BAHAN BAKAR ALTERNATIF DARI SINGKONG

Advertisement
Singkong yang juga dikenal dengan nama ketela pohon atau umbi kayu, adalah salah satu tumbuhan yang dapat dimanfaatkan daun dan umbinya. Daun dimanfaatkan untuk lalapan sebagai teman hidangan sedangkan umbinya yang dapat tumbuh membesar dapat digunakan dalam berbagai macam olahan dan juga sebagai panganan ternak dan berbagai jenis industri. sekilas memang aneh didengar jika singkong dapat digunakan sebagai bahan bakar sebagai pengganti bensin namun kenyataanya demikian, inilah fakta. dengan melambungnya harga BBM dan polusi udara yang keluar dari knalpot kendaraan, maka konsumsi bahan bakar untuk oprasional kendaraan sangatlah terasa berat. Persediaan minyak bumi di alam yang semakin berkurang maka diperlukan solusi lain sebagai pengganti BBM.

Kini singkong mulai beraksi mengisi tangki bahan bakar baik sepeda motor maupun mobil. Kendaraan yang  bertenaga bensin itu melaju dengan kencang tanpa modifikasi mesin. Pembakaranyapun lebih sempurna, asap yang keluar dari knalpot lebih ramah lingkungan karena tidak menimbulkan polusi udara.

Singkong diolah menjadi bioetanol sebagai pengganti premium atau bensin. Bioetanol adalah etanol atau alkohol yang dihasilkan dari tanaman seperti singkong, tebu atau jagung yang dipermenasikan. Sebagai bahan bakar bioetanol mirip seperti biodiesel. Bedanya bioetanol adalah bahan bakardari tanaman untuk kendaraan berbahan bakar bensin, premium atau pertamax. Biodiesel adalah bahan bakar dari tanaman seperti jarak atau sawit untuk kendaraan berbahan bakar solar/diesel.

Advertisement
BAHAN BAKAR ALTERNATIF DARI SINGKONG | Rohidin Thea | 5

0 komentar:

Post a Comment