MINUM HIDROGEN KELUARNYA AIR

Advertisement


Teknologi Fuel Cell Vehicle
MINUM HIDROGEN KELUARNYA AIR

Untuk menghasilkan tenaga, hydrogen direaksikan dengan oksigen dari udara di dalam fuel cell.

 


Toyota di Indonesia International Motor Show 2014 yang lalu memajang FCV Concept, sebuah mobil masa depan berbahan bakar hydrogen. Bukan lagi pakai bensin, solar atau listrik.

Bagaimana system kerjanya….?

Fuel Cel Vehicle (FCV) menggunakan hydrogen sebagai bahan bakar, yang tentu saja disaimpan dalam tangki khusus. “Untuk menghasilkan tenaga, hydrogen direaksikan dengan oksigen dari udara di dalam fuel cell, hydrogen di anoda dan oksigen di katoda, reaksi ini menghasilkan listrik dan air.”Jadi pembuanganya dikalpot mengeluarkan air, bukan asap beracun.

Listrik yang dihasilkan dipakai untuk menggerakkan lewat motor listrik di roda atau dismpan di baterai dan akan digunakan pada saat tertentu, missal pada saat akselerasi.

Menariknya jika dibanding mobil listrik, FCV lebih efisien. Pertama lantaran proses mengisi ulang hydrogen mirip mobil berbahan bakar minyak, hanya kurang lebih 3 sampai 5 menit, Kalau mobil listrik minimal 1 jam, itu pun pakai quick charge. Kedua, jarak tempuh jauh, bisa sampai 300 mil atau 480 km untuk sekali isi, bahkan bila jalananya lancar , bisa lebih dari itu.Kalau mobil listrik biasa hanya 100 sampai 150 km saja, tentu kurang efisien.

Hanya saja kendala FCV adalah masih minimnya infrastruktur, terutama ketersediaan stasiun pengisian hidrogen. Saat  ini yang sudah mulai menyediakan baru di Amerika, khususnya di California bagian selatan. Kemudian Jepang dan Eropa akan menyusul. Tidak heran jika FCV dari Toyota ini baru akan dipasarkan di wilayah itu pada 2015 nanti.


Kendala kedua harga yang relative masih mahal. Di Jepang perkiraan harganya 50.000 dolar AS sekitar Rp. 600 juta.

Nah, sekarang apakah akan dijual di Indonesia..? Kalau stasiun pengisian sudah ada tentu kendaraan ini sudah bisa dipasarkan di Indonesia.

HONDA DAN HYUNDAI

Tak hanya Toyota yang berniat menjual FCV, Honda dan Hyundai pun sama, bahkan Honda sudah menjualnya, tapi itu juga baru di California, lantaran baru di sana yang telah menyediakan infrastruktur kendati masih sedikit.

Honda telah lama menjual FCV Clarity FCEV (fuel cell electric vehicle), tepatnya sejak tahun 2008. Nah, di tahun 2015 nanti akan keluar versi terbaru yang diklaim makin kompak, ringan dan efisien.

 

Sementara itu Hyundai punya Tucson Fuel Cell, secara tampang tak ada beda dengan versi bebahan bakar minyak. Tucson ini ditawarkan sejak Juni 2014 dengan cara disewakan  pada calon konsumen khusus, terutama yang tinggal dekat dengan stasiun pengisian hydrogen. Dan akan dijual massal tahun 2015 nanti.

Tucson Fuel Cell ini punya tenaga mencapai 134 DK, 5.000  rpm, karakternya lebih smooth dan senyap jika disbanding versi bensin. Sekali isi hydrogen butuh waktu 10 menit, bias dipakai untuk menempuh jarak 265 mil atau 424 km.

  

Demikianlah sekilas pengetahuan tentang bahan bakar hidrogen yang kemungkinan dimasa yang akan datang kendaraan khususnya mobil yang berbahan bakar hidrogen ini dapat dipasarkan di Indonesia, semoga bermanfaat.


Advertisement
MINUM HIDROGEN KELUARNYA AIR | Rohidin Thea | 5

0 komentar:

Post a Comment