak salahnya bila melakukan pengecekan kondisi oli motor. Perlu diamati secara seksama. Lihat ukuran oli di stik (tutup oli) mesin tidak melebihi ketentuan. Karena dengan oli yang berlebihan menyebabkan suara mesin menjadi lebih halus sehingga tidak terdengar suara aslinya.

6.    Hidupkan mesin motor. Coba hidupkan mesin. Karena dari suara mesin kita bisa memastikan keadaan motor tersebut apakah masih stationer atau langsam. Kalau masih langsam masih kondisi motor masih sangat baik.

7. Jangan lupa cek rangka atau sasis motor. Caranya mudah dengan  kita mengendarai motor tersebut dengan kecepatan 50 km/jam dan di rem mendadak, apakah motor tersebut bisa dikendalikan atau tidak.

8.  Cek kondisi kelistrikan. Hidupkan semua lampu-lampunya pastikan semuanya masih menyala.

9.   Mintalah untuk melakukan pengetesan di jalan raya. Apakah motor ini masih stabil atau Anda merasakan sesuatu yang tidak enak pada motor tersebut

Semoga dapat bermanfaat.
Advertisement
TIPS JIKA ANDA INGIN MEMBELI SEPEDA MOTOR BEKAS | Rohidin Thea | 5

0 komentar:

Post a Comment