STATISTIK dan STATISTIKA

Advertisement
Kembali lagi saya akan membahas mengenai postingan yang diluar otomotif yaitu statistik dan statistika, untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasannya dibawah ini.

STATISTIK - Hasil penelitian, riset, atupun pengamatan, baik yang dilakukan secara khusus ataupun berbentuk laporan, biasanya dinyatakan dan dicatat dalam bentuk bilangan atauangka-angka.Kumpulan angka-angka itu sering disusun, diatur atau disajikan dalam bentuk daftar atau tabel. bahkan daftar atau tabel tersebut disertai dengan menggunakan gambar-gambar yang disebut diagram atau grafik agar  dapat menjelaskan lagi tentang persoalan yang sedang dipelajari. Hal ini yang disebut dengan istilah Statistik.

Statistik digunakan untuk menyatakan kumpulan data, bilangan maupun non bilanganyang disusun dalam tabel atau diagram yang menggambarkan suatu persoalan. Kita mengenal statistik penduduk, statiustik kelahiran, statistik pendidikan, statistik produksi, statistik pertanian, statistik kesehatan dan masih banyak lagi.

Kata statistik juga mengandung pengertian yang dipakai untuk menyatakan ukuran sebagai wakildari perkumpulan datamengenai sesuatuhal. Ukuran ini didapat berdasarkan perhitungan menggunakan kumpulan sebagian data yang diambil dari keseluruhan tentang persoalan tersebut. Dalm hal inibiasanya kita mengenal kata-kata persen dan rata-rata.

STATISTIKA - Dari hasil penelitian, riset maupun pengamatan, baik yang dilakukan khusus ataupun berbentuk laporan, sering diminta atau dilakukan suatu uraian, penjelasan atau kesimpulan tentang persoalan yang diteliti. Sebelum kesimpulan dibuat, keterangan atau data yang telah terkumpul itu terlebih dahulu dipelajari, dianalisis atau diolah berdasarkan pengolahan baru kesimpulan dibuat.

Jadi, statitiska adalah pengetahuan yang berhubungan dengan cara-cara pengumpulan data, pengolahan atau penganalisisanya dan penarikan kesimpulan berdasarkan kumpulan data dan penganalisisanya yang dilakukan.

Ada dua jalan yang dilakukan untuk mempelajari statistika Jika ingin membahas statistika secara mendasar, mendalam dan teoritis, maka yang dipelajari digolongkan kedalam statistika matematis atau statistika teoritis. Dalam hal ini diperlukan dasar matematika yang kuat dan mendalam. Yang dibahas antara lain penurunan sifat-sifat, dalil-dalil, rumus-rumus, menciptakan model-model dan segi lainnya lagi yang teoritis dan matematis. 

Semoga bermanfaat !
Advertisement
STATISTIK dan STATISTIKA | Rohidin Thea | 5

0 komentar:

Post a Comment