LASER CUTTING

Advertisement


INFORMASI TENTANG LASER CUTTING - Masih mendalami keilmuan modif haluan funky modif, peranan laser cutting juga mendominasi untuk mendulang estetika sempuna. Laser cutting adalah teknologi yang menggunakan laser untuk memotong bahan. Proses kerjanya dengan mengarahkan output dari laser daya tinggi oleh komputer, kepada material yang akan dipotong. Materi akan mencair, terbakar, menguap, atau terhembus oleh jet gas. Selain cepat, juga mampu menghasilkan potongan dengan kepresisian bentuk serta tepian berfinishig permukaan yang berkualitas tinggi, atas sheet bahan dasar serta bahan struktural dan pipa.


Pada awal ditemukan teknologi laser, hanya industri besar yang mampu menggunakannya, karena sangat mahal. Namun dengan semakin berkembangnya teknologi laser, saat ini laser dapat digunakan oleh industri kecil hingga besar. Cutting yang sangat rumit dan suit dilakukan secara manual, dengan menggunakan laser cutting yang sangat rumit dapat dilakukan dengan mudah, cepat dan berkualitas yang sangat baik. Hampir semua bahan dapat dipotong menggunakan teknologi laser, mulai dari kayu, acrylic, kaca, batu granit, kulit, plastik, kain, silikon, karet, hampir semua jenis bahan metal, dll. Karena kualitas cutting dari laser yang sangat halus, maka banyak teknik cutting dapat dilakukan dengan kualitas yang tinggi.

Ada tiga jenis laser yang digunakan dalam laser cutting. Laser CO2 cocok untuk memotong, membuat boring dan mengukir. Neodymium (Nd) dugunakan untuk membuat boring dimana dibutuhkan energi yang besar akan tetapi memiliki repetisi atau penggulangan yang rendah. Sedangkan laser neodymium yttrium-alumunium garnet (Nd-YAG) digunakan dimana daya yang sangat tinggi dibutuhkan untuk mmbuat boring dan mengukir. Baik CO2 dan Nd atau Nd-YAG laser dapat digunakan untuk pengelasan.

Advertisement
LASER CUTTING | Ryan Zeini Rohidin | 5

0 komentar:

Post a Comment