APLIKASI HYGEN (HYDROGEN GENERATOR)

Advertisement


Aplikasi Hygen (Hydrogen Generator)
HCS BERBAHAN BENSIN

Beberapa tahun silam, dunia otomotif ramai dengan pemakaian alat untuk memproduksi hydrogen, yaitu hydrocarbon cracksystem (HCS). Berupa tabung dengan aliran listrik untuk mengelektrolisasi (H2O) dan menghasilkan hydrogen.

Namun kini HCS bukan lagi menggunakan air ”sebagai bahan pakai bensin, lalu pemecahan molekul untuk menghasilkan hydrogen lewat pemanasan”, yang disebut hygen (hydrogen generator).
Hygen terbilang sederhana. Terdiri dari tabung, pipa dan pemanas serta selang (gbr. 1). Tabung diletakkan di ruang mesin yang diisi bensin (gbr.2). Lalu pemanas  yang menmpel di header (gbr. 3), berbahan tembaga ½ inci dan cabang untuk ke intake (gbr. 4).
Sedikit info, hydrogen (H) merupakan unsure kimia yang tak berwarna, tak berbau dan sangat mudah terbakar. “makanya dengan ditambahkan hydrogen, pembakaran lebih bagus, terasa torsi jadi lebih besar.

Nah mengapa pakai bensin..?
Bensin punya rumus kimia CnH2n+2 (premium C8H18, pertamax C10H22), artinya dalam volume yang sama, kandungan hidrogenya lebih banyak dibanding menggunakan air (H2O). “Prosesnya pun lebih mudah dan aman”.

Dalam HCS dengan bahan air, butuh proses elektrolisasi pakai arus listrik besar, lalu jika lupa tak dimatikan, padahal mesin mati, berisiko terjadi ledakan ketika mesin dinyalakan lantaran stok hydrogen menumpuk.

Sedang Hydrogen prosesnya tidak melibatkan listrik. Uap bensin dari tabung akan mengalir karena kevakuman dari intake manifold, lalu dipanaskan diheader. Saat mesin mati, maka tak ada proses pemecahan bensin jadi hydrogen, sehingga relatif lebih aman.

Amankah ada tabung bensin tambahan di ruang mesin? Jika tak ada kebocoran dan posisi tabung jauh dari sumber api seperti kabel busi, tentu saja aman. Yang jelas harus sering cek kabel busi jangan sampai bocor.
Tabung biasa diisi bensin 750 ml dan terpakai untuk menempuh jarak 300 Km. Setelah habis tinggal isi ulang. Sedikit repot karena mesti buka kap mesin.   

 



Demikian informasi tentang pengetahuan bahan bakar hydrogen yang sudah mulai dipakai pada kendaraan mobil. Semoga bermanfaat.
Advertisement
APLIKASI HYGEN (HYDROGEN GENERATOR) | Rohidin Thea | 5

0 komentar:

Post a Comment