SEKILAS TENTANG MESIN DIESEL

Advertisement
Mesin Diesel dikemukakan pertama kali oleh Rudolf Diesel sekitar tahun 1858-1913, jika dilihat dari konstruksinya tidak begitu berbeda jauh dengan mesin bensin yang dikenal dengan istilah sebutan mesin otto. Beberapa bagian komponennya memiliki fungsi yang sama dengan mesin bensin, seperti halnya cylinder block, crank shaft, camshaft, valve mechanisme, piston assembly. Perbedaannya, terletak pada metode pembakaran dan pemberian bahan bakar, perbandingan kompresi, dan desain komponen.

SEKILAS TENTANG MESIN DIESEL
 
Di dalam mesin bensin, campuran bahan bakar dan udara dalam bentuk gas dimasukkan ke dalam silinder dan dibakar oleh nyala api listrik yang dihasilkan busi. sebalik Sebaliknya pada mesin diesel piston hanya menghisap udara saja untuk kemudian dipampatkan (dikompresi) sampai mencapai tekanan dan suhu yang tinggi. dengan perbandingan kompresinya yang tinggi sampai berkisar 22:1, dan suhu yang dapat mencapai 900 - 1000 derajat Celcius.

Sesaat sebelum piston mencapai titik mati atas (TMA), bahan bakar disemprotkan oleh nozzle, karena tekanan dan suhu yang tinggi tadi, partikel-partikel bahan bakar akan menyala dengan sendirinya. walaupun untuk mesin diesel tidak diperlukan sistem pengapaian, tetapi sebagai gantinya diperlukan pompa injeksi dan nozzle untuk meyemprotkan bahan bakar (solar). Bahan bakar ini harus berupa minyak ringan yang memungkinkan dapat terjadi pembakaran sendiri (self ignition)
Advertisement
SEKILAS TENTANG MESIN DIESEL | Rohidin Thea | 5

1 komentar:

  1. Pak tolong dong dibahas tentang segala macam tentang kerusakan2 yang sering terjadi pada sepeda moto. Tanks

    ReplyDelete