FUNGSI SELANG BENING BUNTU DI CVT PADA SEKUTIK

Advertisement
Pada kendaraan sepeda motor jenis skutik ada komponen yang biasanya jarang diperhatikan oleh si pemilik motor tersebut. Yaitu selang yang berwarna bening buntu yang terpasang dibagian bawah boks filter udara dan dibagian CVT yang ada dibagian bawahnya.

Pasti bukan tanpa sebab selang bening buntu itu terpasang, karena ada fungsi dari pemasangan part tersebut, yaitu sebagai indikator kebersihan.

Jika kita melihat selang buntu yang berwarna bening tersebut ternyata warnanya sudah berubah itu menandakan bahwa filter udara sudah kotor dan harus segera dibersihkan.

Begitu juga jika selang bening buntu yang terpasang di bagian bawah CVT, apabila sudah terlihat berubah warna itu menandakan bagian dalam CVT sudah banyak kotoran yang masuk, jika ini terjadi maka akan mengakibatkan cepat rusaknya komponen yang terdapat di dalam CVT, seperti Belt, kanvas kopling ganda, roller dan lainya, dan jika ini terjadi akan menyebabkan tenaga yang dihasilkan motor tersebut menjadi loyo, tarikanya kurang, dan kalau ini terjadi maka komponen tersebut sudah harus diganti. Makanya jangan dianggap sepele kebersihan di ruang CVT.

1. Selang bening buntu yang adanya di bawah boks filter udara, jarang diperhatikan oleh pemilik kendaraan.


2. Di CVT juga ada selang bening buntu dan posisi peletakanya ada di bawah CVT.


3. Pastikan selang bening buntu tersebut dalam keadaan bersih kalau memang kotor, jangan langsung dibersihkan. Sebaiknya cek dulu bagian dalam CVT.



4. Selang bening buntu di CVT, merupakan indikator, bukan menunjukkan kerusakan bagian CVT, hanya menunjukkan kebersihan dalaman bagian tersebut.

 Untuk membersihkan bagian dalam CVT caranya mudah sekali. Anda cukup buka baut-baut yang mengikat pada tutup CVT, setelah itu bersihkan kotoran yang menempel  dengan meniupkan udara tekan ke bagian komponen-komponen yang terdapat pada CVT tersebut sampai bersih. Jangan lupa bersihkan juga kotoran-kotoran yang menempel pada bagian dalam tutup CVT boleh menggunakan cairan pembersih atau bensin dengan menggunakan koas kecil, setelah itu bersihkan dengan kain lap, bila perlu semprot dengan udara tekan. Apabila sudah merasa cukup bersih pasang kembali tutup CVT kencangkan baut-bautnya sesuai standar pengencangan.

Demikian tips yang dapat saya sampaikan tentang adanya selang berwarna bening yang terpasang pada boks saringan udara atau pada CVT, semoga bermanfaat buat para pembaca.
Advertisement
FUNGSI SELANG BENING BUNTU DI CVT PADA SEKUTIK | Rohidin Thea | 5

0 komentar:

Post a Comment